Ekonomi

Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung (Yola)

Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung (Yola)

Halo sobat intipers! Aku Yolanda Argi Utami dari Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung seperti apa?

Jurusan ini kita mempelajari pembangunan suatu negara, meliputi industri, perbankan, keuangan. Di jurusan ini kita fokusnya kepada analisa isu-isu perekonomian suatu negara yang kemudian di cari bagaimana kita menemukan solusi dari isu itu dengan cara berpikir kritis. Masuknya ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung?

Aku jalur SNMPTN, jurusan yang aku mau di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini yang aku mau bukan jurusan ekonomi pembangunan, tapi karena waktu itu jurusan yang aku mau peminatnya banyak, aku riset lagi jurusan ini dikit, mungkin orang-orang ga pada tau apa sih jurusan ekonomi pembangunan, padahal jurusan ini yang paling pertama yang ada di Fakultas Ekonomi. Pas masuk, ga nyesel juga masuk jurusan ini, karena bagus, terus anak-anaknya rajin-rajin. Awal masuk kaget karena ga mau di sini, semakin lama sesuai dan lebih cocok di sini dari pada di jurusan yang di inginkan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ekonomi mikro dan ekonomi makro ga bisa lepas dari semester 1 sampai sekarang, ekonomi mikro itu belajar tentang perekonomian dengan lingkup yang kecil, misalkan kalo makro itu kita belajar perekonomian suatu negara, kalo di mikro ini kita belajar perekonomian di lingkup perusahaan, terus ada lagi mata kuliah ekonometrika, itu mata kuliah paling menonjol, dimana ekonomi makro, statistika dan matematika di jadikan satu, kelihatannya sulit sebelum masuk, tapi setelah kita belajar, mengerjakan tugas, oh ternyata ilmu yang kita pelajari dari semster satu sampai sekarang terpakai.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4, yang pertama ada ekonomi moneter dan perbankan, konsetrasi ini belajar contohnya gimanana mekanisme pembuatan uang, naik turunnya tingkat bunga, kebijakan moneter, segala sesuatu tentang perbankan. Yang kedua ada ekonomi perencanaan, belajar pertumbuhan ekonomi suatu negara, aspek-aspek dalam perencanaan pembangunan. Yang ketiga, ada ekonomi publik, kita banyak menganalisa perekonomian dari publik dan pemerintahan, kaya kita belajar subsidi, pajak, regulasi, pertahanan dan keamanan, banyak nemuin fenomena ekonomi, dimana pemerintah ikut campur tangan, misalkan kekayaan oleh di atur pemerintah. Terakhir ada ekonomi regional, sama aja kaya publik, kalo publik lingkupnya besar seperti negara, regional itu di lingkup suatu wilayah misalkan provinsi, kabupaten atau kota.

Konsetrasi bisa di ambil semester 5 dengan mata kuliah yang menjurus dengan konsentrasi kita, aku sendiri ngambil moneter dan perbankan, karena nyaman, di moneter itu kita butuh data, kita ga perlu turun ke lapangan untuk meneliti sesuatu.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada SNMPTN, SBMPTN, dan PMPAP. SNMPTN itu jalur undangan sekolah kita, SBMPTN jalur tulis kita bisa daftar di website LTMPT, PMPAP untuk jalur tidak mampu secara ekonomi tapi mampu secara akademik, ada satu lagi jalur mandiri, biayanya lebih besar dari ketiga jalur di atas. Jalur masuk bisa di akses di website resminya. Ekonomi pembangunan ini soshum bisa dari lintas jurusan kaya dari IPA, cuman mungkin aga kaget pas di awal karena harus tau tentang ekonomi dasar, dari SNMPTN juga bisa dari IPA ada temen saya.

Ada tips buat mahasiswa baru Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung?

Di awal masuk bakal kaget, apalagi peralihan dari peajar ke mahasiswa. Kita menyesuaikan kebiasaan belajar, harus adaptasi dengan teman-teman. Nah kita bakal kaget sebagai anak IPS, kita ga belajar itung-itungan, ko di ekonomi pembangunan ini itungan semua. Kita harus rajin nyatet perkataan dosen harus di catet itu penting banget. Terus harus ikutin alur dosen demi kebaikan kita. Hal yang paling penting harus rajin baca buku dan update tentang isu ekonomi. Misal kaya kurs kita hari ini berapa, itu harus tau.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jurusan ini kalo lulus S.E. Sarjana ekonomi, jadi kita bisa keterima dimana aja, ga hanya di instansi pemerintah aja, di lembaga negara, lembaga penelitian, alumni sendiri kebanyakan di perbankan, BAPENAS, BAPEDA, OJK, kebanyakan di sana.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sekarang semester 6, planning semester selanjutnya saya sudah magang di Bank Indonesia, semoga keterima. Setelah lulus saya mau melanjutkan pendidikan dan saya ingin mengajar di kampus saya menjadi dosen.

Kode konten: C428

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *