Ekonomi Syariah, Uncategorized, Universitas Islam Negeri

Ekonomi Syariah UIN Yogyakarta (Ade)

Ekonomi Syariah UIN Yogyakarta (Ade)

Halo sobat intipers! Aku Ade Surya Sukma. Jurusan Ekonomi Syariah UIN Yogyakarta angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ekonomi Syariah UIN Yogyakarta?

Fakultas ini merupakan fakultas pertama yang ada di seluruh PTKIN yaitu UIN, IAIN, STAIN, dan ekonomi syariah ada didalamnya, karena ini adalah program studi pertama di seluruh ndonesia, ini merupakan bauran dari fakultas syariah hukum. Sebelum ada fakultas ekonomi dan bisnis islam ini lahirnya ekonomi islam ini berasal dari fakultas syariah dan hukum, adapun prospek kerja dari jurusan ini lebih kepada keuangan-keuangan syariah, dan analisis kebijakan dan gimana mahasiswa itu dituntut tidak paham ekonomi secara konvensional, tapi ekonomi secara islam.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apalagi berbicara UIN ya, otomatis kita harus mesinkronisasi dengan keislaman. Biasanya ada mata kuliah ushul fiqih, tasawuf, mata kuliah ekonomi islam, kita belajar juga ekonomi konvensional kaya teorinya Adam Smith, jadi menyeimbangkan, kalau jargonnya UIN Suka kan “integrasi dan koneksi alam dengan keislaman”

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ekonomi Syariah UIN Yogyakarta?

Kalau alasan dulu kan saya bukan dari mahasiswa pesantren, saya bukan dari MAN, saya murni dari sekolah pada umumnya. Waktu SMA, jurusan saya IPS dan saya suka ekonomi. Dari dulu saya memang pengen ekonomi, dan kebetulan ada jalur SPANPTKIN, kalau jalur umumnya kalau gak salah itu kaya SNMPTN, saya ikut jalur tersebut dan saya memilih ekonomi syariah.

Jujur awalnya saya pengen ekonomi yang konvensional karena saya berlatarbelakang sekolah umum ya, karena di UIN seluruh indonesia tidak menyediakan ekonomi konvensional, otomatis saya memilih ekonomi konvensional.

pmb2-min

Kalau Ekonomi Syariah UIN Yogyakarta itu banyak hafalan atau hitungannya?

Kalau materi kuliahan itu rata-rata kita diajarin secara teori juga, ada praktikum juga ada, kaya praktikum ekoonomi syariah, statistik, perbankan syariah, juga ada praktikum pasar modal, kita belajar tentang investasi, tapi karena ini merupakan sarjana ekonomi, jadi belum seperti sarjana terapan, jadi kita lebih banyak hafalan-hafalan teori. Kemudian kalau untuk praktik lapangan kita belajar untuk mengolah data sendiri, belajar seperti teller atau costumer service di perbankan. Di UIN sunan kalijaga itu ada mini bank, jadi temen-temen bisa belajar praktik disitu.

visit company ke bursa efek Indonesia Jakarta

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi di program ekonomi syariah itu ada enam, yang pertama dalam keislaman itu ada studi fatwa, ekonomi politik, ekonomi internasional, analisis keuangan negara, evaluasi proyek (manajemen resiko), saya lebih memilih keuangan negara, evaluasi proyek, dan ekonomi internasional, karena menurut saya pas dengan passion saya dan alhamdulillaah saya bisa memahami mata kuliah tersebut.

Kalau studi fatwa itu kita sebagai mahasiswa juga tau fatwa itu hadir. Kalau evaluasi proyek, kalau saya memahami sendiri seih lebih ke pembelajaran teknik sipil, saya belajar bagaimana membangun proyek, terus ada juga analisis keuangan negara, ini menganalisis suatu APBD dan APBN menurut undang-undang. Kemudian ekonomi internasional membandingkan seluruh kegiatan ekonomi diseluruh dunia, ibaratnya komparasi. Kemudian ada lagi ekonomi politik, kalau temen-temen tertarik dengan hal-hal politik, jadi politikus, ekonomi politik pilihan yang tepat.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk ada SPANPTKIN melalui nilai rapor, kemudian UMPTKIN tes kaya SBMPTN, terus ada jalur mandiri ada dua, CBT dan PBT. Jadi ada 3 jalur, kemudian ada jalur prestasi kaya jalur portofolio seperti pernah juara atau apa, temen-temen bisa masuk lewat jalur prestasi, informasi lebih lanjut bisa di uinsuka.ac.id atau ig uinsk

Ada tips buat mahasiswa baru Ekonomi Syariah UIN Yogyakarta?

Kalau tips dan trik, awalnya kalau sya pribadi merasa salah jurusan, tapi kalau temen-temen mengikuti alurnya, dan temen-temen belajar, temen-temen gak akan merasa seperti itu kok. Terus di awal semester 1 dan 2 temen-temen bisa lebih visioner, lebih tertarik ke mata kuliah mana, agar nanti di semester akhir itu bisa jadi bahan skripsi temen-temen, ketika di semester akhir paham secara teori dan data.

Jadi untuk maba jangan terlalu overthinking dan insecure, kalau kuliahnya mau lebih fokus, harus siapkan dari awal. Lebih bak dari sekarang udah mawas diri, fokus pada satu mata kuliah dan mendalami hal tersebut.

Untuk maba, pikirkanlah sebagaimana temen-temen di semester 6 dan 7.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerja saya lebih merasa mengerah kepada pembuat kebijakan, misal di pemerintahan, Bank central, ataupun di Baznaz. Itu 3 unsur tersebut, bagaimana temen-temen bisa membuat kebijakan terkait ekonomi keuangan syariah. Tapi temen-temen juga dibekali dengan ilmu kewirausahaan bisa. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau untuk saya sendiri, saya cari kerja dulu baru lanjut ke S2, saya tertarik dengan S2. Minimal ekonomi syariah, atau ekonomi perencanaan

 

Q&A

  1. Peluang buat masuk ekonomi syariah UIN Suka berapa ya?

Kalau diliat peluang, sebenernya ini saya baru dapet informasi sih, bahwasannya di UIN Sunan Kalijaga itu peminat pertama dari UMPTTKIN, jadi kalau dilihat secara real nya, di ekonomi syariah itu 1:40 orang, tapi temen-temen jangan pesimis dulu, soalnya Allah tuh gak pernah salah memberi rezeki.

  1. Suka duka di Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga?

Suka nya, dosennya muda-muda, jadi kalau dikelas itu asik dan nyambung, tapi kalau dukanya kaya beberapa prosedur yang belum pas kaya penempatan PKL nya belum jelas, dukanya itu di tahun saya dan alhamdulillah di tahun selanjutnya sudah ada perbaikan, ditambah lagi di tahun saya waktu mau wisuda online.

  1. UKT di Ekonomi mahal gak?

Kalau UKT 1 itu 400, UKT II 2.950.000 kalau gak salah, UKT III 3.900.000, selisihnya 1jt semua sampai UKT VII. UKT tergantung dari penghasilan orang tua. 

 Kode konten: C618

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *