Keperawatan

D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta (Roosmalinda)

D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta (Roosmalinda)

Halo sobat intipers! Aku Roosmalinda Rezki A. dari D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta seperti apa?

Mungkin sebagian besar orang udah tahu keperawatan itu seperti apa. Ada juga beda keperawatan yang D3 dan S1, itu kalau di UPN program diplomanya 60% praktik dan 40% teori. Kita dipersiapkan untuk terjun langsung ke lapangan pekerjaan, baik di puskesmas, klinik, rumah sakit ketika lulus nanti.  

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta?

Awalnya itu permintaan pas SMP aku disuruh untuk masuk SMK kesehatan, karena aku pengen ke kesehatan ya aku pilih lah. Dari SMK aku memilih untuk sekolah keperawatan terus dilanjut deh kuliahnya. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya itu sebenarnya banyak. Di antaranya ada mata kuliah keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan keluarga, keperawatan medical bedah. Praktikumnya itu mulai dari mengukur tensi darah, mengukur suhu, ada tindakan perawatan lain seperti bagian menyuntik atau infus itu biasanya dilimpahkan dokter ke perawat. 

Kita belajar tentang manusia, cara menangani orang yang sakit, mencegah kita supaya tidak sakit. Sebenernya kaya mempelajari diri kita sendiri. Kita belajar mengetahui tensi darah, kalau kita pusing harus ngapain gitu. Secara teori kita belajar struktur tubuh manusia, fungsinya dan metabolismenya. Kalau dari praktik, kita mengukur tekanan darah, tensi gitu sih. 

schooters

Sejauh ini praktikum yang paling berkesan dan cukup menantang menurut aku itu yang tentang suntik menyuntik. Praktiknya itu ke temen, kita saling praktik menyuntik, ada serem-seremnya sih lumayan.

Tugasnya lumayan banyak sih karena kita udah semester 4 dan belum terjun ke rumah sakit. Sekarang-sekarang itu tugasnya ada membuat video gitu, sebenernya lebih mudah kalau kuliah langsung.

Magang ada di semester 2, tapi karena pandemi jadi diundur-undur dan aku baru mau terjun ke rumah sakit insya Allah di semester 5. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau peminatan itu kan nanti kita ada harus menyusun tugas akhir. Nanti mungkin pas di semester akhir ada pemilihan topik tugas akhir yang bisa milih di antara keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan keluarga, keperawatan medical bedah. Jadi kita tetap belajar semuanya, nanti pas di akhir kita dikasih bimbingan untuk dapat materinya. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Kalau mau daftar di Diploma Keperawatan UPN Veteran Jakarta itu jalur masuknya ada jalur mandiri. Bisa dicek di penmaru.upnvj.ac.id. Kalau gak salah ujiannya sekitar bulan Mei dan Juni. Mata ujiannya kurang lebih sama kaya SBMPTN yang saintek. 

Kebetulan untuk penerimaan mahasiswa baru di angkatan au ada 35 orang. Nah di angkatan 2020 itu kuotanya ditambah 2 kali lipat jadi 70. 

Perihal biaya kuliahnya itu tergantung dengan besaran penghasilan orang tua. Kalau aku kebetulan beasiswa bidik misi atau KIP Kuliah jadi gak bayar, malah dibayar sama pemerintah gitu Alhamdulillah. Sebenernya jangan takut mikirin biaya karena pemerintah menggelontorkan banyak untuk pendidikan dan setelah masuk pun banyak beasiswa yang bisa diambil. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta ?

Kalau tips dari aku kita harus konsisten sama yang kita pilih. Nah kita ada di jurusan Keperawatan sebisa mungkin kita pelajari semua hal tentang keperawatan. Kita juga harus bisa manajemen waktu karena penting banget. Diploma 3 ini kan waktu kuliahnya sebentar ya hanya 3 tahun, jadi sebisa mungkin coba ikut organisasi untuk pengalaman. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebenernya kalau menurut aku perawat itu multidimensi. Kita bisa kerja di mana aja selain terjun ke masyarakat sebagai pelayanan kesehatan. Kita bisa bekerja di kantor BPJS, sebagai dosen. Dari kesatuan perawat Indonesia, kita juga banyak mengeluarkan perawat Indonesia ke luar negeri salah satunya Jepang. 

Kode konten: C548

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *