Ekonomi, Universitas Negeri Medan

Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan (Nico)

Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan (Nico)

Halo sobat intipers! Aku Nico Suranta Pinem jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan itu seperti apa?

Secara umum, ilmu ekonomi ini lebih mempelajari kebijakan ekonomi yang akan digunakan oleh masyarakat, tidak lupa juga mempelajari manajemen bisnis ataupun statistik mengenai ukuran, politik, ekonomi, maupun ekonomi internasional.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan?

Awalnya sih karena memang ketertarikan terhadap yang namanya sebuah mata pelajaran SMA yaitu Ekonomi, terus berlanjut ke tingkat perguruan tinggi mengambil ilmu ekonomi di Unimed. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di Unimed itu sering dikenal dengan tugas KKNI, KKNI ini didalamnya ada tugas rutin ada pekerjaan rumah, yang kedua ada critical journal review, yang dimana mengkritik jurnal, biasanya sih minimal ada dua. Kemudian ada critical book review, kami mengkritik buku dan mengambil kesimpulan dari buku tersebut. Kemudian yang keempat ada mini riset, riset yang kecil-kecil dan nanti berbentuk proposal. Hasil dari mini riset yang kami buat, memperkuat ide-ide yang kami buat itu. Terakhir ada projek, kita membuat sebuah ide-ide yang diaplikasikan atau di interpretasi kan. 

Kalau mata kuliahnya pada umumnya ada dua, makro dan mikro. Makro biasanya mengenai ekonomi meluas negara, kalau mikro palingan mengenai hal-hal yang menengah kebawah kaya UMKM ataupun perdagangan antar pelaku ekonomi, begitu kira-kira. 

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi itu nanti di semester 7, ada empat konsentrasi yaitu ekonomi sumber daya manusia, sumber daya alam, perbankan ataupun keuangan, dan keempat itu ekonomi syariah.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk di Unimed ada tiga, yang pertama SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, saya masuk melalui jalur SBMPTN. 

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan?

Biasanya di Unimed itu mahasiswa barunya frustrasi mengenai tugas, ada enam tugas yang diberikan tiap mata kuliah. Tips nya lebih aktif bertanya pada senior-senior sebelumnya agar lebih mempermudah tugas-tugas itu, ada baiknya sebelum menjadi mahasiswa mempelajari pebelajaran digital terlebih dahulu, karena bermanfaat banget buat disaat-saat sekarang.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja ilmu ekonomi itu sebenernya sama saja dengan jurusan ekonomi lainnya, dan kebanyakan alumni jurusan ilmu ekonomi itu kebanyakan di badan perencanaan daerah, biasanya itu menganalisis ekonomi yang ada di daerah. Bisa juga jadi pembisnis, pengusaha, ataupun bekerja di bank swasta atau negeri, ataupun bisa jadi tenaga pendidik dan dosen. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau saya sih ingin melanjutkan ke jenjang magister, kalau saya sih pengen melanjutkannya ke luar negeri, pengen ke Australia. Kalaupun nanti belum, ada baiknya mencari pekerjaan untuk sekalian mengumpulkan uang.

Kode konten: C398

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *