Pariwisata

Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata Makassar (Dinda)

Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata Makassar (Dinda)

Hallo intipers. Perkenalkan, nama saya Dinda Friana, biasanya dipanggil Dinda. Saya mahasiswi D4 Prodi Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata Makassar angkatan 2017. Kali ini saya akan berbagi cerita dan pengalaman yang telah saya lalui selama kurang lebih tiga tahun berkuliah di sini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Destinasi Pariwisata Poltekpar Makassar?

Kebanyakan masyarakat awam mengira bahwa prodi ini sering traveling. Pada kenyataannya salah. Jadi di Destinasi Pariwisata ini, mahasiswa lebih ditekankan pada perencanaan dan tata kelola suatu destinasi, sesuai dengan namanya. Dalam hal ini, cakupannya sangat luas, industri pariwisata merupakan industri besar dan multidimensi. Secara umum, Destinasi Pariwisata harus bisa memahami dunia pariwisata secara keseluruhan meliputi perhotelan, restaurant, perjalanan, sampai pemerintahan. Di setiap semester akan ada observasi untuk syarat pemenuhan tugas mata kuliah “Studi Lapangan Pariwisata”, nah dalam observasi ini biasanya kami mengunjungi 3-4 kabupaten/kota dalam waktu 5 hari untuk melihat secara langsung kondisi suatu destinasi, mencari informasi sebanyak mungkin dari destinasi yang kemudian akan kami kaji sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran. Kami dilatih untuk merencanakan seperti apa seharusnya destinasi tersebut agar tetap menjadi tujuan wisata yang berkelanjutan.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit di Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata Makassar

Destinasi Pariwisata ini memiliki banyak mata kuliah, diantaranya Studi Lapangan Pariwisata, Pengantar Perhotelan, Studi Kelayakan Investasi Pariwisata, Riset Pemasaran Pariwisata, Ekowisata, Bahasa Inggris, Bahasa Asing, Statistik, Tata Kelola Destinasi dan masih banyak lagi. Mata kuliah yang terus dipelajari mulai dari semester 1-7 yaitu Studi Lapangan Pariwisata. Untuk mata kuliah favorit saya ada beberapa yaitu, pertama Studi Lapangan Pariwisata. Saya menyukai mata kuliah ini karena cangkupannya sangat luas, dan sering melakukan observasi. Saya pribadi sangat antusias untuk melakukan observasi karena kita dapat memperoleh informasi yang baru dan asli. Dalam observasi mata kuliah ini mahasiswa biasanya disuruh untuk membandingkan informasi yang didapatkan dari media dengan yang ada di lapangan. Selain itu, dengan melakukan observasi mengunjungi beberapa kota/kabupaten, kita juga memperoleh pengalaman dan mengenal budaya baru.

Mata kuliah kedua yaitu Ekowisata, saya sangat menyukai mata kuliah ini karena berkaitan dengan lingkungan. Kita mengkaji bagaimana pariwisata menghasilkan profit tapi lingkungan tetap terjaga.

Yang ketiga yaitu Bahasa Inggris. Sebagai insan pariwisata kami diharuskan untuk menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Kami nantinya akan melayani masyarakat maupun wisatawan yang bukan hanya domestik namun juga mancanegara. Saya sendiri belum menguasai, makanya saya senang karena dengan ini saya terus berlatih dan mengasah kemampuan berbahasa Inggris saya.

Dosen favorit saya yaitu, Ma’am Etha, Pak Ilham & Pak Agus, saya menyenangi mereka karena cara penyampaian materinya sangat baik dan mudah dimengerti. Mereka merupakan sosok yang sangat tegas dan berwibawa.

Konsentrasi di Destinasi Pariwisata

Konsentrasi di Destinasi Pariwisata yaitu Studi Lapangan Pariwisata yang terus dipelajari dari awal sampai akhir semester. Di semester  1-6  mata kuliah ini melakukan observasi mengunjungi destinasi berupa beberapa kota/kabupaten berbeda dalam 5 hari untuk memperoleh informasi dan melihat kondisi eksisting detinasi. Semester 7, mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk melakukan penelitian kelompok di destinasi yang dipilih selama kurang lebih 1 bulan. Akhir semester 7, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah project pariwisata di daya tarik wisata yang sepi pengunjung atau kurang baik.

Tips-Tips Untuk Maba Destinasi Pariwisata Poltekpar Makassar

Di Destinasi Pariwisata ini mencangkup ilmu yang sangat luas, sebagai maba kalian harus menyiapkan diri dengan menguasai ilmu-ilmu dasar pariwisata yang terutama, kemudian memahami ilmu dan situasi pemerintahan, serta bidang lainnya seperti pertanian, kelautan dan perikanan, perdagangan dan lain-lain. Tips berikutnya sebaiknya kalian punya banyak pengalaman mengunjungi beberapa daya tarik wisata, baik itu alam, budaya, maupun buatan. Kemudian memiliki attitude yang baik, dalam industri pariwisata pengetahuan bukan yang utama, tapi attitude, selanjutnya memperhatikan penampilan atau grooming, karena sebagai insan pariwisata nantinya kita akan melayani masyarakat maupun wisatawan.

Ikuti organisasi/magang sesuai minat kita

Di Poltekpar Makassar sendiri, terdapat beberapa organisasi. Misalnya senat mahasiswa, pencinta lingkungan, organisasi keagamaan, organisasi pengembangan bahasa. Namun, ada satu yang sebaiknya kalian bergabung di dalamnya, yaitu GenPI (Generasi Pesona Indonesia). Jadi, GenPI ini merupakan organisasi besar, ada hampir di setiap provinsi, dan beberapa kampus/sekolah pariwisata di Indonesia. Saya yakin kalian sudah mengetahui pentingnya berorganisasi, lebih mengasah kemampuan kita untuk berbicara di depan umum, melatih emosional dan memahami karakter berbeda setiap orang.

Nah, untuk magang Destinasi Pariwisata, kebanyakan larinya ke instansi pemerintahan. Seperti kantor Dinas Pariwisata, Badan Otorita Pariwisata, Kementerian Pariwisata, DMO, dan ada juga yang memilih perusahaan konsultan pariwisata. Magangnya selama satu semester. Kalian bisa memilih untuk magang dimana saja, namun harus melalui seleksi terlebih dahulu.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Kebanyakan yang saya ketahui dan saya dapati, alumni Destinasi pariwisata bekerja di instansi pemerintah tempat mereka magang atau tempat mereka melakukan penelitian, seperti Dinas Pariwisata dan Kementerian Pariwisata. Ada juga yang memilih untuk menjadi pengusaha di bidang industri pariwisata, dan tidak sedikit yang berkarir di dunia perhotelan, penerbangan, serta perbankan. Kalau dilihat dari kenyataan-kenyataan ini, prospek kerjanya sangat luas sekali, bisa kerja di bidang apa saja karena memiliki skill yang beragam.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Harapan saya setelah lulus nanti ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 Pariwisata, alasannya karena saya ingin menjadi seorang dosen pariwisata. Menjadi seorang dosen pariwisata juga merupakan harapan dosen-dosen kami, karena saat ini dosen pariwisata masih kurang, sementara Manado sebentar lagi akan membuka Perguruan Tinggi Pariwisata, ini merupakan peluang bagi kami setelah lulus nanti. Selain itu, saya juga ingin kuliah sambil traveling, tujuannya bukan hanya sekedar bersenag-senang, tapi saya ingin mengasah dan mengembangkan kemampuan menulis saya, saya juga ingin menjadi seorang travel writer dan travel vlogger. Saya juga ingin membuka usaha bidang kuliner nantinya, setelah sudah punya modal cukup. Tentunya saya berharap masih tetap bisa menjadi partner sharing intipkuliah.com

Kode Konten: X167

dindaf16
Hi Intipers. Aku Dinda, mahasiswi pariwisata. Aku berasal dari Palu, sekarang tinggal dan kuliah di Makassar, tepatnya di Politeknik Pariwisata Makassar. Aku senang banget kalo diajakin explore alam dan budaya, suka masak dan sekarang lagi melatih diri untuk menjadi seorang travel writer. Semoga hari kalian bahagia☺️

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *