Ekonomi Syariah, Universitas Brawijaya

Ekonomi Islam Universitas Brawijaya (Dzuliyati)

Ekonomi Islam Universitas Brawijaya (Dzuliyati)

Halo sobat intipers! Aku Dzuliyati Kadji dari jurusan Ekonomi Islam Universitas  Brawijaya. Aku angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Ekonomi Islam Universitas  Brawijaya seperti apa?

Ekonomi islam itu prodi yang terakreditasi A dan merupakan salah satu pelopor juga ya dan sudah menghasilkan alumni yang luar biasa. Mungkin temen-temen mengira kalau jurusan ini cuma pelajaran agama aja, fiqih, dll. Sebenernya gak gitu ya kan namanya juga jurusan Ekonomi dan berada di bawah jurusan Ekonomi. Ekonomi islam ini belajar tentang ekonomi makro, ekonomi mikro, ekonomi internasional, ekonomi publik, ekonomi pembangunan. Jadi kita berpikir sebagai seorang ekonom, bedanya kita punya sudut pandang yang lain dari ilmu-iilmu islam.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ekonomi Islam Universitas  Brawijaya ?

Alasannya pilih prodi ini karena dulu pas pemilihan memang cari peluang. Cari-cari jurusan yang sesuai sama minat aku dan berpeluang terus lihat akreditasinya juga bagus A. Dulu aku sekolahnya di sekolah agama islam, jadi aku dapat pelajaran agama juga jadi biar kepak pelajaran pas sekolah dan sejalan juga jadi pilih jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Ekonomi Islam Universitas  Brawijaya ?

Ekonomi islam ada di bawah naungan Fakultas Ekonomi Bisnis. Tentunya temen-temen akan bertemu dengan mata kuliah yang berbau IPS seperti pengantar akuntansi, ekonomi, manajemen, matematika ekonomi dan bisnis. Di kelas tentunya kita banyak diskusi tentang isu ekonomi dengan pandangan sudut pandang islam untuk melihat solusinya. Sebenernya kita lebih membicarakan solusi atau perspektif ekonomi islam dalam melihat permasalahan ekonomi.

Ini subjektif ya tapi menurutku yang paling susah itu mata kuliah Ekonometrika. Berhubung sekarang online, jadi harus lebih fokus apalagi mata kuliah ini cenderung praktik. Jadi harus bisa pinter-pinter nyuri start duluan untuk memahami materi jadi yang bingung itu bisa ditanyain di kelas. Kalau mata kuliah yang paling berkesan itu Kewirausahaan karena diajarkan oleh praktisi seorang pebisnis jadi gak cuma sekedar teori jadi dijelaskan langsung kendala di lapangan.

pmb2-min

Apa saja konsentrasi jurusan ini?

Ada dan bisa dipilih di semester 4, kalau mata kuliah pilihan itu ada ekonomi politik islam, koperasi islam, keuangan publik islam, aplikasi komputer dan perbankan islam, keuangan internasional, manajemen investasi juga. Ada kewirausahaan juga dan itu jadi mata kuliah yang aku minati juga.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Aku keterima lewat jalur SBMPTN, di pilihan kedua. Kalau jalur masuk di Universitas Brawijaya bisa lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan mandiri. Kalau info jalur mandiri bisa dilihat di selma.ub.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Sebelum tips, aku mau cerita sedikit suka duka selama kuliah. Sejauh ini sukanya itu banyak, karena aku juga  ikut organisasi yang sesuai sama prodi yang aku  ambil. Jadi aku bisa dapat lebih banyak ilmu lewat diskusi dan  lomba-lomba yang diikuti. Jadi banyak kesempatan yang terbuka lebar di kampus. Lalu, lingkungannya juga suportif, suka dapat bimbingan juga dari kating. Jadi ya bersyukur. Kalau dukanya ya mungkin sama kaya yang lain, pas tugas numpuk waktu istirahat harus dikorbankan, tapi masih gak terlalu banyak. Terus karena aku rantau jadi kadang suka kangen rumah, tapi karena sekarang lagi online jadi gak punya temen belajar, kalau diskusi via online pun terbatas.

Tipsnya, nikmati aja karena ketika menerima tantangan kalian bisa lebih kuat, lebih sabar, lebih tangguh. Dari tugas-tugas yang ada kalau dikerjain dengan bener, insya allah semuanya bermanfaat. Tinggal kita melihat itu dari sudut pandang dan memanfaatkan semua yang diberikan sama dosen. Jangan malu juga ya untuk bertanya.

Kalau untuk calon maba, coba deh banyak-banyak cari informasi. Pertama disesuaikan sam potensi, minat bakat biar bisa all out dan gak pindah di tengah jalan. Cari alasan yang kuat kenapa mau pilih jurusan tertentu. Penting banget untuk lihat potensi, kalau aku lihat potensi keuangan syariah yang mulai naik. Biar kita bisa mengisi bidang itu dan bermanfaat di bidang masing-masing. Digali potensinya, disesuaikan, dicari apa yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat juga pastinya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Dulu orang-orang mungkin beropini lulusan prodi ini akan kerja di bank syariah aja. Kalau sekarang, ekonomi keuangan syarriah udah mulai marak jadi udah banyak peluang juga. Temen-temen yang suka menyalurkan idenya untuk kebijakan-kebijakan, bisa di BI karena ada dewan ekonomi dan keuangan syariah. Baru-baru ini juga ada komite nasional keuangan Syariah. Banyak sebenernya dan gak cuma terbatas di ekonomi syariah. Banyak alumni yang kerja di start up. Peluang itu banyak tinggal kitanya sendiri mau terjun ke mana, disesuaikan dengan potensi dan minat.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan dan rencana ke depannya?

Pengen lanjut studi S2 di luar, cari pengalaman baru di sana, bisa makin jauh merantaunya juga karena semakin memperlebar zona nyaman. Terus, pengen juga buka yayasan pendidikan yang bisa bermanfaat untuk orang-orang yang kurang mampu. Pengen juga jadi konsultan keuangan, jadi aku mau ambil sertifikasi Financial advisor.

Q&A

Kak susah gak ekonomi islam?

Insya Allah gak susah kalau temen-temen mau belajar. Kaya klasik banget tapi beneran. Temen-temen ku juga banyak yang dari SMA, awalnya pasti bingung dan stres tapi mereka berjuang untuk nanya ke temen-temen yang lebih tahu. Apapun yang kita pilih harus diperjuangkan dan dipertanggungjawabkan.

Kode konten: C207

Komen dibawah! 6

  1. Faza Wiukti

    Assalamualaikum kak, mau tanya, aku dari SMA dan pengen ngambil ekonomi Islam UB juga. Kira² prodi ini cocok nggak kak sama yang introvert? Terus boleh tau kak kelebihan & kekurangan berkuliah prodi ekonomi Islam? Terimakasih kakk

    • Dzuliyati Kadji

      Halo, Faza!
      Sangat bisa. Teman-temanku juga banyak yg introbertku. Silakan menjadi versi terbaik dari diri kamu?
      Kelebihannya, kita belajar ekonomi pada umumnya juga, jadi kita bisa dapet dua sudut pandang, sehingga lebih luas dalam memandang dan menyikapi suatu permasalahan sebagai seorang ekonom.
      Semangat!!

  2. anonim

    kak apa kalau ekonomi syariah harus berhijab?

  3. Syafik

    Izin tanya kak, lingkungan di malang, khususnya brawijaya itu islami ga kak?

  4. Salsabila Utami

    Kak apa kalau masuk ekonomi islam wajib berjilbab?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *