Bahasa Korea, Universitas Gadjah Mada

D3 Bahasa Korea UGM (Salsa)

Halo sobat intipers! Aku Amartya Salsabila Fattihah Verdanty Wibowo dari D3 Bahasa Korea UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan D3 Bahasa Korea UGM seperti apa?

Sebelumnya, jurusanku itu D3 Bahasa Korea, nah di UGM sendiri selain jurusan ini ada juga jurusan Sastra dan Kebudayaan Korea di S1. Bedanya, kalau S1 itu lebih mempelajari sastra, kalau kita lebih belajar tentang komunikasi. Hal yang dipelajari itu Bahasa Korea, tapi seperti yang orang tahu kalau kita belajar bahasa, secara otomatis pasti kita belajar budayanya. Jadi kita juga belajar kebudayaannya, pendidikan, dan manajemennya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D3 Bahasa Korea UGM?

Aku dari SMP udah suka sama Korea, waktu SMA ada study tour ke sekolah vokasi UGM. Kebetulan yang menyambut adalah kepala prodi D3 Bahasa Korea. Beliau mempromosikan tentang jurusan ini. Aku tertarik jadi aku coba Bahasa Korea, kemudian diterima dan sampai skrg masih belajar Bahasa Korea.

Dulu aku coba juga program S1 cuma waktu itu gagal dan diterima lewat jalur PBU, kebetulan keterima di 2 jurusan yaitu Biologi sama D3 Bahasa Korea UGM. Akhirnya diskusi sama BK, orang tua dan wali kelas, mereka lebih menyarankan untuk ambil yang Bahasa Korea karena lebih baik untuk memilih jurusan yang gak banyak peminatnya tapi nanti peluang kerjanya besar. Setelah aku pertimbangkan lagi akhirnya mantep milih D3 Bahasa Korea.

Oh ya, ada juga stigma gitu ya banyak orang mungkin mikirnya jurusan Bahasa Korea paling belajar bahasanya aja, lewat internet juga bisa. Sebenernya pas udah terjun langsung gitu, kita yang awalnya suka sama Bahasa Korea jadi lupa sam rasa suka kita, karena kita bener-bener ditekankan kalau kita disini bukan untuk seneng-seneng tapi belajar dan yang dipelajari bukan hal yang dasar. Ekspektasinya sih kita bakal seneng-seneng kuliah Bahasa Korea, nonton drakor tanpa subtitle, dsb. Setelah masuk ternyata jauh dari hal-hal yang dibayangkan sebelumnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kuliah di jurusan ini mengharuskan kita untuk hafal huruf dalam Bahasa Korea, tapi itu gak butuh waktu lama karena di antara bahasa Jepang, Mandarin dan Korea, bahasa Korea lah yang paling mudah. Susahnya lebih kepada belajar tata bahasa karena berbalik dengan tata bahasa Indonesia, jadi kita suka bingung kadang terus di bahasa Korea itu ada banyak tingkatan, kaya formal, informal gitu lebih formal dan lebih gak informal dan kosa katanya sangat banyak. Kebetulan kita itu biasanya setiap hari senin ada kuis dan jumat itu ada ujian untuk kosa kata dan tata bahasa.

Namanya jurusan Bahasa Korea jadi pembelajaran di kelas itu tentunya pake bahasa Korea. Satu bulan pertama belum, setelah itu mulai bahasa Korea campur bahasa Indonesia. Setelah semester 2 baru full. Itu wajib ya terutama di kelas berbicara.

Kalau ngomongin mata kuliah, secara umum ada 3 lingkup itu menyimak, menulis, dan berbicara. Di luar itu ada mata kuliah Bahasa Korea untuk manajemen, Bahasa Korea untuk Pariwisata, Manaejmen Budaya. Kita juga dapet mata kuliah yang diajar langsung sama profesor dari Korea.

Paling berkesan itu mata kuliah manajemen budaya karena baru pertama kali belajar, bisa dibilang buta belum tahu apa-apa, karena baru belajar itu jadi sampai sekarang masih inget sih.

Tugasnya sih dalam seminggu kuliah bisa 2-3 kali persentase. Tugas per minggu itu biasanya disuruh bikin esai, bikin laporan, dll.

 

ini adalah salah satu kegiatan saat praktik salah satu mata kuliah kebudayaan kak, kami perform tari kipas tradisional korea

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi selama kuliah gak ada, kalau tugas akhir kita dipecah jadi 2 yaitu bidang bahasa dan budaya.

Boleh dong ceritain tentang pengalaman pertukaran pelajar ke Korea?

Kebetulan saat ini saya sedang pertukaran pelajar di Korea Selatan selama satu tahun tepatnya di Kangwon National University, jadi memang bener-bener merasakan budaya di Korea, yang tadinya cuma denger sekarang mengalami sendiri.. Cuma kalau untuk pengalaman yang bikin culture shock itu lebih ke budaya orang-orangnya sih. Aku lumayan kaget pas liat  ada barang tergeletak di jalan dan itu dibiarin gitu aja sampai pemiliknya balik lagi dan ngambil. Gak ada yang ngambil sama sekali itu. Kemudian, tepat waktu, di setiap halte bis itu ada monitor jadwal bis. Jadi keliatan bisnya udah nyampe halte mana dan berapa menit lagi sampai terus bener-bener tepat waktu dan gak pernah telat sama sekali.

Lalu karena sekarang lagi pandemi, jadi online class. Disini aku belajar budaya, grammar, komunikasi dan presentasi, bahasa Korea untuk sehari-hari dan bahasa Korea di dunia kerja.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Setahuku ada SNMPTN, SBMPTN sama mandiri atau UTUL. Ada juga penelusuran bibit unggul itu seperti SNMPTN pakai nilai rapot dan ada jalur prestasi juga. Informasi lebih lengkap bisa akses ke um.ugm.ac.id.

Kuota penerimaan di jurusan ini sekitar 28-31 orang. Ujian masuknya saya denger dari dosen memang pendaftarnya meningkat cuma kuotanya tetap, jadi lumayan ketat persaingan masuknya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Menurut aku sih jangan takut ambil peluang, karena peluang di Bahasa Korea itu banyak, baik untuk studi lanjut atau studi exchange tapi kebanyakan pada minder duluan padahal belum dicoba. Untuk menghafal, cari cara belajar sendiri, gak harus sama kaya temen yang penting kamunya enjoy.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni D3 Bahasa Korea UGM?

Prospek kerja sebenernya cukup luas. Secara umum bisa jadi pengajar, kerja di kedutaan, perusahaan Korea yang ada di Indonesia atau Korea. Bisa juga kalau mau jadi enterpreneur.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Pengen ekstensi S1 dulu terus S2. Kalau S1 udah selesai pengennya kerja dulu baru lanjut S2. Kalau ekstensi justru gak boleh di UGM, jadi harus pindah kampus atau di Korea langsung.

Q&A

  1. Itu beasiswanya gimana? Itu pakai biaya sendiri atau pemerintah?

Aku gak bayar UKT di sini, aku cuma bayar yang di UGM karena ada kerja sama antara UGM dengan universitas yang ada di sini. Kalau untuk biaya hidup sehari-hari kemarin aku apply beasiswa di sini dan keterima, jadi sekarang dapat juga beasiswa dari pemerintah Korea.

Kode konten: C164

Komen dibawah! 13

  1. Fariha Kamila Salsabila

    Jadi, D3 bahasa korea masih ada? Soalnya aku cari – cari di internet udah dihapus.
    Mohon jawabannya
    Terima kasih?

  2. Reza Indah Valentina

    Iya kak saya juga cari di web sv ugm ga ada? tapi untuk kurikulumnya masih ada, jadi bagaimana ya?
    Mohon jawabannya
    Terimakasih

  3. Darma

    Sepertinya sudah tidak ada lagi ya Program Diploma Bahasa Korea di UGM. Sekarang adanya S1 bahasa Korea di UGM, UI,UNAS(Jakarta) dan S1 Pendidikan Bahasa Korea di UPI Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung). Sepertinya D3 bahasa Korea adanya di UNAS. Coba browsing2 ke website. Sebaiknya S1 ambil di Indonesia supaya bisa mencari beasiswa S2 nanti di Korea. Jika D3 di Indonesia, trus ambil S1 di Korea, nanti ketika S2 dan mau mencari beasiswa di Korea lumayan sulit atau beasiswanya tidak full

  4. shakila Aledra Pitaloka

    berkas yang dibutuhkan buat daftar jurusan bahasa Korea itu apa aja kak?

  5. mila

    Kalau bener” buta bahasa korea gmn kak nanti waktu udah masuk di prodinya. Kalau tes masuknya kan gada tes pake korea” gitu kan. Apa ada juga mahasiswa yang bener bener buta bahasa korea?

  6. henri

    Dibutuhkan seorang karyawan yang bisa bahasa Korea conversation maupun tertulis pria/wanita umur 21-30 tahun untuk perusahaan FMCG Global. Saat ini karena pandemi maka pekerjaan bisa dilakukan via WFH dan akan ditempatkan di Surabaya jika sudah berada situasi normal kembali.

    Jika ada yang berminat silahkan untuk mengirimkan CV-nya ke alamat email dibawah ini:
    hefa13@gmail.com

    Terima kasih.
    Best regards,
    Henri

  7. Zara

    Ka tes buat masuk jurusan bahasa korea itu susah ga ya? Trus juga boleh cerita ga kak enak sama gaenaknya di jurusan bahasa korea^^ makasih

  8. Eka nvta

    Kak apakah D3 itu harus lulus d1 trs D2 ,smpe d3,ntar S1 -s2

  9. Eka nvta

    Kak klau kita misalnya gak bisa bahasa Korea masuk jurusan bahasa & kebudayaan korea bisa gak sih

  10. Eka nvta

    Ouh iya anak IPS itu bisa gak sih masuk Kuliah jurusan bahasa & kebudayaan korea terus lewat jalur apa

  11. Eka nvta

    Kak ap perbedaan ny sastra Korea sama bhs & kebudayaan korea

  12. Nur aji

    Salam kakak
    Maaf saya mau tanya,saya lulusan kemarin tahun 2020 apakah saya masih bisa masuk?,saya dari dulu lihat2 di websitenya ugm tentang prodi budaya dan bahasa korea itu sudah lama banget,apakah sekarang masih ada?,dan berkas yang di butuhkan apa aja kak,sama tesnya itu bahasa korea apa nggak,kalau baca tulis insyaallah bisa,tapi kalau ngartikan kosa kataku masih dikit baget…..
    감사합니다 어니

  13. Cherie Rose

    Kak mau nanya nih, saya kan baru hafal bhs Korea dikit, mungkin bisa di bilang buta Hangeul. Itu masih ada kesempatan buat masuk jurusan bahasa Korea ga ya kak? Terimakasih.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *