Kebidanan, Universitas Respati Yogyakarta

D3 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta (Ayu)

Halo sobat intipers! Ayu Lestari Jurusan D3 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan D3 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta itu seperti apa?

Kalau jurusan kebidanan itu kan pasti berhubungan dengan ibu dan anak. Pastinya orang tau kalau bidan itu yang membantu persalinan gitu, nah jadi yang kita pelajari itu dari mulai kesehatan ibu dan anak, mulai dari remaja, perempuan itu menjadi tua atau lansia.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan D3 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta?

Kalau dari awal emang aku itu pengen di dunia kesehatan. Kebanyakan dari SD kebanyakan pengen jadi dokter, aku juga gitu. Semakin SMP dan SMA kepo bidan itu kaya gimana, dan didukung juga sama orang tua, pas mau lulus SMA itu nyaranin untuk jadi bidan biar bisa buka praktik, jadi aku itu niat. Berhubung di Unriyo ada kebidanan, jadi aku masuklah di Unriyo.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliah yang berkesan itu pastinya praktikum, berhubung di kampusku ada asuhan komplementer, itu berkesan banget buat aku, karena sebelumnya aku belum pernah mendapakan pelajaran atau tentang komplementer itu.

Setelah kita praktikum jadi tau gimana cara bantu persalinan, jadi tau alat-alat kesehatan, jika sebelumnya kita ke dokter atau ke kesehatan kita liat alat gatau buat apa, namanya apa, setelah kuliah di kebidanan kita jadi tau alat itu fungsinya apa. Kalau untuk komplementernya sendiri, jadi komplementer itu adalah terapi yang membantu atau mendampingi pengobatan medis.

pmb2-min

Misal kaya kita perempuan itu sebelum haid atau masa-masa sebelum haid itu pasti ada nyeri gitu, nah dari mata kuliah komplementer itu jadi kit atau cara menanganin nyeri haid itu gimana. Jadi kadang kalau ada salah satu yang lagi disminor, biasanya kita nyebutnya disminor, kita tuh nerapin gimana terapinya, kalau di terapi bener-bener membantu enggak, dan ternyata terbukti.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Bisa mengakses secara online, masih buka gelombang 2 bisa menggunakan SKL, kemudian ijazah, atau nilai rapot, bisa pilih salah satu. Untuk cek lebih lengkapnya, temen-temen bisa cek websitenya admisi.respati.ac.id. temen-temen jangan khawatir kalau kuliah di Unriyo, karena kita ada jalur beasiswa, temen-temen bisa akses di beasiswa.respati.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru D3 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta?

kalau tips dari aku, misal tentang teori, kita bisa dengerin dulu dosen menjelaskan dan kita bisa catat menurut kita itu penting, kemudian kalau ada yang kita bingung, kita bisa tanya ke dosen, dan ulas kembali ketika di kos. Kalau kita ada yang bingung bisa chat pribadi ke dosen. Kalau untuk praktikum sebelum pandemi biasanya di laboratorium, kalau sekarang lagi daring kita online praktikumnya.

Kalau praktikum itu nanti dosen jelasin dulu, kita itu bener-bener memperhatikan, bagaimana langkah-langkahnya, prosedurnya, nanti pasti dikasih kesempatan untuk mencoba, kita harus ikut ambil kesempatan buat mencoba karena alat-alat di laboratorium cukup memadai, jadi sebisa mungkin kita harus mencoba. Kalau di kebidanan Unriyo itu, dari awal kita diberi bidan kit. Jadi bidan kit itu isinya alat-alat kebidanan yang nantinya itu bisa kita praktikan di rumah masing-masing, tapi lebih lengkapnya itu di laboratorium, yang namanya skill, kalau kita enggak coba dan praktikan, kita enggak akan tau.

Kalau misal tips tugas yang khas itu enggak jauh dari asuhan kebidanan. Jadi asuhan kebidanan itu isinya kaya laporan dan apa yang kita lakukan itu kita tulis di asuhan kebidanan, dan tulis tangan. Targetnya itu ratusan juga, jadi semisal kita lagi praktik lahan nanti ada minimal askep segini, misal ada tugas langsung kita tulis jangan ditumpuk di akhir.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

untuk prospek kerjanya itu kita bisa jadi bidan di RS, puskesmas, bisa mendirikan praktik mandiri bidan dirumah, bisa juga di kementreian kesehatan, dan departemen kesehatan. Kebetulan alumni kebidanan di Unriyo kebanyakan menjadi PNS.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana dekat ini mau cari pengalaman dulu, karena bidan juga kan yang dibutuhkan skill nomor satu, jadi aku ingin cari pengalaman, terus lanjut kuliah lagi. Karena untuk mendirikan praktik mandiri dirumah itu harus profesi dulu.

 

 

Q&A

  1. Selama kakak praktikum/belajar, kesulitan apa yang pernah dialami, bagaimana cara mengatasi kesulitan tersebut?

kalau sebelum pandemi ini, kesulitan pasti belum terlalu banyak. Kalau pandemi ini kesulitannya di praktikum, karena kesulitan di peralatannya, karena di kos itu kan peralatannya sangat minim, jadi bingungnya itu bagaimana kretivitas kita menciptakan alat tersebut. Kita harus kreatif dan memanfaatkan alat disekitar yang mirip

 

  1. Bagaimana memilih teman pada saat perkuliahan?

Emang teman itu kan sangat berkesan banget, apalagi kita kuliah di tanah rantua. Kalau temannya enggak satu frekuensi kita pasti keteteran bagaimana cara nanganinnya. Tips dari aku, lihat-lihat temen yang sekiranya itu membawa kearah yang baik atau buruk , kita bisa lihat. Kemudian kita bisa berteman dengan yang satu frekuensi. Kalau untuk temen-temen usahakan jangan pilih-pilih.

 

Kode konten: C735

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *