Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Bandung

DKV ITB (Desain Komunikasi Visual) (Zayyinatul)

DKV ITB (Desain Komunikasi Visual) (Zayyinatul)

Halo sobat intipers! Aku  Zayyinatul Millah dari Desain Komunikasi Visual ITB / DKV ITB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan DKV ITB itu seperti apa?

Kita mempelajari tenang desain, bagaimana mengkomunikasikan sesuatu secara visual. Bukan Cuma poster, video bahkan di aplikasipun lingkupnya DKV, banyak yang lebih ngenalnya itu banding dan video masker nah itu DKV.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan DKV ITB?

Pas SMA aku suka nulis, makanya suka bikin poster dan merasa asik kalau bikin poster. Setelah cari info aku tau ada jurusan DKV, akhirnya memutuskan untuk masuk jurusan ini.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan DKV ITB?

Beda banget sih sama jurusan lain, ada matkul fotografi, videografi, ilustrasi, dua dimensi atau nirmana, tiga dimensi juga. Gak ada hitungan, matematika, biologi gitu jadi mengasah kreativitas kita.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan DKV ITB?

Ada 3 kelompok keahlian, aku sendiri di multimedia. Ketiga itu ada desain grafis, multimedia dan periklanan. Kalau multimedia itu hubungannya dengan media atau berbasis gerak, ada waktu di situ contohnya animasi, video, motion graphic. Kalau desain grafis itu ke poster, buku anak, ilustrasi pokoknya yang berhubungan dengan 2 dimensi. Periklanan  itu lebih mengasah pola pikir agar bisa menjual produk

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Di ITB ada 3 jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri, hanya berbeda dengan yang lainnya kalau jurusan seni itu harus melampirkan portofolio. kalau di UM itu tes ujian keterampilan, cuma karena kondisi saat ini jadi kurang tahu nanti kebijakannya seperti apa.

Kalau di SNMPTN itu di web nya akan ada tema-tema portofolio yang harus dibuat saat itu juga dalam kurun waktu 3 minggu sampai 1 bulan, kemudian diapply di web ini. SBMPTN juga sama.

FSRD itu menerima sekitar 200 orang, kalau DKV itu menerima 60 sampai 60 orang tiap angkatannya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Gak boleh Male karena tugasnya lumayan banyak dan bikin begadang juga. Banyak rumor juga katanya DKV harus jago gambar, sebenernya enggak gitu, cukup punya basic aja cukup.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kerjanya itu biasanya sesuai peminatan masing-masing sih banyaknya, kalau multimedia biasanya ke production house, ke TV juga bisa. Kalau desain grafis lebih ke company yang menjual jasa desain grafis, dan yang periklanan biasanya ke biro-biro perikanan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengen ambil program percepatan yaitu kuliah 5 tahun bisa ambil S1 daan S2. Itu ada programnya di ITB, terus aku juga udah nandain sih perusahaan-perusahaan yang aku inginkan untuk kerja di sana.

Q&A

  1. Kalau portofolio itu kapan ya terus dikirimnya ke mana?

Jadi portofolio dibuka saat SNMPTN dan SBMPTN dibuka, tiap tahun itu beda jumlah tema yang harus dipenuh. Pas aku itu ada 2 tema dan di tahun selanjutnya ada 3 tema, tapi gak jauh-jauh sih kaya suasana, dll. Portofolio itu peluang masuk DKV kalau portofolionya gak bisa ya gak bisa masuk DKV.

  1. Hal apa saja yang harus dimiliki mahasiswa DKV?

Basic menggambar itu wajib, kemudian basic story telling biar bisa bercerita secara visual.

  1. Bedanya DKV sama Desain Grafis?

Banyak yang belum kenal sama nama DKV, sebenernya DKV dan desain grafis itu sama kurang lebih, jadi desain grafis itu bagian dari DKV, berarti DKV lebih luas cakupannya daripada desain grafis

  1. Apa bener kuliah DKV mahal?

Iya lumayan sih, lebih ke peralatannya sebenernya. Tapi peralatan itu investasi yang bisa dipake sampek nanti udah kerja, laptop yang dibutuhin itu setara gaming, kamera juga tapi ini bisa pinjem, terus pin tablet. Di semester awal itu kaya cat poster dan kertas juga. Di tahun pertama fokus manual, laptop belum perlu. Mulai tahun kedua kita masih ditekankan untuk bisa masuk manual, baru smeseter 4 baru perlu laptop, kamera, pin tablet.

  1. Pembelajarannya di TPB seperti apa?

Di tingkat awal itu ada TPB jadi kita belajar semuanya, menggambar 2 dimensi, menggambar dasar, menggambar konstruktif kaya desain produk, 3 dimensi, dan pelajaran umum kaya olahraga dan bahasa Inggris.

  1. Skor UTBK dan portofolio itu pengaruhnya gimana ke penerimaan?

Porsi penilaian portofolio itu lebih besar porsinya dalam penerimaan daripada nilai rapot atau UTBK, portofolio 60% sisanya nilai rapot dan UTBK. Jadi, kalau nilai UTBK tinggi tapi gambarnya belum pantes untuk FSRD ITB ya belum masuk, bahkan setahu aku yang gambarnya bagus pun belum tentu diterima. ITB itu punya standar sendiri dan kriteria khusus, seperti gambar itu punya cerita atau punya nilai jual. Nah, apakah portofolio kalian sudah menjual atau belum?

Kode Konten: Y229

Komen dibawah! 101

  1. rizkynendiyudiana

    Maaf mau tanya kak… Mata kuliah yang tersulit itu apa dan bagaimana cara mengatasinya

  2. Pengalaman Kuliah di Seni Rupa Murni ISBI Bandung (Biru)

    […] Desain Komunikasi Visual ITB (Zayyinatul) […]

  3. Azarya Adriel

    Kak, UM itu Universitas Negeri Malang kan? Itu termasuk PTN kan kak?

  4. Orang tua ariz

    Dek, utk ujian mandiri ada test buat karya langsung dinilai secara zoom langsung oleh panitia, boleh tau biasanya karya yg dibuat itu seperti apa dek

  5. Aina

    Tema portofolio snmptn dgn sbmptn sama apa beda yak?

  6. Nasya

    Ka mau tanya, emang kalo masuk jurusan ini minimal gambarnya harus bagus? Bagusnya yang seperti apa? Kan tadi katanya punya nilai jual

  7. ZArt

    Assalamualaikum.
    mau nanya kalau video mapping ada gk disana

  8. Yuuhi-san

    Kak portofolio nya ky gmn ya kak? Detailin dong, kalo bisa kasih contoh portofolio yang sudah punya nilai jual 😊
    Terus utbk nilai minimalnya berapa ya?

  9. Putri

    Kak portofolio nya ky gmn ya kak? Detailin dong, kalo bisa kasih contoh portofolio yang sudah punya nilai jual 😊
    Terus utbk nilai minimalnya berapa ya?

    • z-millah

      Itb tidak mengeluarkan minimal nilai, biasanya itu dari bimbel2 gitu.
      Portofolioku bisa di cek di sini ya
      https://www.google.com/amp/s/zitaehan.wordpress.com/2017/04/26/masuk-fsrd-itb-curhatan-9/amp/

  10. Shienangel

    Kak mau tanya, waktu kuliah jurusan DKV kan peralatannya ada kamera nya yah… Kalo pakai mirorles boleh ga kak?

  11. z-millah

    Iya ada. Tergantung merk dan spek mirorlesnya. Soalnya klo di dkv ada pelajaran foto studio, dan tidak semua mirorles bisa untuk foto studio.

  12. Yuda

    Kak, kalo untuk masuk ke DKV bagian multimedia, apakah sama juga harus bikin portofolio?

  13. Anes

    Permisi kak, sebelumnua terima kasih infonya. Izin bertanya:
    kan tahun ini sedang ada pandemi begini saat melaksanakan SBMPTN/SNMPTN, nah itu pengumpulan portofolionya melalui apa ya kak?

  14. Asilzidya

    Assalamualaikum ka mau nanya,kl untuk lulusan smk bisa masuk dkv itb gk?terimakasih 🙏

    • z-millah

      Bisa, untuk fsrd itb sendiri bisa dari jalur minat manapun. Ipa, ips, bahasa, smk (untuk snm), klo sbm ikutnya soshum

      • Adelia

        Kalok anak SMK jurusan administrasi perkantoran mau ambil dkv di ITB itu termasuk linjur gak kak? Trus klok mau ikut SNMPTN tapi gak ada alumni yang pernah daftar ke sana ada peluangnya gak kak?

  15. Ceppi

    Mbak, mau tanya.
    Penjurusan di FSRD ITB itu kan pada tahun kedua, dan DKV sejauh ini yang paling favorit. Seberapa sulit tingkat persaingan masuk DKV?
    Antara kapasitas dan jumlah peminatnya…apakah ada sekitar 50%?
    IPKnya harus tinggi ya?

    Soalnya ada yang jadi ragu masuk FSRD ITB, karena minatnya ke DKV tapi khawatir bisa diterima di ITB tapi tidak bisa masuk saat penjurusannya.

    • z-millah

      Dkv selalu favorit sih tiap taun. Biasanya yg minat 80-90 orang dan yg diterima 70-an. Tergantung minat tahun itu sih, jadi ga pasti. Klo ipk sih, diusahakan tinggi karena dkv pasti bersaing.
      Mungkin kmu daftar minat ke dkv, tapi setelah setahun masa tpb tak jarang banyak minat jurusan lain karena ternyata lebih sesuai dengan bakat dan interes mereka. Jadi jangan takut sih

      • Dee

        Halo mbak, melanjutkan pertanyaan sebelumnya, prodi DKV kan favorit di FSRD ITB. Berapa IPK minimum yang diterima di prodi DKV?

  16. Nae

    Mau tanya, kira-kira tugas yang sering dikasih itu kayak gimana ya kak. Kalau fmipa kan ada laprak nah kalau dkv sendiri apa ya??
    Terima kasih 🙏

    • z-millah

      Kalau tingkat satu bakal ketemu dengan yg namanya nirmana dan gambar2 dasar, tingkat selanjutnya baru mulai animasi dll, tapi secara keseluruhan pasti ada gambarnya sih

  17. Aas rolani

    Kak kan aku angkatan 2019 tapi aku tunda satu tahun karna telat bisa masuk ITB 2021 gak?

  18. Zahra

    Kak mau nanya, kalo snmptn pake nilai rapot + portofolio. Berarti sbmptn itu nilai utbk + portofolio? Berarti kalo mau ikut sbmptn itu harus ikut utbk?

  19. Irga Mulya

    Assalamualaikum. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan bila keganggu waktunya, dan terimakasih atas perhatiannya dan semuanya. Teh nama saya Irga kelas 12 mau bertanya, saya sangat berminat dibidang ini, dan saya ingin sekali masuk ke jurusan DKV di ITB. Tapi apa daya, saya jelek soal menggambar. Saya ingin sekali bisa menggambar, dan itu baru kepikiran semasa saya kelas 12 dipertengahan semesternya. Dan satu lagi teh, semasa saya sekolah di sma, nilai saya jelek, ini dan itu, saya juga menyesal tidak benar saat sekolah. Mungkin ada solusi/cara supaya saya bisa masuk ke jurusan DKV di ITB dalam kendalanya yaitu nilai sekolah dan tidak bisa menggambar. Dan yang paling utama, bagaimana solusinya supaya saya bisa menggabar, apakah harus seperti belajar “gitar” atau yang lainnya. Dan gimana teh cara menggambar untuk penggambar yang jelek (pemula)… Mohon dibalas teh🙏, saya berminat sekali dibidang ini, mohon dibantu🙏.

    • rania.20

      Maaf ikut reply mau bantu jawab, kalau mau ikut SNMPTN memang dari rapot dan akreditasi sekolah. Kalau rapot tidak bisa diandalkan masih ada jalur SBMPTN, kamu bisa tekunin belajar buat UTBK nanti masih belum terlambat kok. Kalau gambar, mungkin bisa ikut les gambar yg khusus buat masuk jurusan seni rupa kayak FSRD ITB.

    • z-millah

      Snmptn bukan segalanya, tetap maksimalkan portofolio dan latihan gambar suasana. Karena mau ga mau salah satu syarat masuknya ya portofolio. Kalau bingung mau gambar apa, coba gambar apa yang ada di sekelilingmu. Cari referensi di internet.

  20. Rizal lugina

    Denger kata mahal aing langsung berubah pikiran njay, dahlah males

  21. Varissa

    selamat malam kakak maaf mau nanya, aku masih SMA tp aku suka menggambar cm aku ga terlalu bisa gambar, aku bisa kalo ada contohnya, tp klo gada contohnya aku bingung harus gambar apa/gimana, pengen masuk DKV cm masih ragu bisa atau enggak, maaf kak kalo agak gimana🙏🏻🙏🏻🙏🏻, terimakasih kak…, mungkin aku bisa kasih lihat gambar nya bagaimana menurut pendapat kakak hehe

    • z-millah

      Aku juga kayak gitu, dan sebenernya aku ga begitu hobi gambar. Tapi ya sekedar bisa. Ga papa kmu gambar dulu aja sesuai contoh, nanti tangan kmu lama2 kebiasaan dan punya alurnya sendiri. Tapi tetep banyakin referensi gambar2 suasana..

  22. Varissa

    bingung harus gambar apa/gimana, pengen masuk DKV cm masih ragu bisa atau enggak, maaf kak kalo agak gimana🙏🏻🙏🏻🙏🏻, terimakasih kak…, mungkin aku bisa kasih lihat gambar nya bagaimana menurut pendapat kakak hehe

  23. Nurul Taufiqi

    Assalamualaikum, kak saya Nurul Taufiqi. Kak..! Untuk portofolio itu kita disuruh ngapain ya..kak?. Saya minat di DKV ITB kak, saya dari Smk jurusan Multimedia. Kemungkinan lolos snmptn berapa besar ya kak..??. Kasih tips dong kak biar bisa lolos di jurusan ini..!! 🙂
    Makasih..

    • z-millah

      Waalaikumsalam, sebenernya ga ada yang tau kriteria pasti dari seleski snmptn sendiri. Tapi dari pengalaman2, kamu harus bisa maksimalin portofolio. Sekarang banyak kok yg udah share tips bikin portofolio seni rupa yang oke. Coba cari deh, dan banyakin referensi gambar suasana..

  24. Nova Adhelia

    kak buat masuk dkv tuh saingan nya banyak gak sih? Susah banget gak?

    • z-millah

      Diantara jurusan sendi rupa dan desain, dkv itu paling favorit. Jadi ya begitu lah. Susah atau engganya itu tergantung sama diri sendiri. Klo emang dia suka hal2 di bidang per dkv an, pasti enjoy2 aja..

  25. Annisa

    Kk mau nanya di dkv ad tugas menggambar manusia, & hewan (makhluk hidup) g?
    Saya pengen masuk dkv tapi dalam islam haram hukum nya menggambar makhluk yg bernyawa, jadi saya agak ragu kak, mohon penjelasannya

  26. Nadya

    Kak apakah tema portofolio untuk snm dan sbm.itu sama?

  27. Nee

    Kak, kakak udh lulus kan? Terus apa kaka sudah kerja , kalau sudah, kaka kerja dimana supaya saya bisa ada gambaran kedepannya. Soalnya org2 bnyak bilang dkv itu susah cari kerja dikarenakan ada aplikasi dll. Mohon dibalas ya kak…

    • z-millah

      Insyaallah tahun ini lulus. Aku sendiri udah kerja sambil kuliah, banyak temenku juga udah freelance. Sebenernya dkv itu luas. Tergantung fokus kamu di bagian mana. Desain grafis kah, multimedia kah, atau periklanan. Semua punya prospeknya masing2. Klo kmu memang unggul, biasanya tempat kerja malah yg nyariin kmu.

  28. Alfi

    Kak mau tanya misal ikut UM itu materi yg diujikan apa ajh, soalnya sama seperti soal nya SAINTEK kah?

  29. Mei

    Kira kira kamera yang bagus itu seperti apa ya kak?

    • z-millah

      Kamera itu tergantung fungsinya. Kmu butuhnya untuk apa. Karena kamera yg menurutku bagus belum tentu sesuai sama kamu. Dan tergantung budget juga wkwk
      Klo aku sendiri sih sony a7iii

  30. Mar

    Kak, perusahan yang kakak pilih2 itu boleh tau ndak? Mau buat referensi, bingung juga nyarinya gimna

    • z-millah

      Perusahaan apa? Untuk kerjaan kah? Sebenernya perusahaan di bidang dkv itu luas. Klo aku ada di bidang produksi (video dan foto). Jadi mungkin beda dengan ekspektasi kmu. Tapi coba cari studio2 yang cocok sama style dan cara kerja kmu..

      • Mar

        Oh ya kak mau tanya lgi. Kan klo di ITB msk fakultas dlu bru jurusannya. Nah klo misalnya ga diterima di dkvnya itu gimna selanjutnya? Hrs pilih jurusan lain atau gimna

        • z-millah

          Nanti bakal ada pilihan 12345 (urut sesuai dengan minat kmu) nah semasa TPB kmu bakal nemuin interes lain selain DKV, jadi kalau kmu ga bisa masuk ke DKV kmu tetep bisa di jurusan yg kmu minati.

  31. Inara

    Kak, saya sekarang SMK jurusan Teknologi Informasi (software engineering). Kalau ikut SNMPTN dan pilihannya FSRD – DKV di ITB itu bisa gak sih kak? Soalnya aku lihat di website LTMPT bahwa ITB hanya menerima lulusan SMK yang jurusannya berbau seni begitu. Atau itu untuk SBMPTN ya kak? Mohon pencerahannya.

    • z-millah

      Aku ada temen dia juga SMK tapi lupa jurusannya apa. Setauku sih klo daftar bisa bisa aja, tapi klo peluang keterima ku tidak tau. Klo sbmptn mah bebas yg penting ikut soshum dan portofolio

  32. Muhammad Dwi Ramadhan

    Assalamualaikum kak saya siswa SMA kelas 11 izin bertanya soal perkuliahan jurusan DKV soalnya aku masih blm paham banget tentang DKV sendiri (mohon dijawab yah kak🙏)

    1. Kalo jurusan DKV ITB itu SOSHUM / SAINTEK kak?

    2. Anak mipa bisa ikut SNMPTN jurusan DKV Itb tidak kak? 😭 Soal nya aku MIPA kak tapi ingin masuk dengan jalur SNMPTN…

    3. Kalo anak jurusan bahasa di SMA nya bisa ikut SNMPTN tidak?? Atau harus ikutan SBMPTN 🙏

    4. Kalo biaya UKT DKV itb yang kakak alami berapa kalo boleh tau?? Soalnya saya bukan dari keluarga yg mampu😭 apakah lebih dari 5 juta?

    5. Kak bagaimana saran kakak jika ingin masuk DKV itb tapi orang tua nggak ngijinin masuk jurusan DKV 😭 ingin anaknya di jurusan yang lain. Tapi aku hanya nyaman ketika menggambar kalo di jurusan lain nggak ada yg cocok😭
    Bagaimana pendapat kakak apakah harus ikut kemauan ortu atau tetep daftar DKV?

    6. Kak apakah di jurusan DKV ada beasiswa?

    7.. Kak kalo anak SMK jurusan akuntansi bisa ikut SNMPTN DKV itb tidak kak? Apakah harus ikut SBMPTN?

    mohon dijawab yah kak terimakasih 🙏😭

    • z-millah

      Waalaikumsalam,
      Soshum.
      Snmptn bisa dari ips ipa bahasa dan smk.
      Tapi jangan terlalu berharap besar ke snmptn, tetap latihan untuk sbmptn.
      UKT di itb dipatok sama rata untuk semua mahasiswa. Tapi tenang, kmu bisa ngajuin potongan ukt yang memungkinkan kmu ga bayar ukt kok. (Dan persyaratannya ga begitu ribet).
      Coba kamu jelain kenapa kamu mau dkv dan kenapa harus dkv, peluang kerjanya kayak apa di masa depan, dan kasih contoh karya2 buatan anak dkv. Karena pemikiran orang tua tentang jurusan kadang masih ‘kuno’ padahal teknologi selalu berkembang dan jurusan2 baru banyak bermunculan.
      Banyak beasiswa. Tergantung kmunya pinter cari engga.
      Setauku daftar sih bisa2 aja, tapi lolos atau engga, ga ada yg jamin. Tetep usaha aja.

  33. Muhammad Dwi Ramadhan

    Kak izin bertanya kalo DKV itb itu SAINTEK atau soshom??? Terus kalo anak ipa sama bahasa apakah bisa mengikuti SNMPTN??? Soalnya aku anak ipa ingin lulus dengan jalur SNMPTN di jurusan DKV itb….😭😭🙏

  34. Anca braelian

    Ka apa emang kalo masuk dkv harus laptop yg setara laptop gaming? Saya udah ada basic desain grafis vektor dari smp,dan sampe sekarang saya juga alhamdulilah freelancer vektor,tapi pngn masuk dkv sayang laptopnya harus gaming,pasti ortu saya gak sanggup

    • z-millah

      Itu semua hanya alat. Semua kembali ke diri kamu. Klo kmu bisa memaksimalkan yg kmu punya, itu akan lebih baik. Yg laptop gaming biasanya anak dkv multimedia (edit video, bikin animasi, game desain, dkk) tapi kalau dkv grafis laptop standar kuat2 aja kok

  35. Mahanda

    Assalamualaikum kak saya Anak SMK Jurusan Multimedia, saya ingin masuk DKV dengan beasiswa menggunakan kartu KIP kuliah, saya mau tanya bagaimana caranya bisa lolos pada beasiswa tersebut, saya harus masuk SNMPTN atau SBMPTN untuk bisa lolos beasiswa jurusan DKV? Terus jika sudah lulus kuliah saya ingin menjadi guru Produktif Multimedia….. apakah bisa? Atau memang harus bekerja di perusahaan yang terkait dengan jurusan tersebut?

    • z-millah

      Waalaikumsalam, kalau beasiswa setauku harus daftar dari sekolah dulu nanti ikutnya bidikmisi nah dari sana nanti kmu gunakan untuk daftar snmptn mauapun sbmptn, selengkapnya coba tanya ke guru BK.
      Klo udah pulus mau jadi apa mah terserah kmu. Itu jalan dan pilihan karir hidup kmu.

  36. Yeon

    Kalo mau masuk dkv smanya ipa atau ips kak? Kalo bisa semua, menurut kaka lebih baik ke ipa apa ips?

  37. Adriala

    Halo kak, mau tanyaa. nanti waktu penjurusan di fsrd itu ada tesnya lagi kah?

  38. amygdala

    kak, kalau masuk melalui mandiri ada ujiannya lagi + portfolio atau pake skor utbk ya? makasi

  39. syifa

    halo kak maaf aku mau nanya, aku mahasiswi tpb fsrd 20, aku pengen banget masuk dkv, kira2 minimal ipk untuk masuk ke dkv itu berapa ya? kebetulan nilai semester 1 baru keluar aku jadi agak takut hehe

  40. Charlotte G

    Sedikit cerita dulu ya, kak. Aku sempat tanya guru BK aku dari sekolah tentang jalur masuk SBMPTN khusus anak SMK ke PTN favorite. Katanya SMK itu lebih ke Soshum seperti IPS, tetapi dia sempat bilang jurusanku di SMK lebih ke teknologi (alias Saintek). Itu yang buat aku jadi bingung dan grogi bila salah ambil jenis UTBK, aku bisa aja gugur (tidak diterima).

    Untuk siswa SMK jurusan Multimedia yang pengen masuk FSRD ITB lewat SBMPTN, UTBKnya harus Soshum saja kah? atau harus ikut campuran seperti anak IPA?

    Mungkin kakak tahu pengalaman teman kakak yang lulusan SMK untuk masuk FSRD ITB lewat SBMPTN. Terima kasih, ka.

    • z-millah

      Sepertinya kamu belum terlalu paham apa yang dimaksud utbk soshum, saintek atau ipc. Tiap jurusan dan fakultas punya jalur masuk sesuai dengan bidangnya. Klo fsrd itb, masuknya ke soshum. Mau kmu dari ipa ips bahasa smk, tetep ujiannya soshum.

  41. Elle

    Halo kak, izin bertanya, aku tuh Sma jurusan IPA tapi ingin masuk DKV, apa nanti bisa di input ke semua perguruan atau hanya beberapa saja yg menerima anak IPA karna setau ku DKV itu Soshum, (hiks belum paham soal univ” juga sebenarnya) trus kak, untuk portofolio itu harus berwarna atau tidak? atau boleh hanya arsir saja? lalu aku anaknya ga terlalu kreatif.. bisa gambar hanya cara tradisional (ga bisa digital), harus ada objek (ga bisa mikir sendiri), juga ga bisa mewarnai.. menurut kakak bagaimana? minus banget ga? Terima kasih kak.

  42. Nadia Vransiska

    Kak, portofolio itu wajib gambar? Atau boleh buat video grafis?

  43. Fal

    Kak, DKV ini masuk soshum atau saintek?

  44. Haris Zaidan

    Kak, kalo untuk portofolio karya bebas bisa dalam bentuk digital ngga?

  45. Han Dul

    Kak, permisi nanya, buku referensi yg paling banyal dpakai / disarankn dosen, judul & pengarangnya apa?
    Terima kasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *