Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Teknik Perancangan & Konstruksi Kapal

D4 Teknik Perancangan & Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (Siska)

D4 Teknik Perancangan & Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (Siska)

Halo sobat intipers! Siska Sinta Dewi D4 Teknik Perancangan & Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan D4 Teknik Perancangan & Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya itu seperti apa?

Kalau teknik perancangan dan konstruksi kapal di PPNS itu nyebutnya gak kepanjangan gitu, nyebutnya DC (desaign and construction). Jadi teknik perancangan dan konstruksi kapal atau DC itu adalah program studi yang bergerak di bidang perancangan kapal mulai dari garis sampai nanti ke bentuk 3D nya dan semua properti yang ada di kapal itu dari DC yang merencanakan, bahkan analisa kebocoran atau analisa yang lainnya itu nanti pihak DC yang merencanakan. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan D4 Teknik Perancangan & Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya?

Sebenernya dari kecil itu ada sedikit bakat buat menggambar dna dari orang tua sendiri juga mengharapkan buat masuk politeknik, harapannya kan nanti waktu kerja itu bakal lebih cepet soalnya di politeknik itu kita lebih mengedepankan buat praktik, lebih banyak praktiknya daripada teorinya jadi lebih realita di dunia pekerjaan aja. 

Tapi waktu masuk di DC itu yang menariknya gak ada gambar pake tangan, jadi bener-bener gambarnya itu pake aplikasi gitu, jadi buat adik-adik jangan takut buat masuk DC karena kita bener-bener belajarnya pake software, aplikasi, dan kita bakal diajarin mulai dari awal dan detail banget mengenai software yang akan kita pelajari jadi gak usah takut buat masuk DC dengan alasan gak punya pengalaman gambar. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau tugas yang khas pastinya tugas gambar, di setiap semester pasti ada tugas gambar yang bikin deg-degan buat ngerjain, tapi yang paling spesial itu khususnya di PPNS itu ada praktik bengkelnya, jadi semua program studi pasti akan merasakan praktik di bengkel entah itu bengkel las, gerinda, atau metal.

schooters

Di program studi aku itu bener-bener banyak praktik-praktik yang sebelumnya tidak pernah aku perkirakan bakal aku dapet, tapi itu bener-bener jadi benefit buat program studi aku banget soalnya nanti bakal berguna buat kedepannya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Gak ada sih kalau di jurusan aku. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk sebenernya banyak, tapi untuk tahun ini aku juga belum begitu menelaah. Tahun-tahun sebelumnya itu  ada jalur rapot, jadi kita ngumpulin nilai kita dan bakal di seleksi dari pihak PPNS, kalau DC matemtika nya harus agak tinggi, kalau misalnya mau milih K3 biologinya agak tinggi, dan kalau misalnya lulus akan ada tes wawancara. Jalur masuk yang kedua itu ada tes seleksi bersama masuk politeknik negeri kaya SBMPTN cuman khusus untuk politeknik, dan jalur terakhir itu kalau gak salah tes mandiri dan ada tes tulisnya, tes tulis dulu. 

Ada tips buat mahasiswa baru D4 Teknik Perancangan & Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya?

Khususnya buat adik-adik yang mau masuk program studi aku, aku berharap kalian enggak segan buat tanya ke kakak tingkat, nyari banyak relasi soalnya relasi dengan prodi lain atau dengan isntansi lain itu penting banget buat kita kedepannya, dengan adanya prodi-prodi lain itu kita bisa sharing, karena mata kuliah kita itu berkesinambungan dengan prodi lain. 

Jangan takut buat keluar dari zona nyaman, jangan takut ngerasa jadi perempuan sendiri di PPNS soalnya kan pandangan orang politeknik itu buat cowo aja, soalnya kita bener-bener gak ada perbedaan cewe sama cowo jadi jangan takut.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Orang banyak yang mikir kalau masuk DC itu apalagi perancangan, pasti nanti cuman jadi desaigner. Nah itu salah besar sih. Teknik perancangan dan konstruksi kapal PPNS kita itu diajarin banyak banget mata kuliah gak cuman gambar aja, tapi juga manajemen bisnis. Juga diajarin keselamatan kerja, ilmu bahan, ngebengkel. Jadi prospek kerja yang dapet bakal lebih luas.

Di industri, gak cuma perkapalan aja bahkan pertambangan itu nanti kita juga bisa masuk. Itu karena dari prodi ini ada istilah konstruksi. Jadi kita gak cuman gambar tapi kita juga atau yang akan ada di dalam kapal, dan material yang cocok buat konstruksi-konstruksi itu. 

Dari DC itu kita nanti jadi perancang kapal. Selain itu bisa jadi surveyor kaya kita inspeksi ke lapangannya, kita tau ini bener apa enggak. Kemudian jadi konsultan, wirausaha, atau yang paling mengharukan itu misalnya kita bener-bener menelaah masalah software itu, kita bisa banget jadi arsitek. Banyak kakak tingkat juga yang bener-bener belajar otodidak dan nanti bisa masuk industri dekorasi. Kalau kakak tingkat aku banyak yang masuk PT. PAL di Surabaya, Adiluhung, ada juga BKI, PT. Samudera dan masih banyak lainnya. Jadi jangan takut buat masuk PPNS, aku buktinya. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana danharapan aku setelah lulus yaitu semoga apa yang aku pelajari saat ini bakal berguna, bisa cepet kerja seperti yang diharapkan oleh orang tua aku, bisa menerapkan apa yang telah aku pelajari, lalu aku juga berharap bisa seperti kakak tingkat aku yang setelah lulus bisa lanjut S2 dengan biaya sendiri. Intinya jangan putus asa dan jangan berhenti buat kita terus belajar, cari pengalaman yang banyak. 

Q&A

  • Itu harus pandai ngitung-ngitung gak kak?

Ngitung-ngitung apa dulu nih? Ngitung-ngitung matematika ya? Sebenernya kalau matematika itu waktu kita tes wawancara aja cuman matematika dasar aja sih, tapi waktu kita masuk ke semester selanjutnya itu kita bener-bener diajarin, jadi jangan takut, karena kita bener-bener diajarin per stepnya. Aku juga gak begitu pinter ngitung sih sebenernya, tapi juga karena dosen ngajarin jadi aku berusaha menelaah bener-bener. Enggak cuman belajar matematika sih, fisika juga ada, ilmu bahan juga ada, jadi mantap dah. 

Kode konten: C332

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *