Ekonomi Islam, Universitas Airlangga

Ekonomi Islam Unair (Fetta)

Ekonomi Islam Unair (Fetta)

Halo sobat intipers! Aku Fetta Nabilatus Sa’adah dari Ekonomi Islam Unair angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Ekonomi Islam Unair?

Yang pertama prodi Ekonomi Islam Unair merupakan jurusan yang baru ada dari tahun 2008, jadi termasuk jurusan termuda di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ekonomi Islam Unair ini merupakan salah satu prodi terbaik di Indonesia larena sudah terakreditasi Interasional.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Ekonomi Islam?

Gaada alasan spesifik sih, FYI di Unair ada sdebuah acara yang namanya Airlangga Campus Expo yang diselenggarakan di Unair. Saat SMA aku ikut itu untuk memperebutkan golden ticket, jadi kita bisa langsung lolos di SNMPTN Unair gitu. Siapa sih yang gamau kan. Salah satu persyaratan ikut golden ticket itu submit pilihan pertama SNMPTN nya harus Unair. Sempet bingung juga mau milih prodi apa. Karena pengen di FEB akhirnya aku milih Ekonomi Islam Unair. Aku spontan aja dan ga cari tau jurusan ini tuh kayak gimana. Sebenarnya ini kurang baik, sebaiknya sebelum kalian milih jurusan kalian harus ketahui dulu jurusan tersebut seperti apa.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Ekonomi Islam?

Ada yang khas disini, kita belajar Bahasa Arab. Cukup struggling karena dasarnya aku juga bukan dari SMA jurusan keagamaan. Tapi alhamdulillah bisa dilalui. Untuk mata kuliah mungkin karena kita lebih ke teori maka gaada praktikum dan studi lapangan. Jadi kita lebih belajar ke muamalahnya, ini yang membedakan dengan ekonomi pembangunan dan ekonomi konvensional. Matkulnya seperti fiqih muamalah, manajemen pemasaran syariah, akuntansi manajemen keuangan syariah dan akuntansi syariah, lebih kompleks matkulnya.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Ekonomi Islam Unair?

Kalau diprodi aku ada 4. Ada teori keuangan dan investasi islam yang mempelajari gimana cara nveristasi secara islam, selanjutnya ada manajemen strategi syariah dimana mempelajari gimana mengelola perushaan islami, lalu ada akuntansi syariah, serta teori ekonomi islam yang mempelajari gimana lebih dalamnya tentang ekonomi islam.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuk hampir sama kayak universitas lain ya, khususnya PTN. Ada SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Ada juga golden ticket tapi setiap tahun berubah-ubah peraturannya. Tahun aku itu golden ticketnya untuk hafidz quran, mantan ketua osis dan siswa yang punya sertifikat nasional atau internasional.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Untuk para maba, prodi ini selain kita belajar ekonomi islam, kita juga belajar membandingkannya dengan ekonomi konvensional dan pembangunan. Untuk dosen-dosennya kompeten dibidangnya. Sangat worth it untuk kalian join dijurusan ini. Tetap semangat, semoga ada kabar baik bagi kalian yang ikut SBMPTN atau Mandiri.

Untuk maba yang sudah diterima di Ekonomi islam Unair, semoga betah di keluarga ekonomi islam, karena kating sangat welcome ke adik-adik tingkat. Jangan segan kalau mau tanya apapun.

Prospek kerja dan alumni jurusan Ekonomi Islam Unair seperti apa?

Untuk lapangan kerja luas sekali, setau aku banyak alumni yang kerja di OJK, Bank Indonesia, perbankan lain kayak BSI dan lain sebagainya, ada juga yang kerja di lembaga keuangan sosial lainnya. Banyak juga yang berwirausaha, membuka usaha yang aku liat konsepnya bagus untuk kalangan fresh graduate.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Untuk saat ini aku berencana dan berharap lanjut kuliah lagi setelah lulus nanti, karena aku ingin menjadi dosen. Tapi kalau misal ga direstui untuk lanjut S2 mungkin aku akan lanjut cari kerja dulu di perusahaan, bank ataupun start-up.

Kode konten: C952

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.