Ekonomi Islam, Universitas Diponegoro

Ekonomi Islam Undip (Iqbal)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Ikbal Adiyaswara dari Ekonomi Islam Undip angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Ekonomi Islam Undip?

Program studi ekonomi islam secara garis besar mempelajari ekonomi makro dan mikro berdasarkan prinsip syariah, yaitu Al-Quran dan hadits. Mungkin ada asumsi kalau prodi ini pasti hanya membahas keuangan islam ataupun yang ranahnya syariah, tapi sebenernya nanti setelah lulus kita gacuma kerja di perbankan syariah aja. Kita bisa juga bekerja di pemerintahan, BUMN, FMCG, konsultan bahkan e-commerce maupun start up. Yang dipelajari disini gacuma analisis makro mikronya ekonomi secara islam, kita juga belajar akuntansi, manajemen keuangan, manajemen bisnis juga. Konsentrasi diprodi ekonomi islam Undip ada 3 yairu manajemen syariah, akuntansi syariah dan ekonomi islam itu sendiri.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Ekonomi Islam?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Sebenernya jurusan ini bukan pilihan pertamaku. Aku pribadi ngejar jurusan akuntansi. Qadarullah ditolak oleh akuntansi, nah cadangan aku adalah jurusan ekonomi islam karena aku liat prospek kerjanya berkembang pesat. Kalo kita liat di perbankan baru-baru ini ada merger kan bank ekonomi syariahnya. Kalo kita liat juga islam merupakan agama nomor 1 dengan pemeluk terbanyak di Indonesia. Dengan pertimbangan itu aku masuk ke ekonomi islam.

Apa mata kuliah khas yang ada di Ekonomi Islam?

Untuk mata kuliah sendiri banyak mata kuliah yang hanya dipelajari dijurusan ekonomi islam seperti manajemen keuangan islam, fiqih muamalah dan lainnya. Yang paling aku suka itu fiqih muamalah dimana kita ngebahas transaksi sesuai syariah islam, misal kita belajar produk dari keuangan syariah kayak akad mudorobah lalu bagi hasil perbankan syariah yang dibandingkan dengan produk keuangan konvensional.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Ekonomi Islam Undip?

Konsentrasi dijurusan ini ada 3 yaitu manajemen syariah, akuntansi syariah dan ekonomi islam itu sendiri.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Aku cerita sedikit ya, ditahun 2021 itu jalurnya cukup banyak ada SNMPTN, SBUB (seleksi bibit unggul), SBMPTN, Ujian mandiri gelombang 1 dan 2 dan kalau kuota belum terpenuhi ada ujian mandiri gelombang 3. Untuk tahun ini gelombang 1 ujian mandiri belum dibuka, mungkin setelah selesai UTBK nanti langsung akan dibuka.

Adakah tips untuk calon mahasiswa baru Ekonomi Islam Undip?

Untuk tipsnya jika kalian dari awal mau masuk teknik sipil, kalian harus mempelajari tentang perhitungan dasar seperti matematika, karena nanti dibutuhkan di matematika teknik yang mata kuliahnya berada disemester awal. Jangan takut masuk prodi teknik sipil karena teknik sipil ini prodi yang gaterlalu ribet dan cukup santai, juga prospek kerjanya sangat luas.

Prospek kerja dan alumni jurusan Ekonomi Islam seperti apa?

Sedikit tips untuk para maba, enjoy your process. Nikmati prosensya. Memang umumnya dosen kan beda-beda karakter, ada yang friendly, ada yang killer. But don’t afraid. Susun targetmu, enjoy, ikuti alurnya, ikuti atmosfirnya. Jangan lupa kolaborasi dengan senior dan civitas dan akademika yang ada di Undip.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Setelah lulus, aku berencana langsung terjun didunia kerja. Aku berharap bisa bekerja di bank syariah, tapi kita kan gapermah tau rencana apa yang terbaik untuk diri kita. Intinya semua potensi harus aku dobrak untuk mengetahui pintu rezeki mana yang sudah ditakdirkan untuk aku.

Aku sebenernya juga tertarik lanjut S2 mengambil jurusan manajemen ekonomi syariah, tapi akuingin cari suasana kampus baru, tidak di Undip lagi. Supaya bisa berada di lingkungan baru dan bisa belajar hal baru juga.

Kode konten: C944

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.