Ekonomi, Universitas Muhammadiyah

Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Makassar (Yusuf)

Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Makassar (Yusuf)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Halo sahabat intipkuliah. Perkenalkan saya Muhammad Yusuf Jusman, salah satu Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2017. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 6 semester di Jurusan Ekonomi Pembanguan. Silahkan duduk dan simak pengalaman saya di barengi dengan segelas air.

Apa yang dipelajari di Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Makassar ?

Sesuai namanya, kita akan diajarkan untuk mengetahui cabang-cabang ekonomi yang mempelajari, aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan di Negara berkembang. Namun di Ekonomi Pembangunan nantinya kita akan dilatih bagaimana di perusahaan nantinya di beberapa kantor dan bank. Tapi sebelum itu kita juga diberi bekal bagaimana sih perkembangan ekonomi yang ada saat ini dan sejarah adanya uang bisa ada. Apa bedanya dengan akuntansi dan Manejemen? Bedanya di sini adalah kita akan melihat ekonomi pembangunan lebih mengarah ke Ekonomi Makro dan Mikro artinya membahas lebih ke situasi ekonomi global di suatu Negara dan juga mengetahui tentang strategi bisnisnya salah satu kinerja perushaannya. Sedangkan akuntasi lebih mahasiswanya mengarah ke praktek ke beberapa kantor maupun perusahaan. Nah ada juga kabar beredar bahwa yang menjadi mahasiswa Ekonomi Pembangunan nantinya akan menjadi pemikir Ekonomi dan juga pengusaha dan sedangkan jurusan Ekonomi lainnya hanya menjadi pegawai saja. Tapi

Apa bedanya dengan jurusan ekonomi lain?

Jurusan Ekonomi Pembangunan akan di pelajari semua mata kuliah yang berhubungan dengan ekonomi termasuk Akuntansi, Manemen dan perbankan. Kami diajari cara menjadi akuntan dasar dengan mempelajari tentang pengeluaran dan masukan suatu perusahaan dan juga menjemen di suatu bank. Di jurusan Ekonomi Pembangunan lebih banyak mengajar mahasiswanya untuk bisa mengatasi permasalahn ekonomi global saat ini. Ekonomi Pembangunan juga diberikan beberapa mata kuliah serta menangani masalah ekonomi  untuk membantu memajukan ekonomi Negara. Selain itu, Ekonomi pembangunan  diberikan mata kuliah yang tentunya berbaurekonomi seperti Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Pembangunan Ekonomi, Ekonomi regional dan sebagainya. Kata dosenku (Asdar, S.E., M.Si) Ekonomi Pembangunan itu lebih mengarah kepermasalahan Ekonomi yang ada di suatu negara. Ini berbeda dengan Manejemen dan akuntansi yang lebih mengarah ke wilayah perkantoran. Di Ekonomi pembangunan kita lebih fokuskan kearah Ekonomi Makro dan Mikro itu sendiri.

Pesan untuk MABA di Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Makassar

Banyak teman yang memberikan saya saran ketika masih menjadi mahasiswa baru. Ilmu akan lebih mudah di pahami jika dikaitkan dengan pengalaman yang kita miliki dan untuk mengatasi permasalahan sendiri. Kita harus berlatih terhadap kepekaan perdagangan bagaimana cara kita mengetahui suatu harga yang ingin kita beli jangan sampai anda di permainkan oleh penjual dengan harga yang lebih mahal. Ini salah satu studi kasus menggunkan teori-teori yang telah kita miliki dari perkuliahaan.

Ikut organisasi dan berprestasi

Ada banyak kegiatan yang ditawarkan oleh universitas. Diantaranya mengikuti kegiatan BEM, UKM, Magang, KKP, Himpunan dan banyak lainnya. Dalam kegiatan tersebut jangan takut teman-teman untuk keluar dari zona nyaman dengan mengambil beberapa keunggulan yang menambah soft skill dan menambah kesan saat lulus. Teman-teman juga dapat berprestasi di beberapa bidang dengan beragam lomba yang ada. Teman-teman yang ikut dalam organisasi itu biasanya lebih unggul dalam kelas dibanding yang tidak mengikuti kegiatan organisasi. Keunggulannya dari segi soft skill, cara berbicara dengan baik, pengalaman, dan lain sebagainya.

Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, beberapa alumni lulusan kebanyakan menjadi Pengusaha dan membuka lapangan kerja s. Namun, ada juga yang bekerja sebagai guru SMA/SMK Sederajat bahkan bisa juga alumni Ekonomi Pembangunan bekerja di salah satu perusahaan di Bank. Salah satu menteri keuangan yaitu Ibunda Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D yang di lantik dan mulai menjabat sejak 2016 adalah salah satu Alumni Jurusan Ekonomi Pembangunan. Tidak sampai di situ beliaupun mejadi Direktur Pelaksaan bank dunia. Sebelum menjabat sebagai menteri keuangan dia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional dari Kabinet Indonesia Barsatu.

Kode Konten: X139

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *