Ekonomi Syariah

Ekonomi Syariah Universitas Gunadarma (Abdurraafi)

Ekonomi Syariah Universitas Gunadarma (Abdurraafi)

Halo sobat intipers! Aku Abdurraafi Rasyid Ridho jurusan Ekonomi Syariah Universitas Gunadarma angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Gunadarma itu seperti apa?

Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi umum itu dalam ekonomi syariah kita belajar ilmu ekonomi yang tentunya sesuai dengan namanya yang sesuai dengan agama Islam dan tuntunan Al-quran hadits dan turunannya, yang mana disana terdapat perbedaan misalnya ketika belajar ekonomi mikro ada ekonomi mikro syariah, intinya semua mata kuliahnya itu sesuai dengan pelajaran Islam.  

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Gunadarma?

Kalau saya pribadi melihat ekonomi syariah ini melihat peluangnya sangat tinggi, mungkin disini temen-temen mikirnya nanti akan jadi bankir syariah, padahal enggak seperti itu, padahal prospek kerjanya sangat luas, bisa berkarir di perbankan syariah, bursa efek juga, dan bisa di Bank Indonesia. 

Bank Indonesia kan ada subdivisinya tentang ekonomi syariah, jadi sebetulnya luas dan saya melihat potensi disana. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang menarik itu ada namanya kewirausahaan bisnis syariah, mata kuliah itu membahas bagaimana kita memprojek sebuah bisnis yang didalamnya itu ada sistemnya, bagaimana cara bekerja bisnis tersebut dengan landasan syariat islam, jadi gak boleh ada riba ketika dalam transaksinya, cara menjualnya tidak boleh menipu harus transparansi, dan gitu juga misalkan kita membuat produk di sektor makanan, makanannya itu harus jelas bahan bakunya, bagaimana kita mendistribusikannya kepada kostumen. Intinya projek based on learning kalau di kewirausahaan bisnis syariah. 

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi karena memang jurusan ekonomi syariah ini baru di Universitas Gunadarma, baru empat tahun jadi belum ada konsentrasi, jadi untuk saat ini belum ada konsentrasi atau pemecahan. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk di jurusan ini baru hanya satu jalur masuk, yaitu jalur beasiswa penuh. Jadi jalur beasiswa penuh itu untuk di tahun saya diambil dari SMA/SMK/MA yang berminat untuk beasiswa ini, mengirimkan satu delegasi ke Universitas Gunadarma, kemudian ketika lolos secara berkas, selanjutnya tes. Tesnya ada tes potensi akademik, matematika dasar, bahasa inggris, bahasa indonesia, baru tes terkahirnya itu tes wawancara dengan ketua prodi dan beberapa dosen.

Ada tips buat mahasiswa baru Ekonomi Syariah Universitas Gunadarma?

Untuk tipsnya ketika di ekonomi syariah ini pertama kalian harus pahami betul ilmu ekonomi dasar karena ketika belajar ekonomi syariah itu harus memiliki dasarnya. Setelah empat tahun terlihat perbedaan antara ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional, nanti akan banyak perbedaannya. 

Tips yang kedua itu harus banyak baca, ekonomi syariah ini kan ilmu sosial ilmu yang ibaratnya kita harus banyak membaca dari tulisan-tulisan atau literatur-literatur terlebih dahulu untuk membantu, terus diskusi juga penting. Ketika kita telah membaca tanpa diskusi, ilmu yang didapat tuh hanya dibaca saja tidak bisa eksplore lagi dan juga meminta pendapat dari yang lain agar teorinya tuh bisa lebih tergambar dan lebih nempel gitu. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Tadi aku udah sempet singgung ya, jadi ekonomi syariah itu sangat luas tergantung kita mau jadi apa. Kita bisa jadi akademisi misalnya jadi dosen di jurusan ekonomi syariah atau perbankan syariah. Kita bisa memegang mata kuliah tertentu misalkan bisnis syariah. Selain itu bisa berkarir di institusi ternama di Indonesia. Ada divisi nya tentang pengembangan ekonomi syariah, pasar modal syariah, bisa menjadi bekerja di TEDx, bisa juga jadi investor. Jadi jangan takut mencoba di ekonomi syariah, peluangnya sangat besar.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan setelah lulus tentunya pengen studi lanjut ke luar negeri antara UK atau malaysia, karena ekonomi syariah berkembang dengan pesat terutama di Inggris. Perbankan syariah disana itu menjadi motor perekonomian, padahal negara Inggris gak begitu banyak muslim tapi disana berkembang dengan baik.

Kemudian harapannya bisa menjadi influence atau bisa menjadi motivator bagi yang lainnya dalam hal pengembangan ekonomi syariah sendiri. 

Q&A

  • Kak kalau masuk ekonomi syariah ada organisasi yang memfokuskan pada kemajuan ekonomi syariah?

Ada, jadi kita organisasi sebenernya itu bisa dibilang ada tingkatannya, pertama dari tingkatan nasional itu namanya FOSSEI nasional, di regional ada namanya FOSSEI regional jadi turunan FOSSEI regional. Tingkatan universitas ada namanya kelompok studi ekonomi islam, itu biasanya organisasi internal tersebut kepada mengembangkan ekonomi syariah melalui gerakan mahasiswa.

Kode konten: C390

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *