Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual/DKV Universitas Telkom Bandung (Anes)

Halo intipers. Perkenalkan namaku Maria Anes Rutgrahelya, biasa dipanggil Anes. Aku berkuliah jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV Universitas Telkom dengan peminatan atau konsentrasi Desain Grafis angkatan 2017. Kali ini aku akan membagikan pengalamanku selama berkuliah 6 semester, yuk simak pengalamanku.

Jurusan Desain Komunikasi Visual Telkom?

Jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang lebih akrab di sebut DKV, sering dikaitkan dengan Ilmu komunikasi dan Seni murni. Namun tentunya Desain Komunikasi Visual memiliki perbedaan dengan kedua cabang ilmu tersebut.

Pertama, Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyampaikan dan menyebarkan informasi melalui berbagai media dengan berbagai topik ataupun pokok bahasan. Topik atau pokok bahasannya bisa berupa ilmu sosial, politik, budaya, kesehatan dan lainnya yang ada di kehidupan kita sehari – hari, biasanya topik bahasan tersebut haruslah akurat, berdasarkan fakta dan terkini.

Berikutnya adalah Seni murni, merupakan ilmu untuk mengekspresikan ungkapan rasa, emosi, dan dasar pemikiran sebebas – bebasnya dan seluas – luasnya dalam bentuk karya sehingga umumnya karya tersebut lebih dipahami oleh sang seniman daripada orang awam.

Dari perkenalan dua cabang ilmu tersebut dapat diambil kesimpulan jurusan Desain Komunikasi Visual adalah cabang ilmu desain yang berusaha mengkomunikasikan topik yang ada di kehidupan sehari – hari melalui karya visual (tidak hanya dapat di dengar ataupun di rasakan). di Jurusan Desain Komunikasi Visual juga kita dituntut untuk membuat suatu karya namun tetap mengikuti aturan yang berlaku agar tetap bersifat akurat dan sesuai fakta tidak bisa seluas dan sebebas seni murni. di Jurusan ini pula kita belajar agar setiap orang yang melihat karya yang telah kita buat dapat memahami arti dan harus memiliki tujuan mengapa dibuat dan untuk siapa tidak hanya dipahami oleh diri kita sendiri.

Mata kuliah di jurusan DKV Universitas Telkom

Di awal sudah di jelaskan kilas apa itu Desain Komunikasi Visual. berikutnya kita akan mengetahui sedikit lebih dalam tentang jurusan ini. Yang akan di bahas selanjutnya adalah mata kuliah apa saja yang dipelajari di jurusan Desain Komunikasi Visual cukuplah luas, banyak yang berpendapat hanya belajar terbatas pada ilmu komunikasi dan dasar – dasar desain saja. Padahal ada berbagai cabang ilmu lain yang harus dipelajari terkait dengan menciptakan karya, bernegosiasi dan menjual karya, atau bagaimana agar karya dapat diterima masyarakat maupun bagaimana menepatkan diri agar karya yang dihasilkan dapat masuk ke berbagai perusahaan dan instansi.

Beberapa mata kuliah yang ada di jurusan Desain Komunikasi Visual antara lain : Nirmana, Estetika, Sejarah Desain, Budaya Nusantara, Branding, Manajemen Pemasaran, dan Kewirausahaan. Nama – nama mata kuliah tersebut adalah beberapa contoh mata kuliah yang dipelajari di kelas teori. Adapun mata kuliah praktek yang proses belajar mengajarnya di lakukan di studio seperti : Fotografi, Packaging, dan Grafika. Tujuan dari adanya mata kuliah praktek agar kita bisa merasakan, mengembangkan dan melatih proses penciptaan karya itu seperti apa. Jika ditanya mata kuliah favorit tentunya saya menyukai mata kuliah praktek, karena dengan berproses saya jadi lebih terbangun dan terbentuk bagaimana menghargai sebuah karya.

Konsentrasi di Jurusan DKV Universitas Telkom

Di berbagai kampus jurusan Desain Komunikasi Visual memiliki berbagai cabang konsentrasi atau peminatan, namun ada juga yang tidak menyediakan konsentrasi atau peminatan. Sebenarnya tujuan konsentrasi atau peminatan yang ada di Desain Komunikasi Visual lebih membantu pribadi mau mendefinisikan kita lebih condong ke bidang desain yang mana dan membantu saat akan mengerjakan tugas akhir (TA) atau skripsi berfokus pada bidang apa yang akan kita kerjakan nantinya. Di Universitas Telkom bandung sendiri jurusan Desain Komunikasi Visual memiliki empat peminatan, diantaranya yakni :

  1. Desain Grafis (DG)
    Disini kalian akan mempelajari bagaimana membuat karya yang seluruhnya tidak bergerak baik digital maupun manual. Contoh karyanya bisa meliputi : Ilustrasi, Poster. Logo. Packaging, Fotografi, hingga desain User Interface untuk aplikasi.
  2. Multimedia (MM)
    Disini kalian akan mempelajari bagaimana membuat karya yang seluruhnya menggunakan digital dan bergerak terkoneksi secara audio maupun visual. Contoh karyanya bisa meliputi : Animasi, Videografi, Perfilman, hingga desain game.
  3.  Advertising (AD)
    Secara garis besar peminatan ini memang terlihat mirip dengan peminatan yang ada pada jurusan komunikasi hanya saja lebih berfokus pada pembuatan iklan dan pendekatan pada client namun tetap menyisipkan unsur keindahan dan konsep yang  baru dan fresh di dalamnya.
  4.  Manajemen Desain (MD)
    Mempelajari desain dengan pendekatan lebih mendalam dengan keilmuan Manajemen dan Bisnis.

Pada akhirnya DKV tidaklah selalu berkaitan dengan seni ataupun komunikasi. Namun kita juga perlu membekali diri dengan cabang keilmuan lainnya. Hal yang perlu di catat, syarat utamanya bukan kamu paham seni tapi bagaimana kamu bisa menggambar. Bisa menggambar tidak harus menghasilkan gambar yang bagus. Hal terpenting adalah mau untuk selalu berproses dan belajar.

Tips kuliah

Sebelum kalian masuk ke jurusan ini alangkah baiknya mengulik dasar – dasar desain dan mengintip hal paling mendasar yakni apasih nirmana itu yang mana akan di rasakan di tahun pertama kuliah. Saranku:

  1. Perbanyaklah jaringan dan koneksi
    Siapa yang akan menyangka hanya sekedar kenal atau dari teman kita sendiri kita bisa mempelajari banyak hal baru, dan mana tahu di suatu hari nanti dia akan mengajak berkolaborasi membuat karya atau mengajak kita untuk berkembang bersama di perusahaannya.
  2. Mulai up to date dengan berita
    Berita apapun, karena itu yang akan menjadi bahasan ataupun topik yang bisa dijadikan inspirasi dalam membuat suatu karya.
  3. Tumbuhkan rasa ingin tahu dan mau terus belajar. 
    Belajar untuk terbuka dan membuka diri dengan berbagai ilmu pengetahuan yang ada sebagai bahan refrensi dan inspirasi. Namun ingat, lebih baik lagi jika kalian berfokus dahulu pada keilmuan desain. Jangan ragu bertanya pada senior, dosen atau orang yang kamu anggap lebih ahli dalam bidang desain. Kamu juga bisa mengembangkan dirimu dengan mengikuti kursus, pelatihan ataupun forum diskusi hingga seminar bahasan tentang desain.
  4. Mulai datang ke Pagelaran/Pameran.
    Dengan datang ke pameran kamu akan mendapat insight baru seperti penggayaan desain apa yang ada di suatu instansi atau seniman. Selain bisa mendapatkan inspirasi baru dan kenalan baru dengan rajin untuk tanya sana sini waktu pameran berlangsung.
  5. Mulai mencintai dirimu sendiri. 
    Kamu merasa terus berlatih namun tidak ada perkembangan terhadap karyamu? Sebelum kamu mencintai dan menghargai karyamu, mulailah dengan mencintai dirimu sendiri niscaya akan berbuah hasil. Tidak apa kamu merasa karyamu yang dulu tidak lebih baik dari sekarang. Berarti kamu telah berproses. Tapi kalau merasa kamu tidak pernah berkembang mungkin kamu harus belajar bagaimana mencipta karya dengan hati dan memunculkan emosi di dalamnya. Terkadang kita merasa tidak ada perkembangan, bisa jadi itu hanya perasaan yang muncul karena tidak percaya diri.

Prospek pekerjaan di jurusan DKV Universitas Telkom

Sampai sini sudah cukup banyak yang aku bahas tentang jurusan yang aku tekuni di kuliah yakni Desain Komunikasi Visual. Tapi bisa jadi kalian berpikir untuk apa masuk Desain Komunikasi Visual kalaupun tidak tahu ke depannya akan kemana. Tenang, untuk saat ini di era perkembangan teknologi yang semakin canggih.  Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan yang paling fleksibel untuk menentukan mau bekerja di bagian atau bidang apa. Aku akan menjabarkannya sesuai dengan peminatan yang ada di Universitas Telkom Bandung.

Bagi yang mengambil peminatan Desain Grafis kalian bisa menjadi Ilustrator, Fotografer bagian desain untuk majalah, percetakan, hingga desain untuk aplikasi. Bagi kalian yang mengambil peminatan multimedia bisa menjadi editor film dan video, pembuat motion graphic, sampai dengan menjadi pembuat game. Kalian yang mengambil peminatan Manajemen Desain bisa mengambil bagian di berbagai perusahaan menjadi social media manager, ataupun digital asistant content. Sedangkan yang terakhir Advertising bisa menjadikan opsi untuk mendaftarkan diri di berbagai perusahaan media seperti majalah, periklanan, televisi hingga radio. Yang jelas sebenarnya mau kalian kedepannya mengambil peminatan apa saja tidak menjadi batasan untuk mengambil contoh pekerjaan – pekerjaan yang sudah aku uraikan berdasarkan peminatan. Selama kalian memiliki kemampuan lebih di bidang lain kenapa tidak mencoba. Harapanku semoga kalian mengetahui betapa luasnya bidang pekerjaan yang bisa diambil dengan masuk di jurusan Desain Komunikasi Visual.

Harapan saya untuk kedepannya

Harapannya ketika aku lulus dari jurusan Desain Komunikasi Visual, aku tidak hanya membanggakan keluarga dan orang terdekat tapi bisa membanggakan masyarakat yang lebih luas lagi. Salah satu impianku adalah ikut tergabung dalam menyuarakan berbagai isu sosial dan bisa menyuarakan donasi dari isu tersebut melalui desain, Tidak hanya itu, aku berharap karya desainku kedepannya bisa di nikmati berbagai kalangan dan usia. Terutama bisa menjadi media pembelajaran bagi anak dan remaja.

Terimakasih untuk kalian semua yang sudah mau membaca cerita dan pengalamanku ini sebagai salah satu mahasiswi jurusan Desain Komunikasi Visual.

Kode Konten: X203

Komen dibawah! 1

  1. Review Jurusan & Pengalaman Kuliah > Pend. Seni Musik UPI (Hilmi)

    […] Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom Bandung (Anes) […]

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *