Ekonomi Syariah, IAIN

Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe (Zenny)

Halo sobat intipers! Aku Zenny Pridanti dari jurusan Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe itu seperti apa?

Ekonomi Syariah itu kalau di kampus-kampus lain dikenal juga dengan ekonomi islam, nah itu sama aja sebenernya. Di universitas IAIN Lhokseumawe sendiri namanya ekonomi syariah. Jurusan ekonomi syariah ini gak melulu harus dari tamatan pesantren, atau tamatan dari sekolah islam, bisa dari lulusan SMA, atau SMK itu juga bisa bergabung di jurusan ekonomi syariah, karena di ekonomi syariah juga kita akan diajarin dari dasar-dasar bahasa arab, ilmu tafsir. Menurut aku pribadi, spesialnya di jurusan ekonomi syariah ini kami itu gak cuman belajar ekonomi versi islam aja, tapi kami juga belajar ekonomi yang konvensional juga. Jadi kelebihannya disitu, cuman memang lebih dominan ke ekonomi syariahnya dibanding yang konvensional. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe?

Alasannya karena saya lulusan SMK akuntansi, kan kalau akuntansi itu masuk ke ekonomi juga. Berhubung di daerah saya, di aceh sendiri ini per 2018 itu sudah diwajibkan untuk lembaga keuangan yang ada di aceh itu berbasis syariah, itukan peluang bagi mahasiswa baru. Hal tersebut jadi salah satu alasan saya juga, dan ekonomi syariah lagi tren-trennya dari semenjak 2018.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau tugas mungkin dari awal-awal perkuliahan rata-rata agama, banyak dari mulai bahasa arab itu pasti belajar juga, setelah itu ilmu Alquran dan tafsir, ushul fiqh, ada ayat-ayat ekonomi, itu di awal-awal semester rata-rata yang dipelajari dasar-dasarnya. Khas nya sih, di setiap mata kuliah pasti ada hafalan hadist, dan disetiap kegiatan ekonomi apa hadist yang melandasinya, jadi minimal ada hadist atau pegangan yang melandasinya.

Praktikum di Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe

Kalau praktikum mungkin lebih ke praktikum yang ke perbankan nya langsung, tapi itu adanya di semester-semester akhir, kalau di semester awal itu kami lebih sering mengadakan riset-riset mini, penelitian di sekitaran kampus, yang pastinya tetep berlandaskan ekonomi Alquran dan hadits. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau sejauh ini belum ada untuk konsentrasi di ekonomi syariah Lhokseumawe. 

Slide1

Ada tips buat mahasiswa baru Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe?

Kalau tips, jadi maba itu kan pastinya butuh waktu nih untuk beradaptasi, baik itu di lingkungan maupun kampus. Kalau di IAIN ini banyak mahasiswa yang asalnya dari jauh-jauh. Ada yang dari Medan, dan banyak juga dari luar daerah lain. Paling penting itu beradaptasi sama lingkungan, dosen, tugas-tugas tak terduga. Ekonomi syariah, base nya kan agama, jadi kan bagi yang mungkin lulusan SMA atau SMK mungkin perlu adaptasi sekali karena di awal-awal perkuliahan itukan kebanyakan pelajarannya Al-quran atau hadits. Jadi perlu beradaptasi. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips selanjutnya yaitu ikuti organisasi. Ikut organisasi sesauai kemampuan aja, gak semua organisasi juga di ikutin, itukan ada tahapnya juga. Jadi bertahap mungkin di awal semester ikutin organisasi yang ada di dalam jurusan aja dulu, karena kan organisasi itu penting juga untuk membangun relasi, nambah wawasan juga, terus tanggung jawab juga dalam organisasi.

seminar pembukaan akun saham kak

seminar pembukaan akun saham

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau alumni dari IAIN sendiri itu ada yang menjadi akademisi, ada juga yang pengusaha, terus juga ada yang melanjutkan ke S2 jadi ekonom, jadi dosen pengajar, dan ada juga beberapa yang bekerja di lembaga keuangan syariah. 

Q&A 

  • Perbankan syariah bagus gak kak?

Sebenernya untuk jurusan itu semuanya bagus, di IAIN sendiri di fakultas kami yaitu Ekonomi dan Bisnis itu ada tiga jurusan atau program studi, yang pertama itu ekonomi syariah, perbankan syariah, sama akuntansi syariah. Basicnya sama, semua berlandaskan sama Alquran dan hadits, jadi tergantung kita nya aja, mau fokus ke ekonomi yang umumnya, atau kita mau fokus ke perbankan aja. 

Kode konten: C317

Komen dibawah! 2

  1. Muhammad Fachrurazi

    Bagaimana tanggapan Kepala Jurusan dan dosen2 lain nya yang ada di Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe jika ada mahasiswa yang terlalu over Latif di dalam kegiatan organisasi sehingga dapan meninggalkan mata kuliah.?

  2. Muhammad Fachrurazi

    Over aktif

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *