Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada

D3 Teknologi Listrik UGM (Thalia)

D3 Teknologi Listrik UGM (Thalia)

Halo sobat intipers! Aku Thalia Roza dari D3 Teknologi Listrik UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan D3 Teknologi Listrik UGM seperti apa?

Mungkin namanya udah agak awam ya, Teknologi Listrik. Sebenernya itu baru berubah di tahun 2018. Nama sebelumnya itu Teknik Elektro. Diploma Teknologi Listrik ini berada di bawah naungan sekolah vokasi UGM, tepatnya di Departemen Teknik Elektro dan Informatika. Nah angkatan aku itu 2018 menjadi angakata D3 terakhir di UGM. Nah untuk angkatan 2019 ke atas itu dibuka program D4 dan namanya bukan Teknologi Listrik lagi tapi jadi Teknologi Rekayasa Elektro.

Kalau bicara tentang jurusan, itu bener-bener gak jauh dari listrik. Kita bakal sering banger denger kata arus, tegangan, dan praktikum soal kelistrikan.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk jurusan D3 Teknologi Listrik UGM?

Aku sama sekali gak pernah kepikiran uruk kuliah di jurusan ini. Dari jauh-jauh hari itu kepikirannya untuk kuliah di jurusan lain. Aku sempat gapyear satu tahun untuk kuliah di jurusan lain dan akhirnya masih limit ke diri sendiri kalau di tahun 2018 gak lulus di jurusan yang aku pengen, aku bakal stay di jurusan sebelumnya. Terus aku ambil Teknologi Listrik karena aku suka sama Fisika yang kelas 12 itu ngebahas tentang kelistrikan. Itu menarik banget. Aku ambil D3 karena di awal-awal itu ada kerja sama bareng PLN, jadi kalau nanti pas kita lulus kita bisa langsung adi pegawai PLN.

Ekspektasi aku sama kenyataan pas kuliah di jurusan ini tuh sesuai. Aku berekspektasi bakal banyak belajar tentang kelistrikan, dan memang bener gitu. Bagian uniknya adalah banyak hal baru lagi, misalnya kita harus belajar tentang sistem pembangkit, rangkaian listrik, dll. Setiap mata kuliah entah itu teori dan praktikum itu berkesan semua karena pasti ada sisi sruggle-nya masing-masing.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari D3 Teknologi Listrik UGM?

Kita  banyak banget belajar fisika, cuma tentang kelistrikannya aja. Praktikum itu banyak di lab, tapi ketika udah penerapan dari praktikum itu baru bisa di lapangan. Kemarin itu contohnya ada praktikum Instalasi Listrik, selain belajar teorinya kita juga praktik pasang alatnya, terus kita survei ke rumah-rumah yang belum dipasang instalasi listrik. Kita datang ke sana dan membantu untuk masang instalasinya.

Nah, laporan praktikumnya itu beda-beda tiap lab. Ada yang diketik dan tulis tangan. Memang banyaknya sih tulis tangan. Kalau misalnya nanti udah bagian bikin program nanti kita bikin video, apalagi di saat pandemi ini tugas kebanyakannya dalam bentuk video. Oh ya tugas akhir di jurusan kita itu bisa dalam 2 bentuk, ada laporan magang yang sudah dilakukan selama kurang lebih 5 bulan. Kedua ada namanya tugas akhir, itu kita bikin alat di lab.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di jurusanku itu kita konsentrasinya arus kuat, tapi kita tetep belajar semua mulai dari arus lemah, telekomunikasi, teknik kendali. Nah di semester akhir ini udah makin fokus di arus kuat, kaya sistem pembangkit, proteksi sistem pembangkit.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Aku masuk lewat jalur UTUL UGM. Kalau sekarang-sekarang ini karena udah D4 jadi UGM buka lewat SBMPTN, UTUL dan UGM. Kalau pas aku itu cuma bisa lewat jalur UTUL 1 dan 2. Informasi lebih lanjut bisa cek di instagram @sv_ugm atau um.ugm.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau menurut aku manage waktumu dengan baik, karena kalau udah bisa begitu kamu bisa tanggung jawab sama apa yang kamu pilih. Misalnya merasa salah jurusan, coba kamu enjoy dulu di jurusan yang sekarang karena banyak banget orang yang pengen ada di posisi kamu. Terus pas  jadi mahasiswa baru banyak banget godaannya, entah itu kepanitiaan, organisasi juga itu gapapa enjoy aja dijalani tapi jangan lupa sama tanggung Jawa akademik.

Memang kuliah di jurusan ini bukan jurusan yang mudah untuk dijalani jadi jangan terlena sama hal yang gak penting. Fokus belajar dan mengembangkan diri. Terus dalam hal tugas, dll kita punya senior yang mau bantun kita. Tahu kan kalau teknik itu terkenal solid, jadi jangan pernah ngerasa sendiri sih, karena ada temen-temen, senior atau orang-orang yang bakal bantuan kamu.

Kalau tips dan trik untuk camaba itu yang paling penting belajar, terus jangan terlalu ambisius lah sama kuliah, maksudnya jangan lupa kalau kalian juga punya me time sama waktu main karena nanti pas udah kuliah waktu yang begitu agak susah didapet. Kamu boleh belajar dengan giat untuk meraih impianmu tapi jangan lupa untuk have fun juga.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja jurusan ini luas banget, karena zaman sekarang siapa yang gak butuh listrik. Cuma kalau difokuskan itu bisa ngambil di BUMN kaya PLN, di sektor swasta atau jadi akademisi.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Aku insya Allah pengen kerja dulu, pengen tahu dulu gimana penerapan ilmu yang udah didapet di perkuliahan. Jadi aku mau nambah pengalaman dulu aja baru nanti lanjut S2.

Kode konten: C185

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *