Tips

Gap Year, Ini Yang Harus di Hindari Pada Saat Gap Year !

Gap Year, Ini Yang Harus di Hindari Pada Saat Gap Year !

Gap year lulus sekolah untuk mencapai kampus impian tidak lah mudah, namun dengan artikel ini siapa tahu membatu kita saat gap year.

Gap year adalah menunda kuliah seletalah lulus SMA karena berbagai alasan, siswa dimana mengambil jeda untuk melanjutkan pendidikan formal. Gap year bisa di ambil dimasa setelah lulus sekolah atau di masa – masa jeda kuliah, dengan kata lain cuti kuliah. Hal ini bukan yang buruk namun membuka peluang kesempatan hal positif yang kita bisa ambil. Mengambil keputusan gap year di harapkan melakukan secara sadar untuk lebih mengenal diri dan mempersiapkan pendidikan lanjut lebih matang. Bila melakukan secara sadar banyak manfaatnya seperti mempersiapkan pendidikan jadi lebih matang, kedewasaan menjadi terasah dan potensi diri semakin berkembang.

Untuk mencapai semua manfaat itu ada hal yang perlu di hindari.

Perlu di hindari pada saat gap year

tips gap year

Berjuang sendirian

Awal – awal gap year pasti merasa sedih atau tertinggal dari teman – teman se Angkatan. Pada saat buka sosmed pasti ada aja temen yang upload ke kampus idaman atau ke kampus yang di inginkan. Perlu di ingiat adalah yang satu nasib pasti tidak kita sendirian. Kita harus lakukan adalah cari teman seperjuangan. Mendapatkan teman seperjuangan akan memudahkan kita mencapai tujuan, dengan itu kitu kita dapat manfaatnya yaitu mencegah merasa kesepian, mengurangi stess dan dukungan emosional. Mendapatkan teman seperjuangan akan meningkatkan mempuan membangun relasi dari sejak sebelum kuliah. Harus tau cara mebangun relasi dengan klik disini.

Malas – malasan

Malas adalah salah satu musuh terbesar kita dalam melakukan sesuatu, bukan hanya dalam belajar namun dalam berbagai semua aktifitas. Malas sebagai penundaan untuk bekerja atau mengunakan tenaga kita untuk melakukan aktifitas. Bila malas menguasai diri kita maka akan berdampak pada prodivitas. Pada pejuang gap year sepanjang tahun pasti ada saat dimana kita malas – malasnya.  Untuk mengetahui cara mengatasi malas belajar klik disini

intipkuliah-web1

Sering mebuka sosial media

Membuka sosial media salah satu platfrom hiburan, dengan membuka sosial media bukan hanya terhubur bisa mendapatkan terkoneksi sesama teman seperjuangan. Bermain sosial media secara tidak sadar dampak positif akan termotivasi dengan salah satu teman yang mencapai kampus impian namun, dampak negatifnya akan memanding bandingkan dengan orang lain nya sudah lulus di kampus impian. Dengan efek negatif tersebut akan menurunkan metalitas dan semangat kita.

Membuka sosial media terlalu lama maka akan memakan bayak waktu dan mempengaruhi prodivitas. Jam belajar akan lebih menurun pada saat belajar pula akan terdistraksi atau tergoda untuk membuka sosial media. Kita perlu pandai dalam mengontrol diri dan emosional agar sosial media tidak mempengaruhi mental dan produktifitas.

menghadapi gap year

Belajar yang tidak efektif dan efisien

Pada saat test untuk UTBK atau tes masuk peguruan tinggi maka mengerjakannya harus efektif dan efisien. Beberapa orang belajar hanya sekedar belajar tanpa strategi, menjadi belajar tidak efektif dan efisien. Perlu di perhatikan dalam belajar adalah pertama efektif selanjutnya cara efisien.  Langkah – Langkah belajar efektif dan efisien sebagai berikut ;

  1. Harus belajar dan mengerjakan soal dengan benar dan mengerti yang di kerjakan. Kebanyakan orang hanya sekedar mengerjakan soal tapi tidak benar – benar mengerti. Ketika mendapatkan soal berbeda dikit langsung bingung, karena tidak benar – benar mengerti.
  2. Ulang – ulang terus sampai mengerti. Soal dan belajar teru di ulang sampai mengerjakannya dengan merasa mudah walaupun soalnya dengan tipe yang beda – beda.
  3. Bila secara belajar dan mengerjakan soal sudah secara otomatis dengan mudah mengerjakan nya, maka cari cara dengan mengerjakan secara efisien. Maksudnya efisien adalah mengerjakan soal secara waktu cepat dan sesingkat – singkatnya.

Dengan ini yang perlu di perhatikan adalah mentor atau teman belajar karena ada yang mengawasi atau memperhatikan belajar kita. Meyakinkan bahwa belajarnya apakah mengerti secara efektif dan efisien atau tidak. Perlu di perhatikan juga cara membagi waktu belajar kita, untuk mengetahui cara membagi waktu belajar cek disini.

Untuk mengetahi lebih lanjut belajar efektif dan evisien maka cek video tersebut :

Gap year bukan hal yang mudah memperlukan tekat yang kuat namun tidak ada yang mustahil demi masa depan mengapai mimpi. Semoga yang membaca mendapatkan kampus yang di inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.