Politeknik Negeri Sriwijaya, Teknik Elektro

D3 Teknik Elektronika Politeknik Negeri Sriwijaya (Yasmin)

D3 Teknik Elektronika Politeknik Negeri Sriwijaya (Yasmin)

Halo sobat intipers! Aku Yasmin Diina Tsabita dari D3 Teknik Elektronika Politeknik Negeri Sriwijaya angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program D3 Teknik Elektronika Politeknik Negeri Sriwijaya?

Secara garis besar, jurusan teknik elektronika adalah berasal rumpun teknik yang mempelajari tentang mendesign serta merakit juga menjalankan komponen elektronika serta peralatan listrik lainnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan D3 Teknik Elektronika?

intipkuliah-web1

Dulu aku suka banget sama mata pelajaran fisika, terus aku emang mau banget jurusan teknik. Jadi aku konsultasi ke tentor tempat bimbel aku, katanya yaudah ambil aja teknik elektronika. Akhirnya aku cari-cari info tentang jurusan ini. Aku sadar jurusan ini punya peran besar dan penting dalam kemajuan teknologi. Aku jadi bener-bener minat disini.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di D3 Teknik Elektronika?

Menurut aku semua mata kuliah bener-bener seru sih. Kita ga hanya belajar tentang kabel elektronik loh. Kita juga belajar pemrograman, elektronika digital analog, pengolahan sinyal bahkan robotika. Disana kita belajar mendesign robot 3 dimensi.

Apa saja praktikum, konsentrasi dan keahlian di D3 Teknik Elektronika?

Untuk sejauh ini belum ada konsentrasi atau keahlian dijurusan ini, karena aku juga masih semester 4 jadi belum tau terkait Informasi konsentrasi yang ada. Untuk praktikum itu tetap ada, tapi kita praktikumnya hanya belajar kulitnya saja. Kalau untuk praktikum yang mendalam itu adanya di mekatronika.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Ada 3 jalur masuk di teknik elektronika Politeknik Negeri Sriwijaya. Ada SNMPN, yaitu seperti SNMPTN namun khusus untuk politeknik, ada juga SBMPN yaitu seperti SBMPTN khusus politeknik, ada juga jalur ujian masuk mandiri atau UMM yang informasinya bisa dilihat di polsri.ac.id.

Adakah tips untuk mahasiswa baru dijurusan Teknik Elektronika?

Dijurusan ini kita dituntut untuk bisa merakit rangkaian elektro, jadi tantangan yang paling sering datang adalah untuk bisa menganalisis troubleshoot yang ada pada rangkaian. Jadi saranku untuk mahasiswa baru, banyak-banyak menganalisis sistem rangkaian kerja dari rangkaian yang dilakukan. Jangan malu untuk nanya ke kakak tingkat juga ya.

Prospek kerja dan alumni jurusan Teknik Elektronika seperti apa?

Banyak banget sih sebetulnya, lulusan teknik elektronika ga selalu jadi yang benerin alat elektronik rumah tangga aja. Jadi kita bisa aja langsung ditarik ke perusahaan besar seperti PLN, Pertamina, PT KAI. Sudah banyak alumni teknik elektronika yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencananya aku mau langsung terjun kedunia kerja. Harapanku adalah untuk bisa mengimplementasikan ilmu yang aku dapatkan di industri kerja.

Q&A

  1. Apakah pernah merasa kesulitan atau bosan selama perkuliahan?

Menurut aku kita gabisa nyamain pendapat semua orang sih, kalau menurutku pribadi fisika itu asik, rumusnya itu tetap. Jadi alhamdulillah kalau kita gangerti fisika udah pasti banget bisa dicari digoogle atau dibuku, jadi ga susah nyari penyelesaian troubleshoot yang ada.

Kode konten: C923

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.