Ekonomi, Universitas Muhammadiyah

Ekonomi Pembangunan UMM (Azizah)

Ekonomi Pembangunan UMM (Azizah)

Assallammuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hai Intipers ! Perkenalkan saya Nur Azizah salah satu mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan UMM /  Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2018. Simak pengalaman kuliah saya ya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa sih yang dipelajari di jurusan Ekonomi Pembangunan UMM?

Sesuai namanya, Ekonomi Pembangunan adalah salah satu jurusan yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi. Tapi, kadang banyak yang mengira bahwa jurusan ini kalah dengan jurusan Akuntansi dan Manajemen. Eitsss, tunggu dulu. Jurusan ekonomi pembangunan lebih banyak mempelajari semua ilmu ekonomi seperti perbankan, bisnis, dan juga perencanaan pembangunan. Secara garis besar, jurusan ekonomi pembangunan membahas dua variabel yaitu makroekonomi dan mikroekonomi, membahas tentang perekonomian global suatu Negara dan juga mempelajari tentang strategi bisnis.

Slide5

Apa bedanya dengan jurusan Manajemen dan Akuntansi?

Jurusan Ekonomi Pembangunan mempelajari semua mata kuliah yang berhubungan dengan ekonomi. Di jurusan Ekonomi Pembangunan juga mempelajari apa yang dipelajari di jurusan Manajemen dan Akuntansi, seperti mata kuliah Pengantar Akuntansi yang mempelajari tentang dasar-dasar Akuntansi. Selain itu, di jurusan Ekonomi Pembangunan juga mempelajari apa yang di pelajari di jurusan Manajemen seperti Manajemen Keuangan. Berbeda dengan jurusan Akuntansi dan juga Manajemen yang mana lebih banyak mempelajari bagaimana perusahaan bisa berjalan dengan lancar dan lebih mengarah pada perkantoran, sedangkan di jurusan Ekonomi Pembangunan lebih banyak mempelajari  tentang bagaimana mengatasi permasalahan perekonomian di suatu Negara.

Mata kuliah jurusan Ekonomi Pembangunan UMM dan Dosen Favorit?

Jurusan Ekonomi Pembangunan tentunya memiliki banyak sekali mata kuliah yang berkaitan dengan perekonomian. Secara garis besar, ada dua mata kuliah yang di pelajari yaitu Makroekonomi dan Mikroekonomi. Selain itu, ada juga mata kuliah yang membahas perekonomian di suatu Negara seperti Ekonomi Internasional dan Perekonomian Indonesia.

Tidak hanya itu, di jurusan ini juga mempelajari bagaimana kita bisa memanajemen suatu perusahaan, mata kuliah yang diajarkan seperti Manajemen Keuangan. Jurusan Ekonomi Pembangunan tidak hanya menghitung saja, tetapi juga diajarkan bagaimana kita bisa memecahkan suatu permasalahan terkait dengan perekonomian. Selain mempelajari terkait dengan masalah perekonomian, jurusan Ekonomi Pembangunan juga mempelajari dunia perbankan, yang mana ada pada mata kuliah Keuangan Internasional, Ekonomi Moneter, Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank, dan masih banyak lagi.

Di jurusan Ekonomi Pembangunan UMM ada juga praktikum yang mana seperti praktikum Ekonomi Sumber Daya Manusia (ESDM), disitu kita diajarkan seolah-olah terjun langsung menghitung Indeks Pembangunan Manusia serta Produktivitas dan Elastisitas Kesempatan Kerja suatu daerah.

Konsentrasi Jurusan Ekonomi Pembangunan UMM

Jurusan Ekonomi Pembangunan UMM memiliki dua konsentrasi yaitu Perencanaan Pembangunan dan Industri Keuangan serta Perbankan. Kedua konsentrasi tersebut telah diakui oleh Badan Nasional dan Sertifikasi Profesi (BNSP). Jadi di jurusan Ekonomi Pembangunan tidak hanya fokus pada salah satu saja, tetapi kita bisa memilih konsentrasi mana yang sesuai dengan kemampuan kita dan bisa mengantar kita ke dunia kerja nanti.

Lulus bebas skripsi atau lulus 3,5 tahun?

Lulus 3,5 tahun atau lulus tepat waktu adalah impian semua mahasiswa. Namun semua itu harus di dasari dengan usaha yang kuat. Di jurusan ini mendorong mahasiswanya bisa lulus tepat waktu 4 tahun atau lebih cepat 3,5 tahun. Saat ini lulus tanpa skripsi juga bisa. Asalkan kita mampu untuk berusaha dan didampingi dengan kemampuan kita yang lain. Seperti mengikuti perlombaan di tingkat internasional dan mendapat juara tentunya. Selain itu, jika kita mempunyai hobby menulis kita juga bisa banget lulus tanpa skripsi! Dengan syarat tulisan kita di publikasikan di jurnal yang sudah tersertifikasi.

Banyak sekali mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan yang lulus 3,5 tahun dan mendapat nilai yang sangat baik dan memuaskan. Jurusan ini memfasilitasi setiap mahasiswanya untuk berkomunikasi dengan dosen pembimbing akademik. Agar setiap mahasiswa mampu bersikap terbuka dengan segala yang dihadapi yang berkaitan dengan mata kuliah dan mengenai informasi kampus.

Apa aja beasiswa yang ada di Jurusan Ekonomi Pembangunan UMM?

Sahabat intipers jangan khawatir mengenai masalah biaya kuliah yang menurut kalian mahal ya. Setiap kampus pastinya menyediakan banyak sekali beasiswa yang bisa kita dapatkan. Jurusan ini menyediakan banyak sekali peluang beasiswa. Seperti beasiswa prestasi misalnya, yang menganjurkan mahasiswa untuk mengikuti lomba atau kompetisi, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) maupun beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik). Tidak hanya itu, beasiswa saudara kandung, alumni SMA/SMK Muhammadiyah, Yatim Piatu dan juga bidikmisi. Masih banyak lagi beasiswa dari luar kampus. Misalnya beasiswa Djarum, Beasiswa Toyota, Beasiswa Baznas.

Salah satu kegiatan expo kewirausahaan dari kampus

Tips untuk Mahasiswa Baru (Maba) di Jurusan Ekonomi Pembangunan UMM!

Tips untuk sahabat Intipers tentunya sesuaikan jurusan yang akan diambil dengan kemampuan yang dimiliki. Semuanya akan terlihat mudah jika kita yakin dan bisa menikmatinya. Tidak hanya itu, kita juga harus memiliki rasa tanggung jawab agar kita bisa mengembangkan kemampuan kita tidak hanya pada akademik saja, tetapi juga pada non akademik. Banyak sekali peluang untuk mengenal lebih jauh bagaimana dunia perkuliahan dan dunia luar kampus serta menambah pengalaman kita dengan mengikuti berbagai kegiatan atau organisasi seperti UKM untuk mengembangkan bakat yang kita miliki, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Alumni Jurusan Ekonomi Pembangunan 

Prospek kerja lulusan ekonomi didesain untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan juga mampu menganalisis dan mengambil keputusan strategi dalam bidang ekonomi dan bisnis. Sudah banyak sekali alumni jurusan Ekonomi Pembangunan yang bekerja di lembaga perbankan maupun industri. Selain itu, banyak juga yang menjadi pengusaha dan sebagai analis data. Tidak hanya itu, alumni jurusan Ekonomi Pembangunan UMM juga ada yang masuk ke instansi pemerintah, saat ini salah satu alumni jurusan Ekonomi Pembangunan UMM ada yang menjabat sebagai Bupati di Pasuruan, Jawa Timur. Masih banyak lagi alumni Ekonomi Pembangunan UMM yang sukses dalam dunia kerja maupun yang mempunyai rencana melanjutkan studi ke luar negeri.

Harapan dan rencana setelah Lulus!

Harapan saya setelah lulus adalah saya mampu menjadi lulusan yang baik serta mampu bekerja sesuai dengan kemampuan saya di jurusan Ekonomi Pembangunan UMM. Selain bekerja di suatu perusahaan maupun instansi pemerintah saya berharap nantinya juga bisa menjadi pengusaha sesuai dengan apa yang sudah saya pelajari sewaktu kuliah.

Untuk rencana saya setelah lulus, saya memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan kuliah S2 ke luar negeri dan tentunya mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi. Agar nanti setelah kembali ke Indonesia saya bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk Negara dan lingkungan sekitar saya.

Kode konten: X367

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *