Ekonomi, Universitas Brawijaya

Ekonomi Keuangan dan Perbankan Universitas Brawijaya (Yulia)

Ekonomi Keuangan dan Perbankan Universitas Brawijaya (Yulia)

Halo sobat intipers! Aku Yulia Kusuma Wardani Putri dari Ekonomi Keuangan dan Perbankan Universitas Brawijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ekonomi Keuangan dan Perbankan Universitas Brawijaya seperti apa?

Ekonomi, keuangan dan perbankan itu prodi dari jurusan ilmu ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ilmu ekonomi garis besarnya mempelajari pereknomian, tentang gimana kita mengelola keuangan dengan baik, karena prodi aku perbankan lebih fokusnya ke masalah ekonomi lembaga keuangannya baik perbankan maupun non bank. Tapi selain mempelajari lembaga keuangan, biasanya belajar investasi, pasar modal, kebijakan.

Biasanya untuk anak SMA itu mikirnya ekonomi berkaitan dengan keuangan, hitung-hitungan, ada yang menghindari matematik, menghindari ekonomi karena perhitungannya yang sistematis, tapi sebenarnya di fakultas ekonomi ga semua berkaitan tentang perhitungan kecuali akuntansi, di perbankan inis elama aku kuliah dari semster 1-6, hitung-hitungan itu cuman semestser 1-3, akuntansinya dasar-dasar, selang beberapa semester teorinya, gimana kita ke kebijakan pemerintahnya, mengelola dana investasi, jadi mitosnya menghindari ekonomi karena hitung-hitungan tapi sebenarnya ga kaya gitu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ekonomi Keuangan dan Perbankan Universitas Brawijaya?

Aku dari SMA udah masuk jurusan IPS. Jadi aku tertarik dengan mata pelajaran lembaga keuangan, ada asuransi, dana pensiun, dan perbankan. Aku tertariknya lebih ke perbankan karena masyarakat lebih tau secara umum, tujuan dan fungsinya di masyarakat untuk apa. Aku sering juga liat realisasinya di perbankan jadi tertarik ingin bekerja di bank. Lewat prodi perbankan di UB ini, aku jadi tau gimana prospek kerjanya, lebih detail.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Emang yang harus di pahami temen-temen yang mau masuk di perbankan salah satunya harus paham pengantar ekonomi. Mata kuliah dasar mulai semester 1, karena berkaitan dengan segala pengertian ekonomi. Mulai dari ekonomi itu sendiri, kalo kita udah tau, kita bakal tau ekonomi secara makro. Kalo kita udah ada di semster 4,5,6 dosesn udah mengharuskan kita punya judul untuk skripsi. Salah satunya kita diajarkan di semester 4 ada metodelogi penelitian. Kita diajarkan bagaimana cara membuat proposal yang baik.

Jadi kalo tuga secara umumnya nulis skripsi, makalah dari semster 1, terus ada ekonomet salah satu mata kuliah khas yang juga harus di pahami, karena dalam penelitian kita pasti butuh ekonomet. Kalo aku dari semester 1-6 memang ekonometrika, ada dua ekonometrika 1 sama 2, ekonometrika 1 itu pas di semester 4, karena masih awal, jadi masih awam, tapi waktu semester 5, belajar ekomomet 2, banyak belajar, ternyata ekonomet ini sangat berpengaruh pada mata kuliah lainnya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ilmu ekonomi ini prodinya ada 3, pertama ekonomi keuangan dan perbankan, kedua ekonomi pembangunan, sama ekonomi islam. Untuk ekonomi keuangan dan perbankan dan ekonomi islam ga ada konsetrasinya, kalo ekonomi pembangunan ada 3 konsetrasi yang bisa di ambil semester 3, ada perencanaan pembangunana, sumber daya, sama keuangan daerah. Waktu pendafataran langsung milih prodi.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN atau jalur undangan bisa dapat info dari phak sekolah masing-masing, terusa da jalur SBMPTN kaya aku jalur tulis pilih program studi dan univ yang dipengen, kalo penegn tau info SBMPTN UB bisa cari instagram Info UB, itu sering update, sama yang terakhir ada jalur mandiri, infonya ada di info UB sama BEM. Aku punya chanel youtube tentang jalur mandiri, setiap tahun kebiajakn Universitas beda-beda, pas tahun aku harus tes kaya SBMPTN, tahun kemarin dan sekarang pakai nilai UTBK pas ikut SBMPTN, jadi bisa ikut jalur mandiri tanpa tes kalo udah ada nilai UTBK. Untuk fakultas ekonomi daya tampungnya sekitar 2.000an, kalo di perbankan itu 245an.

Ada tips buat mahasiswa baru Ekonomi Keuangan dan Perbankan Universitas Brawijaya?

Karena temen-temen yang baru kuliah semester 1, masih dapat mata kuliah dasar, udah males karena udah di pelajarin pas SMA tapi lebih dalem, tipsku buat temen-temen yang niat kuliah dan cari kerja, lebih di manfaatkan waktunya, karena sekarang aku semester 6 ga kerasa banget, baru kemarin masuk dan sekarang udah mau skripsian, terus juga masalah IPK, IPK bukan salah satu pilihan semasa kita kerja nanti, tapi semisal mata kuliah nilainya B+, kalo aku nilai males dan dapet B, jadi sayang banget kalo menyianyiakan. Terus pengalaman organisasi supaya relasinya juga banyak.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Paling banyak di perbankan baik syariah maupun ga, lulusan konvensional kaya aku bisa juga kerja di syariah, ada yang jadi dosen, wirausaha, dan asuransi. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan aku sekarang pengen magang, pengen lulus nya normal, terus penegen dapat IPK memuaskan, terus kerja di perbankan, dan dari sekarang aku udah cari info-info di perbankan.

Q&A

  • Apa sih perbedaan prodi ekonomi, keuangan dan perbankan dengan prodi ilmu ekonomi atau ekonomi pembangunan?

Jawaban: Jadi ilmu ekonomi jurusannya, dan dibagi lagi jadi ekonomi perbankan, ekonomi islam sama ekonomi pembangunan. Ekonomi perbankan mempelajari lembaga keuangan khususnya perbankan mau syariah ataupun konvensional, tapi syariah ini lebih secara umum aja, kalo konvensional lebih mendalam, di perbankan juga kita ga hanya mempelajari perbankan aja tapi lembaga keuangan lainnya, juga kalo udah semester 3 ke atas akan mempelajari investasi di pasar modal, reksadana, saham. Kalo ekonomi pembangunan, konsentrasinya lebih pada perencanaan ekonomi, jadi lebih ke teori kualitatif dari pada perbankan itu sendiri karena di pembangunan ada konsentrasi juga yang bisa dipilih.

Kode konten: C559

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *