Desain Interior, Institut Teknologi Bandung

Desain Interior ITB (Kartika)

Desain Interior ITB (Kartika)

Halo sobat intipers! Aku Kartika Fajri Irawan dari Desain Interior ITB semester 8. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Desain Interior ITB itu seperti apa?

Desain interior itu seperti namanya kita mendesain interior di sebuah bangunan. Kita harus mendesain elemen-elemen interiornya mulai dari lantai, dinding, sampai langit-langit. Dosen saya itu bilang kalau Desain Interior itu menempatkan manusia dan memanusiakan tempat. Kita gak hanya mendesain ruangan tapi kita juga mendesain hal-hal yang akan digunakan oleh manusia.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Desain Interior ITB?

Dulu sempat kepikiran masuk DKV, tapi di ITB kan ada TPB yang gak langsung masuk jurusan di semester awal. Selama masa TPB itu merasa gak cocok dengan DKV, aku sendiri merasa lebih bisa menggambar yang restruktur dan udah jelas bentuknya, akhirnya milih Desain Interior.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada studio interior dan studio mebel. Studio Interior itu udah pasti merancang interior, mulai dari one-room-apartement, lalu ke rumah yang ditempati 5 orang, retail atau toko, kantor dan public space kaya rumah sakit, bandara, dll cuma lebih ke interiornya aja. Studio mebel itu lebih ke furniture, pertama alu dipelajari itu masih abstrak, kita mendesain ruangan menggunakan alat yang diberikan oleh dosen, selanjutnya kita belajar tentang storage, lalu membuat kursi dari rotan dan itu dari proses awalnya banget.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di jurusan sendiri gak ada, ada juga untuk profesi nanti bisa jadi desainer interior, desainer mebel atau mungkin bisa jadi desainer lighting karena kita juga belajar tentang pencahayaan suatu ruangan.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada SNMOTN, SBMPTN, program internasional dan ujian mandiri. Kalau mau masuk Desain Interior kalian milihna FSRD ITB dulu, gak langsung ke jurusan.

Berdasarkan fakultas, kuota di tahun 2019 ada 267 orang, yang akan dibagi kelima prodi. Desain interior sendiri ada 50-60 mahasiswa tiap angkatannya. Kalau peminatnya itu bisa berbeda tiap tahunnya, jadi tiap angkatannya beda-beda.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan Desain Interior ITB?

Harus sering jalan-jalan pastinya, sekalian main bisa sambil liat referensi yang bisa diterapin di desain sendiri. Jangan lupa manage waktu karena tugasnya banyak banget yang harus menggambar manual maupun digital. Setelah masuk jurusan, harus banget berhimpun karena himpunan itu penting banget untuk menjalin relasi dengan teman, alumni atau kakak tingkat. Saling bantu dengan temen juga bisa.

Baiknya kalau masuk Desain Interior itu punya basic gambar manual, karena pas TPB dari senin sampai jumat itu menggambar manual, nanti pas udah masuk jurusan lebih pada menggambar sketsa dan makin ke sini mulai gambar digital.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Seperti yang aku bilang, bisa jadi desainer interior atau desainer mebel. Mereka bisa kerja di perusahaan arsitektur atau perusahaan khusus interior, tapi ada juga alumni yang buka biro jasa interior.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengen bisa profesional di bidang desain interior, aku pengen punya pengalaman 2 tahun. Setelah kerja aku mau S2 bisnis jadi hasil aku belajar desain interior bisa dijadikan bisnis.

Q&A

  1. Alat apa aja yang harus dimiliki dan apakah hanya bisa untuk anak IPA?

Di gambar manual itu butuh pensil, penggaris, drawing book, sketch book dan alat warna kaya pensil warna, cat air atau marker. Nanti ada matkul teknik presentasi yang kita diajari cara mewarnai perspektif dengan baik dan benar pakai pensil warna, cat air atau marker.

FSRD itu masuk ke jurusan Soshum, jadi yang bukan anak IPA juga bisa masuk karena belajarnya pun gak ada IPA IPAnya.

  1. Kakak lolos di jalur apa dan skor UTBKnya berapa?

Aku masuk lewat SBMPTN yang ada tes tulis dan tes gambar, kalau sekarang kan gak ada tes gambar tapi dengan mengirimkan portofolio. Kalau tes UTBK aku cari-cari sih kurang lebih 640.

  1. Perbedaan Desain Interior dan Arsitektur Interior dari ilmu dan prospek kerjanya?

Hampir mirip sebenernya, cuma bedanya kalau Arsitektur Interior itu lebih menggunakan prinsip Arsitektur gimana caranya jadi mendesain sebuah ruangan tapi berdampak pada lingkungan di luar bangunan tersebut. Sedangkan Desain Interior itu fokus pada suasana ruangan. Arsistektur Interior itu lebih terstruktur yang emang kerjaannya gak jauh sama Arsitektur. Kalau Desain Interior ITB itu lebih ke seni, jadi kurang ke struktur yang kaya hitung-hitungan tersebut.

  1. Desain Interior harus bisa gambar di kertas dan komputer atau nanti diajari?

Gambar manual setidaknya kalian bisa menggambar apa yang kalian liat dengan sesuai, baik dan benar proporsi dan segala macemnya, kalau gambar digital juga dulu aku gak bisa gambar denah, gambar perspektif tapi sambil kuliah itu kita bisa diajari sama kakak tingkat atau temen. Pelajaran untuk gambar digital emang belum ada, makanya itu pentingnya berhimpun karena di dalam himpunan itu bakal ada acara belajar ini dan itu termasuk gambar digital di komputer.

Kode Konten: Y223

tikatikirawan
Graduated from Interior Design in Bandung Institute of Technology. Passionate in art and design.

Komen dibawah! 12

  1. Moes

    Hai mbak Kartika, mau nanya donk. Aku lg bikin rumah kecil untuk penempatan pribadi. Aku butuh bantuan untuk interior designnya, butuh gambaran ini enaknya dibuat jd gmn dan seterusnya. Apkh mbak Kartika yg sdh semester 8 ini bisa membantu? Semoga bisa jd portopolio mbak Kartika. Terkait jasa ini aku bs ksh sih tp tdk besar. Kalau mbak minat kita obrolin lg yah. Kl blm minat kira dibantu tmn” mbak Kartika yg bs bantu. Ohh yah lokasi rumah di Bekasi. Makasih

  2. Viona

    Interior ITB sama interior UI bedanya apa??

    • tikatikirawan

      Halo, perbedaannya dari segi turunan keilmuannya. Kalau Desain Interior ITB dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, jadi disini lebih ke desain dan seni di dalam ruangan. Setahu aku, di Arsitektur Interior UI dari Arsitektur jadi lebih ke teknik dan cakupannya sebelas dua belas dengan arsitektur karena memikirkan pengaruh eksterior juga

  3. Dya

    Halo kak, mau tanya, kalo yang SMA nya jurusan IPA bisa masuk jurusan Desain Interior ITB ga?

  4. Faris

    Kak kan aku dari smk, apakah bisa ikut tes fsrd ?

  5. Latifa

    Assalamualaikum,we wb
    Kak kalau jurusan agama masuk design interior bisa gak kak?

  6. Naa

    Apalah terdapat matakuliah matematika dan fisika
    kak?

    • tikatikirawan

      Halo, karena Desain Interior ITB masuk dibidang soshum jadi tidak ada matakuliah matematika dan fisika hehe. Hanya perhitungan dasar saja ketika membuat denah, dan mungkin jika kamu ingin mata kuliah tambahan ada mata kuliah yg spesifik perhitungannya seperti fisika.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *