Ekonomi Pembangunan, Universitas Airlangga

Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga (Aviqah)

Halo sobat intipers! Aku Aviqa dari Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga Teknik angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga itu seperti apa?

Jadi secara garis besar jurusan ekonomi pembangunan itu salah satu cabang ilmu ekonomi dimana di jurusan ekonomi pembangunan ini kita itu mempelajari tentang keuangan, perbankan, perencanaan pembangunan jangka panjang terus juga ada teori ekonomi mikro dan makro seputar itu yang di pelajari di jurusan ekonomi pembangunan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga?

Awalnya aku ambil jurusan ini karena disebabkan oleh beberapa hal pertama karena sesuai dengan rumpun ilmu, dulu waktu SMA aku jurusan IPS jadi sesuai. Terus alasan lainnya aku juga suka sama pelajaran ekonomi, jadi pas SMA nyoba ikut olimpiade ekonomi dan diikutsertakan sama guru-guru dan sering baca buku tentang ekonomi. Dan pas kuliah itu daftar ke jurusan ekonomi pembangunan dan di terima di SNMPTN.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kalau biasanya di jurusan teknik pembangunan itu yang terkenal mata kuliahnya ada ekonomi trika, matematika ekonomi, statistika terus ada makro mikro. Kalau yang tugas khusus itu biasanya mata kuliah ekonomi trika, jadi di mata kuliah ini kita kayak mengerjakan sejenis hampir sama kayak pemrograman di bidang matematika dan ekonomi, jadi bukan yang ke IT dan itu beda sama mata kuliah yang lainnya dan itu pastinya susah. Kalau tugas khususnya itu pake aplikasi namanya strata, jadi mungkin teman-teman yang minat jurusan ini bisa di pelajari tentang software ini.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik disini

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau dari jurusan ekonomi pembangunan mulai ada penggolongan mata kuliah itu dari semester lima, jadi di semester ini kita bisa milih mata kuliah apa yang akan diambil yang mungkin nantinya akan nyambung dengan peminatan apa yang akan di ambil saat skripsi. Ada lima pilihannya pertama ekonomi parameter itu tentang keuangan, kedua ada ekonomi public bahasnya tentang barang-barang public dan juga APBN, APBD dan pajak, ketiga ekonomi internasional kita bahasnya tentang perdagangan internasional, investasi asing dan lain-lain, keempat ada perencanaan dan pembangunan ekonomi di sini kita bahas tentang kebijakan pembangunan untuk negeri dan terakhir ekonomi sumber daya alam dan lingkungan dimana kita membahas tentang keterkaitan ekonomi dengan sumber daya yang ada di Indonesia.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk jalur masuk sendiri karena PTN ada tiga jalur yang pertama ada jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Buat teman-teman yang sudah masuk di jurusan teknik pembangunan selalu fokus untuk belajar, karena di ekonomi pembangunan itu akan belajar tentang hitungan jadi teman-teman harus suka dulu nih sama materi ini. Buat teman-teman yang mungkin nantinya mau masuk di jurusan ini bisa cari banyak informasi tentang jurusan ini supaya tidak merasa salah jurusan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja dari jurusan ini yaitu ke ranah bank, wirausaha, investasi pemerintah, kementerian dll yang sesuai dengan jurusan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Untuk rencana setelah lulus nanti mau cari pekerjaan yang mapan dan sesuai dengan kemampuan kita, punya impian juga buat lanjut S2. Karena di jurusan ini ada fast track dimana kita belum selesai S1 bisa disambi dengan S2. Dan ingin memilih usaha sampingan.

Kode konten: C863

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.