Perpustakaan, Universitas Airlangga

D3 Perpustakaan Universitas Airlangga (Elka)

D3 Perpustakaan Universitas Airlangga (Elka)

Halo sobat intipers! Aku Elka Nur Hasanah jurusan D3 Perpustakaan Universitas Airlangga angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan D3 Perpustakaan Universitas Airlangga itu seperti apa?

Kalau kata orang itu gini, perpustakaan itu identik sama pembukuan. Sering banget banyak yang bilang identik sama buku-buku, banyak yang nanya sering baca ya? Padahal yang dipelajarin itu ternyata gak sesuai dengan apa yang orang lain pikirkan.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jadi di jurusan saya itu, banyak belajar tentang web juga dan koding-koding gitu tapi lebih ke dasar-dasarnya aja. Jadi semuanya bener-bener dipelajari, tapi ya tetep ujung-ujungnya di perpustakaannya kaya di perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, umum, dan lain-lain. Kalau secara general abstrak sih yang dipelajarinya, tapi tetep fokusnya di perpustakaan.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan D3 Perpustakaan Universitas Airlangga?

Jadi awalnya aku pengen komunikasi, terus nyari jurusan yang mirip-mirip. Aku lintas jurusan IPA, dulu tuh aku pengen teknik juga. D3 perpustakaan yang mengejutkan adalah jurusan ini masuk di departemen teknik. Terus juga mata kuliahnya ada hubungan masyarakat, ya bisalah kalau masih pengen komunikasi terus jadi perpustakaan kayanya oke sih. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di D3 perpustakaan lebih ke teori dan praktikum karena diploma. Kalau mata kuliah yang khas itu biasanya dibelakangnya ada embel-embel perpustakaan, misalnya perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus.

pmb2-min
Kegiatan PKL

Kegiatan PKL

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau diploma di Unair itu lebih ke produk sih. Setau saya seperti itu, jadi produk apa yang mau kita sajikan. Misalnya mulai di tahun aku itu kurikulumnya baru, jadi begitu masuk kurikulumku kita ada PKL sama magang. PKL lebih belajar ke perpustakaan terkait jadi kita belajar mengelolanya gimana, koleksinya gimana. Kalau magang itu kita bener-bener mengabdi, jadi kita itu menghasilkan apa disitu. Jadi dari hasil magang disitu, kita bisa jadikan produk TA. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Setauku, masuknya itu di jalur sendiri yang gak campur sama S1. Jadi khusus mandiri di diploma. Jadi mandirinya ada dua gelmobang, biasanya gelombang pertama kuotanya lebih banyak daripada gelombang dua. 

Biasanya ada mandiri yang pake bidikmisi, kalau yang di Unair khususnya di diploma itu bidikmisi nya Insyaa Allah kalau gak berubah, biasanya setelah masuk.

Ada tips buat mahasiswa baru D3 Perpustakaan Universitas Airlangga?

Kalau buat calon mahasiswa baru, jangan hanya mengandalkan kekuatan pengetahuan. Belajarnya ambis banget, jangan cuman ngandelin usaha satu itu doang. Minta restu orang tua itu penting banget. Kemudian jangan lupa ditambah ibadahnya, doa-doa. Pokonya banyak faktor x yang gak bisa kita kendaliin. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Dulu aku sempit memandang prospek kerja dari D3 perpustakaan. Kayanya gak mungkin deh bekerja di perusahaan, tapi ternyata kita bisa kerja di museum, perusahaan yang ada perpustakaannya, juga tidak menutup kemungkinan di arsip-arsip masih bisa. Arsip di kurikulum aku itu udah dihapuskan, tapi masih bisa kalau bekerja di bagian arsip. 

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku gak tau sih, aku masih pengen buat gak linier sebenernya. Tapi diliat nanti dulu, karena keitungnya sia-sia gitu kalau misalkan gak disalurkan. Nanti aku pengen coba cari backup an kaya buka bisnis dan lain-lain. 

Q&A

  • Kak kalau mau ngambil perpustakaan pas UTBK, nilai apa yang harus diprioritaskan atau diutamakan untuk soshum?

Mungkin itu S1 ya, aku gak tau. Dari tahun 2017 atau 2018 gitu masih abu-abu gitu. Tapi kalau dari aku sendiri sih maksimalin semua aja, dan bener-bener perhatikan faktor x juga. Temenku keterima di farmasi ITB, dia itu gak yakin masuk jurusan itu karna yang dikerjain itu bener-bener mepet sama nilai nasional. Ternyata pas pengumuman bener-bener kita itu gak bisa mengandalkan satu usaha.

Kode konten: C343

Komen dibawah! 1

  1. Dyah Puspita

    Halo, saya adalah Maba D3 perpustakaan. Kata kating saya pelajaran nanti di D3 sangat susah Krn belajar koding, spss, dll. Saya jadi takut gaptek, gak paham, dan saya takut banget gak cocok. Lalu saya menjadi tidak ada semangat untuk kuliah di D3 perpustakaan. Tapi saya menyakinkan diri saya bahwa saya bisa. Kata2 kating saya terbayang2 mungkin niatnya baik tp membuat saya menjadi overthinking. Lalu saya juga ingin lanjut S1 tp katanya harus di luar Unair. Hmm pdhl saya berharap saya bisa double gelar di Unair. Apa ada solusi untuk masalah saya?. Untuk ridho ortu dan doa, ortu saya ridho dimanapun saya pilih jurusan. Terimakasih sebelumnya.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *