Ekonomi, IPB University

Ekonomi Pembangunan IPB University (Vina)

Ekonomi Pembangunan IPB University (Vina)

Halo sobat intipers! Aku Vina Pandini dari Ekonomi Pembangunan IPB University angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ekonomi Pembangunan IPB University itu seperti apa?

Fokusnya adalah pembangunan, tapi pembangunan di sini bagaiaman membuat instrumen ekonomi menjadi akselerator untuk pembangunan suatu wilayah atau negara khususnya Indonesia, bagaimana sistemnya, kebijakan pemerintah, kemudian keunggulan negara, keuangan dan lainnya sebagai askselerator pembangunan negara. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ekonomi Pembangunan IPB University?

Jadi dulu aku sempet bingung, dulu aku IPA tapi pikirannya cenderung ke IPS, aku suka sama yang berbau-bau sosial, dulu sempet mikir gimana ya caranya aku yang basisnya IPA tapi masuk ke jurusan yang basisnya IPS, waktu itu aku berharap lebih di SNMPTN, akhirnya aku daftar di IPB dan ngambil ekonomi pembangunan, aku merasa kayanya ekonomi menarik, karena subjek ekonomi kan di semua lini kehidupan, misalkan di pendidikan, kesehatan, ekkonomi berperan penting, apalagi pembangunan suatu negara.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jadi sistem di IPB itu pertama kali masuk ke PPKU atau Program Pendidikan Kompetisi Umum, karena kita itu institut jadi ada penyetaraan dulu, kalo temen-temen di IPB ada TPB. Di PPKU semester 1 dan 2 kita belajar tentang SMA kelas 4, aku belajar fisika, matematika, biologi, tapi itu disesuaikan sama basis temen-temen, sedangkan kalo basisnya soshum belajar matematika, fisika, kimia, biologinya tanpa praktikum. Kalo saintek ada praktikumnya.

Waktu PPKU juga ada mata kuliah ekonomi umum. Mungkin kalo temen-temen kurikulum 2020 namanya ekonomi dasar, ini sama kaya ekonomi pada umumnya, di combine antara ekonomi mikro dan makro. Masuk semster 3 ada dasar ekonomi, ada mikro 1 dan makro 1.Mikro 1 kita belajar keseimbangan permintaan penawaran, pelaku ekonomi. Misalkan kita sebagai konsumen jadi rumah tangga, ada perusahaan sebagai produsen dan pemerintah sebagai fasilitator. Di makro ekonomi kita belajar tentang bank, uang, investasi dan lainnya juga pendapatan negara yang komponennya ada konsumsi, investasi, transpor. Ada juga mata kuliah ekonomi pembangunan, kita belajar kemiskinan, ketimpangan, kesejahteraan, dan lain sebagainnya.

pmb2-min

Terus ada satu fun fact, departemen dan fakultas aku sekarang lagi ulang tahun ke 20. Kemarin kita dapat prestasi yang membanggakan, kalo major of economics peringkat 401-440 QS World, yang artinya kita peringkat 3 nasional di bawah UI sama UGM.

Di semester selanjutnya ada bank dan keuangan, akuntansi keuangan, ekonomi koperasi, ekonomi Indonsesia, sistem ekonomi, ekonomi politik, ekonomi ketenagakerjaan dll. Pokoknya mata kuliahnya ga jauh dari basis ekonomi. Aku juga belajar tentang statistika, karena kita punya mata kuliah ekonometrika, dimana kita pakai beberap aplikasi juga. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada konsentrasi, tapi untuk skripsi, ada  3, pertama ada moneter lembaga bank dan keuangan lainnya, fokusnya membahas investasi, bank, kebijakan-kebijakan moneter yang dilakukan oleh pemerintah oleh BI khususnya, terus ada konsentrasi perdagangan, pembangunan, dan industri, ini fokus terhadap perdagangan internasional, niai tambah dan lainnya, terus yang terakhir ada regional, fokusnya mencakup kedua di atas, cuma ini di batasi, misalkan provinsi Jawa Barat, atau untuk daerah apa, membahas UMR, kemiskinan, pembangunan. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, UTBK atau SBMPTN, dan UTMI atau Ujian Talenta Mandiri IPB, nah ada banyak jalur masuknya, ada jalur ketua OSIS, jalur prestasi nasional dan internasional, jalur ujian mandiri, jalur beasiswa utusan daerah biasanya ini dari Indonesia barat dan kalimantan, ada afirmasi dari Indonesia Timur, terus ada kelas internasional tapi untuk prodi aku belum ada. Informasi lebih lanjut bisa di akses di instagram @ipbofficial atau melalui website admisi.ipb.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Ekonomi Pembangunan IPB University?

Ada fun fact lagi ya, aku kan misalkan masuk 2018, kita sbeutnya bukan angkatan 18 tapi sesuai dengan dies natalis aku masuk ke 55, jadi angkatan ke 55, berarti 2019 56, 2020 ke 57. Tips untuk 57 yang masuk di PPKU, kalian daring, aku belum pernah bersapa, mereka sudah masuk unit, harus semangat, ini jadi tantangan, apalagi untuk 2020 kurikulumnya berubah, kan ada klaster, klasternya ada 7 P, Q, R, S, T, U, V nah yang R S itu basis soshum, dan sisanya saintek, tapi kalo sekarang langsung di bagi soshum dan saintek, mata kuliahnya tu beda banget, aku ngerasa bangga banget sama 57 karena udah melewati itu.

Tips dari aku, pertama fokus dulu di PPKU, karena temen-temen banyak meraih IP dan IPK. Harus aktif tentang perekonomian, kebanyakan dosen kami profesor dan sering mempertanyakan gimana kabarnya ekonomi indonesia saat ini. Ketiga harus sering ikut kajian apalagi yang ada di himpunan. Terus yang terakhir semangat, sebentar lagi masuk ke departemen dan semoga bisa segera ke kampus dan offline.

kegiatan seminar Hipotesa FEM IPB

kegiatan seminar Hipotesa FEM IPB

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Secara garis besar prospek kerja ke hal-hal yang berbau ekonomi, maksudnya kaya tidak bisa dipungkiri ingin bekerja dengan prospek kerja yang kita geluti sekarang, alumni kebanyakan di kementerian ekonomi, pariwisata, di PPN atau Bapenas, di kementrian perdagangan dll, terus di bank sendiri udah jelas pasti pengen ke Bank Indonesia, di BUMN ada BNI, BRI, Mandiri dan lainnya, di BUMD ada di bank BJB, kemudian di swasta bank BCA, temen-temen bisa jadi dosen atau tenaga pengajar kalo mengambil magister, kemudian lembaga keuangan seperti asuransi dan lainnya, dinas daerah di Bapeda dan lainnya, wartawan untuk warta ekonomi, dll, masih banyak karena ekonomi ini pekerjaan sejuta umat.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengen S2, cuman lihat kondisi sekarang, lebih seru untuk kerja, aku sekarang fokusnya di Bapenas atau PPN karena kebijakan pembangunan ada di kementrian tersebut, aku pengen jadi orang yang juga bisa merumuskan kebijakan di situ, bisa ikut kontribusi bagi pembangunan Indonesia.

Kode konten: C412

Komen dibawah! 3

  1. Shabrina

    Kak aku jurusan ipa, masih bingung bangett mau milih jurusan apa. Aku minat sama pelajaran yg berhubungan matematika perhitungan gini tapi aku ga bisa bahasa Inggris:(( apakah aku bisa ya kak masuk ekonomi pembangunan? Dan apakah ekonomi pembangunan banyak perhitungan nya apa malah banyak hafalan nya?

    • vinapandini

      Halo Shabrina, maaf baru aku balas yaa.
      Ekonomi Pembangunan bakal cocok banget buat kamu yang suka matematika, kalo di IPB sendiri nanti akan ada banyak hal-hal yang bersifat kuantitatif, tapi di seling juga sama teori-hafalannya. Nanti logika berpikirnya bakal terlatih sendiri kok, soalnya teorinya banyak yang relevan sama perhitungan kuantitatifnya. Buat masalah bahasa inggris, itu bisa di pelajari otodidak kalau kamu memang tertarik dan mau belajar. Semangat ya Shabrina, semoga jawaban ini membantu^^

  2. rani

    Halo kak, aku mau tanya. Apa sih bedanya ekonomi pembangunan di IPB sama universitas lain? soalnya kan untuk UTBK kalo di IPB tuh saintek sedangkan kalo di universitas lain ekonomi pembangunan masuknya soshum. Thank you:))

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *