Ekonomi, Universitas Padjadjaran

Ekonomi Pembangunan Unpad (Cavin)

Ekonomi Pembangunan Unpad (Cavin)

Hai! Aku Calvin Dennis mahasiswa Unpad Jurusan Ekonomi Pembangunan. Simak pengalaman aku kuliah ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Gambaran kuliah di Ekonomi Pembangunan Unpad

“Emang Ekonomi Pembangunan itu mau bangun apa? Rumah? Bangunan? Apa Keluarga?” hehehe sering juga denger jokes begitu tentang jurusan ini. Sebenernya banyak orang yang salah tentang ekonomi pembangunan, banyak yang kira lebih pada arah arsitek dan masih banyak juga yang bingung apa bedanya dengan jurusan Ekonomi yang murni.. Secara garis besar kita membahas dua variabel yaitu makroekonomi dan mikroekonomi, membahas bagaimana perekonomian suatu negara secara umum.. Nah, buat temen-temen yang belum tau jadi saat ini di Unpad itu gak ada jurusan ilmu ekonomi tapi adanya ekonomi pembangunan nah jadi sebenernya kurang lebih juga yang dipelajarinya dengan jurusan ilmu ekonomi namun beda pada penamaannya.

unisa

Tugas kuliah

Tugasnya biasanya pakai Google Classroom.. dan sebenernya tergantung sama dosennya juga, ada yang susah ada yang gampang..

Penjurusan ada di semester 6 atau 7, ada 2:

  1. yang membahas variabel makro ekonomi
  2. yang membahas variabel mikro ekonomi

Mata kuliah Ekonomi Pembangunan Unpad

Mata kuliah favorit saya itu Matematika Ekonomi karena kebetulan saya suka matematika pas dari sekolah dulu. Banyak alumni yang kerja di Bappenas, Bank Indonesia, Kementrian Keuangan, perusahaan seperti Tokopedia, dll. Rencana saya setelah lulus mau pengen masuk ke kementrian keuangan, saya juga ingin lanjut dengan mencari beasiswa sambil bekerja dulu untuk mencari pengalaman

pmb2-min

Tips kuliah

Tips buat maba maba nih sesuaikan jurusan dengan minat, karena kalau udah suka ekonomi pasti semua tugas bisa dinikmati, terus cari kesempatan atau peluang di organisasi, kegiatan volunteering, dan lomba-lomba biar kita tepa produktif

Kode Konten: Y120

Komen dibawah! 13

  1. Hasna salma ar

    Hai kak, aku pengen banget masuk Ekonomi unpad Padjadjaran.
    Apakah materinya susah?
    Biasanya lulusannya jadi apa ya kak?
    Di unpad enak tidak kak?
    Belajar apa aja kak?
    Kasih tau aku bayangan tentang eko pembangunan dong kak, biar aku gak kaget

    • Cavin Dennis Tito Siregar

      Halo Hasna, Apa kabar? Saya harap kamu baik. Sebenarnya soal kesusahan materi jawabannya tergantung karena setiap orang punya preferensi pada mata kuliah tertentu. Kalau kamu suka Ekonomi, Statistik dan Matematika, kamu akan makin suka dengan jurusan ini.

      Lulusan Ekonomi Pembangunan banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa diambil. Ada yang jadi analyst di perusahaan, konsultan, peneliti, staff khusus bidang ekonomi di lembaga pemerintahan, perbankan, dsb. Tergantung konsentrasi kamu nantinya.

      Unpad termasuk universitas yang menyenangkan menurut saya. Kalau di Ekonomi Pembangunan, semua mahasiswa aktif dan lingkungan yang mendukung untuk belajar.

      Untuk mata kuliah, kamu bisa langsung cek link ini: http://www.feb.unpad.ac.id/program-studi-s1-ilmu-ekonomi-dan-studi-pembangunan/

      Seperti jawaban sebelumnya, pelajarannya ke Ekonomi, Statistik, dan Matematika. Dan tentunya karena kita ilmu sosial, jadi harus paham beberapa ilmu sosial yang terjadi saat ini dibawa ke perspektif ekonomi.

    • Vetty

      Kira kira kalo dari luar provinsi masuk unpad ekonomi pembangunan kira kira bakal di terima ga ya?:( saya orang surabaya. Tapi milih sana.. takut bnget ga keterimaa?

      • Cavin Dennis Tito Siregar

        Halo Vetty,
        Sebagai infomasi, saya dari provinsi Sumatera Utara, dan diterima di jurusan ini. Memang beberapa universitas mementingkan dari provinsi atau daerah terdekat. Namun kebijakan ini bukan jadi basis kamu untuk tidak mencoba jurusan dan universitas ini. Kalau kamu yakin, coba saja dan jangan lupa semangat!

  2. Chyffa

    Halo kak, Saya mahasiswi Ekonomi Pembangunan di Universitas Tadulako. Mau tanya tentang tips dalam menentukan judul proposal dong , terima kasih

  3. Kus

    Suwun infonya sangat bagus.
    Mau tanya, … tugas kelompok apa berlangsung di setiap semester? Karena bagi yg senang kerja sendiri menjadi bebab mental…. trus apa ada aturan tetang absen kuliah dan sanksinya bila dilanggar termasuk nyontek misalnya. Salam hangat. Terimakasih banyak Mas.

    • Cavin Dennis Tito Siregar

      Halo Kus,

      Mengenai tugas kelompok, tergantung dosen dan mata kuliahnya. Tidak semua mengharuskan kerja kelompok namun kebanyakan menggunakan kerja kelompok karena dapat dikerjakan dengan lebih efektif. Walaupun tidak semua orang berpikir ini menjadi basis karena kerja sendiri terkadang jauh lebih efektif. Saya pernah dengar dari dosen bahwa untuk kerja kelompok penting karena nanti di dunia kerja kamu tidak kerja sendiri. Jadi dilatih sedini mungkin untuk mencoba kerja dengan banyak orang dan bagaimana memecahkan masalah bersama.

      Untuk absen kuliah, setahu saya kalau kurang dari 90/80 persen, kamu tidak diperbolehkan UAS. Dan apabila ketahuan mencontek, maka kamu langsung dapat nilai E, yang artinya tidak lulus mata kuliah itu. Terimakasih dan Semangat!

      Best Regards,

      Cavin Dennis Tito Siregar

  4. Aprilia

    Ka kalo kita gak suka sama pelajaran matematika apakah ada kemungkinan kita bisa masuk ke jurusan ekonomi pembangunan

    • cavindennistitosiregar

      Halo Aprilia, Sebenarnya di Jurusan Ekonomi Pembangunan, kita banyak pelajarin konsep matematika ekonomi. Jadi bukan seperti matematika murni, lebih ke dasar tapi dibawa ke perspektif ekonomi. Kalau misalnya kamu tidak suka matematika, kamu tetap bisa masuk Jurusan Ekonomi Pembangunan ya. Karena tidak ada batasan atau persyaratan khusus kamu harus jago matematika. Nah kalau sudah masuk atau sebelum masuk, ada baiknya kamu senang dulu pelajari matematika dan mulai terbiasa untuk membahas matematika. Supaya bisa lancar nanti kalau dalam pelajarannya. Semangat!

  5. Alvia Nur A

    Hai kak,
    Saya mau masuk kuliah ni tapi masih bingung mau ngambil jurusan apa.
    Sebenernya pas awal masuk kls 12 udh fix pengen ambil pend. Matematika, ya meskipun kemampuan saya rendah tapi saya pengen karena tertarik. Dulu nya ga kepikiran sama sekali mau suka matematika, tapi ternyata asik juga. Kelemahan saya itu kalo ga ngerti sering beut nanya ke guru, nah sedangkan kalo kuliah kan beda kek sekolah. Meskipun bisa tanya dosen tapi ga bisa segamblang kaya ke guru. Trus karena denger omongan orang saya jadi down gatau kenapa dan ga jadi ambil pend. Matematika.
    Sekarang sebenernya masii bingung mau ambil jurusan apa, tapi terlintas sedikit di pikiran saya dengan jurusan Ekonomi Pembangunan. Nah saya tu kan dari mipa di Sma nya jadi Linjur kan. Kira2 ada ga kemungkinan keterima di jurusan ekonomi pembangunan?
    Mohon saran nya kak
    Terimakasih:)

  6. Fatuhila Mahadika

    Halo kak, mau tanya kalo Ékonomi Pembangunan masuk FEB, nah kampus FEB Unpad dimana kak?
    Mohon di jawab

  7. intan

    mau tanya dong biayanya keseluruhannya berapa klo punya KIP

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *