Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, IPB University

Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB  (Cici)

Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB  (Cici)

Halo sobat intipers! Aku Cici Wahyuni jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB itu seperti apa?

Departemen ini itu satu-satunya yang ada di Indonesia, sekaligus satu-satunya yang ada di Asia Tenggara, ini itu didirikannya itu pada tahun 2005. Departemen ini masih bisa dibilang baru, cuman gak menutup kemungkinan banyak peminatnya, karena justru yang unik ini orang jadi penasaran. Alhamdulillah sudah terakreditasi A, yang aku pelajarin disini itu banyak banget. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kita itu kan basic nya ekonomi, cuman yang ngebedain itu karena kalau misalnya ekonomi aja, mungkin temen-temen banyak yang tau, tapi kalau misalkan ekonomi sumber daya dan lingkungan kayaknya baru pertama kali denger. Jadi disini kita mempelajari untuk bisa mengealokasikan sumber daya yang ada di alam yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang gak terbatas, dan gimana caranya kita untuk meminimalisir ekstraksi dari sumber daya itu dampaknya terhadap lingkungan. Jadi kita gak melulu mikirin profit aja. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB?

Kalau misalnya alasan memilih sebenernya aku gak ada ambisi untuk di negeri, karena kan jamannya penerimaan mahasiswa baru itu pada excited, udah mempersiapkan jauh-jauh hari pengen masuk perguruan A, B, C. Aku tuh karena udah ada tujuan, pengen di salah satu universitas swasta di depok, jadi disitu aku udah daftar, bayar, dan administrasinya udah lengkap, karena udah dari jauh-jauh tahun aku pengen disini aja gitu gak usah ribet. 

Kemudian ibu aku pribadi pengennya anak itu di negeri yang terbaik buat anak, akhirnya aku cari-cari, aku itu dari jurusan MIPA tapi aku gak mau berkutata yang istilahnya ada praktikum, lab, aku mikir gimana caranya aku ambil jurusan ekonomi tanpa harus lintas jurusan dan ambil soshum, dan alhamdulillaah di IPB itu saintek adalah syarat utama buat masuk IPB, nah jadinya aku ambil ekonomi sumberdaya dan lingkungan IPB 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Buat aku pribadi, menurut aku hampir semuanya sih, karena dari departemennya aja bener-bener khas gitu, gak ada di universitas lain apalagi yang dipelajarinnya. Disini itu kita diajarin yang kita mungkin gak temuin di ekonomi lain, mau yang di IPB, karena kan di IPB itu ada 5 jurusan ekonomi salah satunya ESL (ekonomi sumberdaya lingkungan), yang kita pelajari itu beda daripada yang temen-temen pelajarin yang lain. Karena mungkin kita basic  nya ekonomi ya, jadi ekonomi mikro dan makro tetep ada tapi kalau misalnya mata kuliah yang khas itu hampir semuanya khas. 

Ada ekonomi pertanian, ekonomi lingkungan, ekonomi sumberdaya, ekonomi kehutunan. Ekonomi sumberdaya nya pun dibagi-bagi lagi, ada ekonomi sumberdaya air, sumberdaya lahan, pokonya macem-macem, dan ilmunya itu bener-bener relate sama apa yang lagi dibutuhin sama dunia kerja gitu, untuk tahun-tahun yang akan datang, karena kita bisa liat sendiri kan bumi kita udah makin berumur, jadi ya bisalah kalau misalnya temen-temen mau belajar tentang sustainable.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, jadi nanti untuk skripsi itu dibebaskan memilih dari 3 konsentrasi, itu ada ekonomi lingkungan, ekonomi pertanian, sama ekonomi sumberdaya. Ekonomi pertanian sendiri pasti ada, karena kita kan IPB. Segala sesuatu ekonomi yang ada hubungannya sama pertanian kaya pangan, terus ada supply produk-produk pertanian. Kemudian ekonomi sumberdaya, ada ekonomi sumberdaya air, perikanan, kehutanan. Temen-temen bisa bebas pilih,. Terakhir ada ekonomi lingkungan, itu hubungan ketika kita mengekstraksi sumberdaya, apasih dampaknya terhadap lingkungan. Jadi kaya eksternalitasnya gitu. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalaud di ekonomi sumberdaya dan lingkungan ini ada 5 jalur masuk. Pertama ada SNMPTN, SBMPTN. Ada juga UTMBK itu mandirinya IPB, PIN (prestasi internasional dan nasional). Jalur BUD (beasiswa utusan daerah) nanti temen-temen diseleksi di daerahnya masing-masing gitu. Kalau temen-temen pengen tau informasinya lebih lanjut, temen-temen bisa mengunjungi websitenya IPB.

Ada tips buat mahasiswa baru Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB?

Buat temen-temen yang Alhamdulillah udah ekterima di ESL terus pasti bertanya-tanya tentang jurusan ini. Nanti belajar apa, itu kalian santai aja. Kalau misalnya di IPB itu PPKU (program persiapan kompetensi umum) jadi itu kita dipersiapkan selama 1 tahun pertama untk kesetaraan. Itu karena kita kan dari latar belakang sekolah yang beda-beda, jadi kita dipersiapkan di tahun pertama. Di tahun kedua baru masuk di departemen masing-masing. Aku pribadi baru masuk di semester kemarin waktu semester 3. 

Yang aku rasain di jurusan ini itu relate banget yang kita pelajarin sama keadaan lingkungan sekarang. Kaya yang tadi udah disinggung juga. Ekonomi smberdaya dan lain sebagainya itu kan lagi isu global. Itu tuh relate banget, jadi bener-bener yang dibahasnya itu gak melulu tentang profit aja. Kalau menurut saya, jadi temen- temen kalau udah keterima ESL, semangat! Memang tugasnya banyak banget, jadi aku harap temen-temen kua. Udah mempersiapkan lah kalau misalnya udah ada niat dan emang udah sepenuh hati, pasti ringan ngejalaninnya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau misalnya temen-temen tadi simak apa yang aku jelasin tadi, prospek kerja dari jurusan ini itu luas banget jangkauannya, ada ekonomi, sumberdaya, lingkungannya. Banyak alumni yang bekerja di lembaga pendidikan tinggi sebagai dosen, peneliti, pengusaha, sosiopreneur, bekerja di lembaga pemerimtahan seperti KLHK (kementrian lingkungan hidup dan kehutanan), terus juga di KKP (kementrian kelautan dan perikanan) BNPB, kementrian pertanian, Bappenas, kita punya prospek di nongovermental organization baik nasional maupun internasional terutama dibagian lingkungan. 

Kemarin juga alhamdulillah, kebetulan saya PIC, kemarin ngadain visit ke nongovermental organization jadi disitu kita ngebahas prospek kerja IPB di tingkat internasional. Jangan khawati, nanti kalian kalau lulus dapet gelarnya itu sarjana ekonomi dan untuk sumberdaya lingkungannya poin plus banget diliat sama perusahaan-perusahaan, dimasa yang akan datang pasti perusahaan ngelirik banget orang-orang yang melek tentang isu lingkungan.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau misalnya harapan pengennya lanjut S2, tapi saya usahain pengen beasiswa karena kan jaman sekarang banyak banget informasi tentang beasiswa, kenapa gak kita manfaatin baik di dalam dan luar negeri. Jurusan yang ingin saya ambil di S2 nanti tentunya yang relate sama ekonomi dan sumberdaya lingkungan, kalau bisa sih memperdalam lingkungannya gitu.

Kode konten: C426

Komen dibawah! 1

  1. Maulida

    Saya mahasiswa ESL angkatan 57. Kalau buku-buku yang bisa dipelajari sebelum masuk semester 3 apa aja ya kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *