Akademi Farmasi Yarsi Pontianak, DIII Farmasi

DIII Farmasi Akademi Farmasi Yarsi Pontianak (Dhea)

Halo sobat intipers! Aku Dhea dari DIII Farmasi Akademi Farmasi Yarsi Pontianak angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, DIII Farmasi Akademi Farmasi Yarsi Pontianak seperti apa?

Jurusan Farmasi itu adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang obat, obat tradisional, bahan baku dan juga kosmetik. Mulai dar bahan kimianya, cara pembuatannya, pengemasannya, pembuatannya dan distribusinya. Seorang ahli farmasi bertanggung jawab untuk memberikan obat sesuai dengan kegunaan si pasien.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan DIII Farmasi Akademi Farmasi Yarsi Pontianak?

Alasan saya mengambil jurusan saya yaitu karena jurusan Farmasi ini sangat menarik karena memiliki peluang kerja yang sangat besar, dan profesi apoteker ini sangat membanggakan bagi saya. Kemudian dari dulu saya berkecimpung di dunia kesehatan, sehingga saya berpikir dunia farmasi ini sangat cocok dengan saya. Saya juga berkeinginan untuk membuat produk kosmetik sendiri dan jurusan ini sangat related dengan bidang tersebut.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Jadi di D3 Farmasi ini bukan sekedar teori saja dalam mempelajari teknologi obat-obat, namun di jurusan ini juga belajar tentang penyimpanan dan penyediaan, senyawa dan sintesis obat, kemudian meraciknya menjadi produk jadi yang layak di konsumsi. Mahasiswa D3 Farmasi ini berkecimpung di praktikum-praktikum untuk melakukan formulasi obat untuk dibuat laporannya dan ditulis tangan. Mata kuliah yang berkesan bagi saya yaitu farmasi apotek dimana pada mata kuliah ini di gembleng habis-habisan cara untuk memberikan resep kepada pasien, kita praktek selama tiga jam untuk meracik obat dan berdiri tanpa duduk. Selain itu ada mata kuliah kosmetik dimana kosmetik ini kan keren ya dimata orang, sesuai dengan cita-cita saya ingin membuat produk kosmetik dengan nama saya sendiri.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jadi di D3 Farmasi ini akan menjadi Tenaga Teknik Ke-Farmasian namanya, jadi tidak ada jurusan peminatan. Namun kalau teman-teman ingin melanjutkan studi ke S1 itu ada empat peminatan yaitu Farmasi Science dan Teknologi, Farmasi Industri, Farmasi Klinis dan Farmasi Bahan Alam.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk jalur masuk sendiri ada tiga yaitu PMDP atau jalur rapot, Tes Tertulis berupa pendaftaran, tes masuk dan daftar ulang dan yang terakhir yaitu Tes Mandiri.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Untuk tips itu sendiri memang setiap jurusan punya tingkat kesulitan masing-masing, tapi bagaimana cara kita menyikapi kesulitan itu secara bijak. Apalagi jurusan Farmasi itu bisa dibilang salah satu jurusan yang sulit, kuliahnya lama, banyak hafalan, banyak belajar tentang obat dan terus belajar, namun itu jangan sampai menyurutkan semangat kita untuk menjadi seorang farmasis. Dan ketika teman-teman sudah masuk di jurusan Farmasi jalani dengan sepenuh hati, cari relasi, kalau lelah jangan lupa untuk istirahat.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jadi prospek kerja untuk Farmasi itu sendiri sangat luas, kalau untuk D3 Farmasi itu bisa bekerja di empat tempat yaitu sebagai asisten apoteker di apotek, rumah sakit, puskesmas dan industri. Kalau kita menjadi apoteker kita bisa bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah yang membuka lowongan kerja seperti badan POM, kementerian kesehatan dll.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan saya setelah lulus saya akan lanjut S1 untuk mengambil gelar S.Farm lalu lanjut ke Profesi Apoteker setelah mendapat gelar semua itu saya ingin membuat produk kosmetik sendiri atau seperti wiraswasta dalam bidang kosmetik.

Kode konten: C890

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.