Agribisnis, Universitas Gadjah Mada

Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM (Gindi)

Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM (Gindi)

Halo sobat intipers! Aku Gindi Haerulah dari Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM yang termasuk dalam Faperta atau Fakultas Pertanian angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM seperti apa?

Secara garis besar bias dibilang jurusan ekonomi pertanian ini ibarat kaya FEB-nya (fakultas ekonomi bisnis) dari Faperta. Kita tetep belajar dasar-dasar ilmu pertanian, misalnya ilmu tanah, hama dan penyakit tanaman, agronomi, dll. Di samping itu kita bakal spesifik membahas cara memanajemennya, memasarkan, membuat kebijakan, baik itu makro maupun mikro. Jadi kita lebih ke manajemen dan ekonomi tapi tetep pertanian.  Meskipun ada belajar manajemen dan ekonomi tapi kita tetep masuk ke rumpun saintek.

Bisa dibilanng 50% belajar tentang pertanian dan 50% ekonomi manajemennya.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM ?

Aku mau cerita dikit ya, waktu SMA dulu aku maunya IPS tapi diarahin untuk ambil IPA sama orang tua. Akhirnya aku nurut dan ambil IPA, terus aku ikut les Saintek dan semakin berjalannya waktu dan mau ambil jurusan aku mikir kalau passion aku tuh bener-bener soshum dan pengen ambil FEB. Jadi aku puter otak gimana caranya aku dapet yang kaya FEB tapi tetep bisa nonjolin hasil IPA aku, jadi nilainya gak terbuang sia-sia. Aku juga pejuang SBMPTN ya jadi kalau aku ambil Soshum sama aja kaya bunuh diri karena aku belum belajar sama sekali. Akhirrnya aku ambil Saintek dan nyaris jurusan apa yang kira-kira FEB banget dan menemukan jurusan ini.

Dulu ekspektasi sebelum masuk jurusan ini, kita bakal belajar agribisnisnya, ekonomi dan manajemen, tapi masuk di tahun pertama ekspektasiku itu langsung dijatuhkan. Di UGM itu di semester 1 dan 2 kita lebih banyak belajar pertaniannya. Sebenernya ludah ngira bakal belajar belajar pertanian tapi gak ngira bakal sebanyak itu gitu. Tapi semakin ke atas, mata kuliah manajemen dan ekonomi pertaniannya makin banyak.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM?

Di Faperta itu kita cukup berbeda dengan jurusan lain, kita banyak dapat mata kuliah manajemen dan ekonomi, terus apa sih yang ngebedain dengan FEB dan lainnya? Kita itu ada satu matkul khas yaitu manajemen agribisnis. Di mata kuliah itu kita belajar gimana menjadi pemecah masalah, memberikan kebijakan, membuat keputusan manajemen dalam lingkup perusahaan. Kita belajar tentang manajemen keuangan, pemasaran, MSDM dan operasi. Mata kuliah ini baru dasarnya, nanti dari tiap yang aku sebutin tadi bakal ada ada mata kuliah spesifik yang bahas tentang itu dan dihubungkan sama pertanian, beda sama FEB. Nah itu nanti jadi mata kuliah pilihan.

Praktikumnya ada ya tentunya, di semester 1 dan 2 kita dapat pertanian dan otomatis kita ada praktikum pertanian. Dasar ilmu tanah, dasar agronomi, ekologi, penyakit tanaman, klimatologi.

Kalau tugasnya sendiri kita lebih banyak disibukkan oleh laporan praktikum. Ya saintek itu biasanya memang disibukkan dengan laprak. Praktikum itu memang seru, kita masuk lab, belajar segala macem, tapi lapraknya itu loh. Kalau di kelas itu biasanya ada essay, bikin makalah, dll.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 2 konsentrasinya yaitu Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Itu sistemnya kalau di angkatanku ini gak ada pembatas antara kedua konsentrasi itu. Misalnya kalau kita lebih suka ekonomi, nanti semester 6 atau 7 bisa ambil mata kuliah yang berhubungan sama ekonomi, entah ekonomi internasional, dll. Kalau lebih suka manajemen, bisa ambil manajemen keuangan, manajemen SDM, dll. Tapi kita gak ada pembeda antara ekonomi pertanian dan agribisnis, kita bisa aja ambil keduanya secara langsung.

Untuk angkatanku ini kurikulum terakhir yang lama, untuk angkatan 2019 dan selanjutnya pakai kurikulum baru yang mungkin ada perbedaan.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk UGM itu ada SNMPTN, SBMPTN atau UTBK, ada juga jalur mandiri UTUL UGM. UTUL ini agak berbeda dengan universitas lain, mungkin di universitas lain ada perbedaan karena lewat jalur mandiri harus bayar uang pangkal, uang bangunan, dan UKT-nya minimal UKT 5 gitu. Nah kalau di UGM enggak kaya gitu, apapun jalur masuknya kita itu setara dan sama aja dalam segi pembayaran.

Ada Jung jalur masuk yang cukup jarang diketahui. Ada PBU-B itu untuk yang berprestasi, PBU-K itu ada yang kemitraan, PBU TM itu untuk yang tidak mampu. Informasi lebih lanjut bisa diakses di um.ugm.ac.id. itu Lin yang harus dikeep karena informasi semua ada di sana.

Di jurusan ini kuota seangkatan itu beragam tiap angkatannya, untuk di angkatan ku itu sekitar 90-100 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Untuk maba yang masuk ke jurusan ini, semangat aja. Kalau kalian mau nyari ekonomi dan manajemen itu biasanya ada di semester atas, mulai semester 3 itu dasarnya dulu dan semester 6 itu masuk mata kuliah pilihan. Banyakin temen sih, maksudnya kalian harus punya temen untuk saling menyemangati satu sama lain.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita tuh bener-bener bebas banget dalam memilih kerja, luas banget prospeknya sampai bingung. Kita bisa jadi pakar ekonomi pertanian dan agribisnis, perumus kebijakan, wirausaha. Kalau di perusahaan bisa banget salah satunya di FMCG,  start up, perusahaan pertanian, agroindustri. Posisinya juga banyak, bisa di salesnya, di pemasaran, bussiness developer, bagian HR juga bisa. Bahkan di bank juga bisa karena katingku ada yang dapat penawaran di BI.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana aku pengen kerja dulu dan masih bingung mau kerja dimana karena cukup luas prospeknya. Kalau aku sendiri solusi untuk itu berencana untuk ikut program management trainee nanti setahuku kerjannya bakal dirolling, misalnya 1 bulan di bagian HR, 1 bulan lagi di sale, dll selama beberapa bulan atau waktu. Jadi aku bakal tahu aku cocoknya dimana.

Q&A

  1. Tips masuk UGM dong?

Ini common, itu bisa belajar, berdoa dan restu orang tua itu udah yang terbaik. Spesifiknya ketiga itu kadang gak cukup, jadi perlu yang namanya perencanaan. Kamu harus tahu medan kamu gimana, alur menuju UGM, kamu harus tahu jalur-jalur masuknya ke UGM. Ada jalur lain  di UGM kan ada UTUL, PBU juga ada 3.

  1. Di UGM bayar uang semester gak? Kalau bayar berapa ya?

Ada yang bayar, ada yang dibayarin. Kalau yang bayar itu kita bayar sendiri sesuai UKT yang disesuaikan dengan pendapat orang tua dan kemampuan orang tua yang nantinya itu akan digolongkan antara golongan 1-7. Kalau dibayarin juga ada program bidik misi dari pemerintah, ada juga yang dibayarin UGM lewat jalur PBU. Info lebih lanjut terkait PBU bisa cek web UGM.

Kode konten: C183

Komen dibawah! 6

  1. ViOna

    Tahun 2021 aku mau masuk agribisnis di Ugm. Apa aja yang harus aku persiapkan biar gak terkejut waktu udah masuk kk ? Makasih

    • gindihae

      Hallo!

      Sebelumnya mau tanya, kamu dari IPA/IPS/SMK ya?

      Secara general, Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM itu akan mempelajari basic dari pertanian beserta praktikumnya dan basic Ekonomi-Manajemen. Mungkin bisa baca-baca atau nonton di YouTube terkait dua itu (pertanian dan ekonomi-manajemen).

      Yang bakal bikin terkejut sebenernya praktikumnya sihh (praktikum pertaniannya), apalagi kurikulumku kemarin masih ada yang dasar sainteknya kayak Biologi, Fisika, Kimia Organik, Anorganik, dll. Tapi kurikulum terbaru 2019 itu udh gaada kok yang dasar saintek, tinggal pertaniannya aja kayak dasar ilmu tanah, ekologi, budidaya tanaman, hpt, dll. Kalau kamu udh diterima mending langsung tanya-tanya ke kating terkait praktikum itu gimananya, ngobrol aja nanti kamu bakal dapat banyak insight lebih.

      Semoga menjawab ya ^^
      -Gin

  2. Feny Anjarsari

    skor aman untuk masuk dijurusan agribisnis UGM brp ya kak?

    • gindihae

      wah kalau itu saya kurang tau dik. Saya masuk di tahun 2018 belum memakai skor-skoran tapi saya lihat di web sihhh EPA UGM kalau mau aman mungkin >640 udah bisa. Tapi coba kamu cari data yang lebih valid yaa

      -Gin

  3. mutia

    halo kak, saya lulus tahun ini dan ada rencana masuk agribisnis ugm lewat sbmptn. mau tanya, dulu rata-rata skor buat masuk agribisnis ugm berapa ya kak? terima kasih

    • gindihae

      Hallo Mutia,

      Wah kalau itu saya masih kurang tau dik karena saya lulus di tahun 2018 yang mana skornya tidak dapat dilihat hehe. Tapi saya waktu itu pernah lihat di pembukaan PPSMB ORGANIK 2019 itu Agribisnis UGM nilainya tertinggi se-Indonesia mengalahkan Agribisnis IPB. Besarannya saya lupa tapi kalau melihat data dari akun-akun official gitu kayaknya >640 udh bisa masuk Agribisnis UGM. Coba cari data yang lebih valid aja yaa

      Semangat SBMPTN 2021! Jangan lupa daftar UTUL juga yaa bisa jadi rezekimu di UTUL kayak aku ^^

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *