Farmasi

D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang (Chintia)

D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang (Chintia)

Halo sobat intipers! Aku Chintia Milenia dari D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang seperti apa?

DIII itu hanya 3 tahun dan bersifat praktikum, ada teori tapi lebih banyak praktikumnya, DIII SKS nya paket, persemester itu ada SKS paketnya, kita menjalani kuliah d SKS paket itu. Farmasi itu banyak banget mempelajari obat-obatan dan kimia, bagaimana cara membuat obat yang baik dan benar, bagaimana cara mendistribusikan obat dengan baik dan benar, bagaimana cara memberikan obat ke pasien beserta memberikan informasi kepada pasien, jadi bukan hanya membuat obat tapi memberikan informasi obat kepada pasien. Orang suka bilang cuma jualan obat, padahal ga gitu, kita juga memberikan informasi pada pasien juga.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang?

Waktu SMA dulu belum kekiran mau masuk farmasi, tapi suka banget sama kimia dan searching jurusan apa sih yang mempelajari kimia, dan dapatlah jurusan farmasi ini. Ternyata di farmasi bukan cuma belajar kimia, banyak banget dapat pembelajaran lain-lainnya. Lalu saya seneng banget sama hitung-hitungan, di farmasi banyak hitungannya seperti menghitung dosis, kebutuhan obat, dll. Kebetulan dulu pas SMA jurusan IPA jadi sinkron sama jurusan farmasi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah banyak praktikum, ada farmasi dasar mempelajari bagaimana cara pembuatan obat, ada teknologi liquid itu pembuatan obat sirup, ada solid pembuatan obat tablet yang keras-keras dan pil. Tugas yang khas membuat laporan praktikum setelah praktikumnya sendiri. Di DII semester 1 sudah ada praktikumnya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ga ada, soalnya SKS nya paket, ga bisa milih-milih konsentrasi. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Beda dengan universitas, Poltekes ada 4 jalur masuk, pertama PMDP, KTMSE, SIMAMA, sama SIMAMI. PMDP itu Penelusuran Minat dan Prestasi, kalo di universitas itu kaya pake nilai raport. KTMSE itu tidak mampu secara ekonomi, kaya Bidikmisi. SIMAMA itu masuk bersama seperti SBMPTN, lalu SIMAMI seperti mandiri. PMDP, KTMSE, dan SIMAMA itu biasanya dari bulan Februari sampai April, lalu SIMAMI dari Juni sampai Agustus. Setiap tahun DIII Farmasi hanya 80 orang per angkatan. Informasi lebih lanjut bisa di akses di poltekespalembang.ac.id 

Ada tips buat mahasiswa baru D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang?

Harus rajin, soalnya kita banyak praktikum, baru masuk harus masuk lab, 30 menit istirahat terus masuk lab lagi, jadi kita harus rajin dan jaga kesehatan juga, menulis laporan soalnya laporan praktikum itu di tulis sendiri.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas banget, farmasi identiknya di apotek, tapi tidak selalu, bisa di instalasi rumah sakit, puskesmas, UPTD atau gudang obat milik dinas kesehatan, bisa di industri farmasi, pabrik besar farmasi yang mendistribusikan obat, bisa di industri komestik.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya pengen kerja yang terbaik, nyaman, sesuai dengan kompetensi saya, kalo misalnya nanti diberi kesempatan lagi lanjut sampai profesi apoteker.

Q&A

  • Untuk praktikumnya sendiri di saat pandemi gimana?

Jawaban: Saya semester akhir jadi lagi nyusun, kalo adik tingkat ada praktikumnya daring, ada yang di bagi 2, kalo praktikum ada 20 orang di bagi jadi 5 orang gantian dan tetep menerapkan protokol kesehatan juga

Kode konten: C512

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *