Sistem Informasi Geografi

D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi UGM (Fini)

Halo sobat intipers! Aku Ramdhina Finita dari D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi UGM seperti apa?

Jurusan saya tentang geografi, sistem informasi. Tadinya pengindraan jauh dan sistem geografis, namun untuk D3 lebih ke pengindraan jauh dan sistem informasinya dari pada ke teori geografi itu sendiri. Kalo geografikan lebih ke soshum, kalo di UGM ini lebih ke saintek. Lebih ke teknik geografi, terus kita lebih belajar perpetaan, bagaimana kita belajar memetakan suatu daerah. Kebetulan saya ini angkatan terakhir di di jurusan ini. Jadi untuk adik tingkat 2020 udah ganti nama jadi sistem informasi geografis.

Nah kalo bedanyanya, saya lebih belajar geografi lingkungan, geologi, ilkim, hidrologi, namun yang SIG lebih ke perangkat komputer atau digital, bagaimana membuat petanya digital, membuat aplikasi, lebih ke perangkat lunak, ada koding-kodingnya gitu. Sekolah vokasi UGM ga ada D3 nya jadi D4 dari 2019. Orang kalo nanya jurusan nya apa? Pengindraan jauh, loh belum selesai ngomong gitu, orang udah bilang, oh bisa ngeramal ya, padahal ga, pengindraan jauh itu maksudnya kita bisa mendeteksi sesuatu, ada bencana di suatu daerah, kita bisa memetakan, estimasi kerusakan di wilayah itu gimana, ngeramalnya bukan berarti kaya dukun.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi UGM?

Dulu ikut SNM di blacklist, untuk SBM ga di terima, karena ada masalah di kode soal juga, tapi dari awal pengen masuk teknik geologi, teknik fisika, atau kehutanan, sama geografi di UGM. Terus masih ada UTUL, tapi ternyata vokasi ada jalur raport atau renking, ya udah masuk ajadi situ, nyari jurusan yang namanya paling aneh dan panjang, maksudnya apa, teknik, soshum atau gimana, ya udah masuk aja, ternyata liat di youtube itu seru-seru kaya pemetaan-pemetaan, lapangannya banyak, selain yang di inginkan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalo vokasi lebih banyak praktikumnya, 70% praktikum, kurang lebih ada 30 praktikum, nah isinya ada 5 tema di prodi kami, kaya pengindraan jauh ada hidrologinya sendiri, ada tanah, ada juga iklim-iklim, tentang komputer kita belajar koding, belajar teknologi informasi, perangkat lunak, ada pemetaan nya sendiri, ada yang lebih ke geografi soshum kaya survey penduduk kita bisa petakan, BPS gitu, kita bisa liat peta-peta. Tambahannya ada kuliah kerja lapangan di semester 3 ada studi lapangan kurang lebih 1 bulan, terus ada KKL kurang lebih 3 bulan. Aku dulu kan dari IPA, jadi belajar dari nol geografinya, bukan lagi belajar teori tapi lebih ke pengaplikasiannya, jadi kita lebih menonjol itu kaya belajar satelit, foto udara, lapangan lebih ke ngukur dan pakai jas kuning kaya geologi gitu, itu yang lebih menarik.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ga ada, jadi paling cuma belajar biasa aja. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuk 2018 cuma ada jalur raport itu PBU namanya, bibit unggul ada 4 jalur, ada PBU kemitraan itu dari anak daerah, ada PBU kurang mampu, PBU jalur raport yang ranking itu saya lewat jalur itu, terus ada PBUB untuk siswa yang dari olahraga dan seni, terus ada lagi jalur UTUL biasa jalur UM, khusus 2018 masih ada nilai UTUL jadi yang ga keterima di UTUL bisa ngajuin di nilainya, sekarang ini 2020 udah beda lagi, udah ada SNMPTN, SBMPTN, sama UTUL, sama PBU juga. PBU kira-kira bulan April, pengumumannya bulan Mei, habis PBU ada mandiri, terakhir pengumuman itu Juli. Informasi bisa di akses di linknya UM UGM.

Ada tips buat mahasiswa baru D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi UGM?

Kalo dulu di angkatanku itu masih pada kaget banyak praktikum. Anak SMA kan ngiranya banyak santainya, vokasi banyak praktikumnya. Hampir di satu angkatan di semester awal udah 7 orang keluar, tahun depannya ada yang pindah lagi. Kalo sekarang karena sudah difokuskan di Sistem Informasi Geografis. Anak-anaknya keliahatan ga banyak beban, karena praktikumnya udah di kurangin. Jadinya mereka itu bisa senggang waktu untuk kerjain laporan. Kalo dulu kan minggu ini laporan udah harus dikumpulin lagi, satu minggu itu sampai ada praktikum 7. Tipsnya harus sabar, jangan dipendem sendiri. Kalo cape bilang aja sama teman, kalo ngeluh gapapa, kalo kita ngeluh tetep dikerjain jangan ngeluh, males, terus di lupain.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ilmunya luas bisa ada di mana-mana, alumni banyak kerja di badan informasi sosial, BMKG, ada di LIPI, oseanografi kelautan, kemaritiman, kalo swasta ada di konsultan, ada yang membuat tentang aplikasi buat kita kuliah.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pinginya lanjut ke D4 yang ahli program, karena perkembangan zaman ini lebih ke koputer, lebih di pake buat tahun-tahun mendatang, jadi mau lanjut ke D4 dan habis itu cari kerja di situ, PNS bisa, jadi konsultan bisa.

Kode konten: C444

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *