Ekonomi Pembangunan, Universitas Sebelas Maret

Ekonomi Pembangunan UNS (Farel)

Ekonomi Pembangunan UNS (Farel)

Halo sobat intipers! Aku Dany Farel Ega Arsanto dari Ekonomi Pembangunan UNS angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Ekonomi Pembangunan UNS?

Stigma di Ekonomi Pembangunan adalah jurusan dengan keketatan terendah di Fakultas Ekonomi ya. Stigma itu mungkin benar sih. Ekonomi Pembangunan memang lebih banyak mempelajari hal dibandingkan Ekonomi murni. Lalu biasanya disini banyak aktivis, ikut organisasi, bahkan dulu pernah tuh di BEM isinya anak Ekonomi Pembangunan semua. Jadi memang benar-benar jurusan EP ini adalah jurusan yang dari luar terlihat santai padahal yang dipelajari banyak. Disini belajar ekonomi mikro dan makro, lalu mempelajari manajemen dan akuntansi yang lebih kompleks.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Ekonomi Pembangunan?

Sebenarnya aku masuknya lewat jalur SBMPTN. Jadi waktu itu masih milih 3 prodi kan, pilihan pertamaku ga lolos. Ekonomi Pembangunan ini ada dipilihan kedua. Aku memang suka belajar ekonomi dan ilmu sosial. Dijurusan Ekonomi Pembangunan ini lebih banyak belajar sosialnya jadi aku tertarik.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Ekonomi Pembangunan?

Untuk mata kuliah di EP memang ga cuma ekonomi saja. Kita juga belajar manajemen dan akuntansi di semester 1 dan 2. Untuk yang khas yang pertama ada ekonomi makro 1 dan 2, lalu ekonomi mikro 1 dan 2, ekonometrika 1 dan 2, statistik deskriptif dan induktif, ekonomi industri, ekonomi kerakyatan, ekonomi pertanian juga ada. Lalu ada juga ekonomi internasional, ekonomi pariwisata. Kemudian ada juga mata kuliah Bahasa Indonesia, Agama, Pancasila dan matkul umum lainnya.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Ekonomi Pembangunan UNS?

Konsentrasinya ada 4. Yang pertama itu moneter yang nantinya banyak masuk ke Bank Indonesia ya. Kedua ada perencanaan pembangunan dimana kita belajar bagaimana merancang RAPD, RABN. Konsentrasi ketiga ada sumberdaya kelembagaan dimana mempelajari pemberdayaan masyarakat, ekonomi lingkunganm ekonomi pertanian dan SDM. Jadi kita belajar ngatur organisasi gitu. Yang terakhir ada konsentrasi bisnis dimana mempelajari ekonomi pariwisata, kewirausahaan dan hal yang berhubungan dengan entrepreneur. Kalau aku pribadi masuk ke konsentrasi bisnis dimana nantinya bisa masuk ke dunia start up atau menciptakan pekerjaan sendiri.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya sampai sekarang ada 3, ada SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Ada satu jalur masuk tambahan khusus untuk International Undergraduate Program yang baru dibuka tahun ini, tapi hanya ada untuk beberapa jurusan termasuk Ekonomi Pembangunan. Untuk jalur mandiri ada jalur hafiz Al-Qur’an, prestasi hingga afirmasi.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Yang pertama, memang di semester 1 dan 2 masih dasar, tapi ketika teman-teman sudah masuk semester 3 dan seterusnya kalian akan tau bagaimana Ekonomi Pembangunan ini. Disemester 5 dan 6 kalian akan sibuk. Kalian harus pintar beradaptasi karena belajar di SMA dan kuliah ini berbeda sekali. Apalagi transisi dari kuliah online ke offline. Proses pembelajarannya beda. Ketika kuliah, kalau kalian ga merhatiin dosen dan mendapat nilai jelek, kalian gaakan dikasih remedial. Kalau kalian gamasuk kelas pun ga masalah tapi dampaknya nanti kalian ga ikut UAS. Lalu kalian harus memperkuat mental dan disiplin. Di perkuliahan ini kalian harus mencari sumber belajar sendiri diluar kelas, apalagi kita udah dibekali keleluasaan untuk mengakses internet untuk mendapat informasi. Kalian bisa akses jurnal hingga berita disana. Kalian harus menuntut ilmu sendiri daripada hanya menunggu dosen menjelaskan aja. Kuliah dikelas itu hanya dijelaskan sedikit materi saja. Ga semua dijelasin dosen. Lalu sekarang banyak dosen yang memberi PPT yang isinya Bahasa Inggris semua. Kalian harus pintar menyesuaikan diri. Kemudian jangan lupa mencatat setiap dosen menjelaskan. Jadi pas UTS maupun UAS kalian ga bingung lagi sama materinya. Tips lagi, jangan pernah bikin dosen marah ya. Karena nantinya kalian akan kena imbasnya bahkan kelas kalian bisa kena imbasnya hanya karena satu orang. Selanjutnya, kalau dikuliah kalian gabisa copas jawaban dari teman. Dosen ga serta-merta cuma nilai tugas aja. Dosen akan melihat satu-satu, kalian akan keliatan yang nyontek yang mana, yang nyalin punya temen yang mana. Karena jawaban gaakan mungkin sama persis hingga sekata-katanya kan. Kalian bisa terdeteksi plagiasi nantinya. Dosen itu akan kepo, kok tulisan kalian bagus sekali, rapi sekali, dosen akan tau bahwa itu plagiasi atau tidak. Lebih baik kalian tulis sumber jurnal yang kalian pakai setiap mengerjakan tugas, biar gacuma copas aja. Kita kan juga menghargai tulisan orang lain. Untuk tips dikampus ya kalian harus hemat dan jangan salah pergaulan. Lingkungan itu sangat berpengaruh. Kalian harus pintar memilih teman dan melihat karakter setiap orang. Jangan salah langkah dan jangan salah pilih temen biar kedepannya ga susah sendiri.

Prospek kerja dan alumni jurusan Ekonomi Pembangunan UNS seperti apa?

Sebenarnya di Ekonomi Pembangunan UNS dididik untuk lebih menjadi pegawai negeri, misalnya di Bank Indonesia. Contohnya direktur OJK itu lulusan dari EP UNS. Kita juga sering banget ada di perbankan, OJK, pegawai negeri seperti Bappeda, menjadi dosen, peneliti dan banyak yang kerja di KAI juga. Ditempatkan ditempat-tempat strategis pokoknya. Banyak juga yang menjadi supervisor dan direktur. Untuk entrepreneur juga bisa. Kalian bisa banget jadi pengusaha untuk memajukan ekonomi Indonesia.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Untuk rencana aku sih pengen menjadi entrepreneur. Tapi mungkin setelah lulus aku ingin menjadi pegawai dulu, bekerja diperusahaan dulu untuk membekali diri menjadi pengusaha nantinya. Tapi alhamdulillah sekarang sudah kerja sih. Kemarin aku magang 4 bulan di BNI, lalu aku ditarik oleh BNI nya untuk bekerja disana. Mungkin itu sudah jalan aku ya jadi aku terima dengan senang hati aja. Jalan orang kan beda-beda. Mungkin ada yang lulusnya cepat namun belum dapat pekerjaan, kita gabisa menolak rezeki karena kita gatau kedepannya jalan kita seperti apa. Jadi kita jalani apapun dengan ikhlas dan sabar, lalu jangan lupa bersyukur apapun yang diberikan kekita.

Q&A

  1. Kak, dijurusan kakak belajar PEP ga?

PEP itu penentuan harga dimana masuknya ke matkul kewirausahaan dan ekonomi mikro, nanti akan dipelajari disana bagaimana dari awal kita produksi sebuah barang atau jasa hingga sampai ditangan konsumen. Dipelajari juga ketika kita produksi sesuatu, misalnya minimal ada 100 dan tenaga kerjanya dihabiskan berapa jam, hal tersebut optimal atau ngga, semua akan dipelajari disini.

Kode konten: C958

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.