Universitas Pendidikan Indonesia

Fakultas Pendidikan dan Mata Kuliah Jurusan Pendidikan.

Fakultas Pendidikan dan Mata Kuliah Jurusan Pendidikan.

Fakultas Pendidikan menelurkan mahasiswa untuk menjadi seorang guru adalah panggilan hati dan salah satu pekerjaan yang mulia. Tidak hanya mendidik di sekolah, menjadi guru adalah profesi agen perubahan untuk generasi ke generasi.. Mana nih sobat intipers yang bercita-cita menjadi seorang guru? Salah satu syarat menjadi guru adalah lulusan dari jurusan ilmu pendidikan dan keguruan. Banyak perguruan tinggi negeri  yakni fakultas pendidikan dan mata kuliah jurusan pendidikan yang memfasilitasi calon mahasiswa untuk menimba ilmu tentang ilmu pendidikan. Perlu diketahui, jurusan pendidikan juga banyak cabangnyya ya sobat. Ada jurusan dengan konsentrasi prodi mata pelajaran seperti pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sejarah, pendidikan kimi, dan lain-lain. Ada pula jurusan yang menyiapkan mahasiswa nya nanti untuk menjadi pendidik di sekolah sederajat seperti pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan teknik bangunan untuk sekolah menengah kejuruan, dan prodi lainnya. Banyak yang nantinya kita akan pelajari di salah satu fakultas pendidikan. Mimin spill sedikit saja ya, pada jurusan pendidikan ujian praktiknya ada yang berupa micro teaching, yaitu simulasi pengajaran di dalam kelas jadi nanti sobat akan bertugas sebagai guru dan teman-teman kelas sobat akan berperilaku sebagai peserta didik pada umumnya. Menjadi mahasiswa jurusan pendidikan sudah pasti magang nya di sekolah ya sobat, setiap program studi jurusan pendidikan memiliki program dan kurikulum yang di sesuaikan. Kebayang kan kita menjadi center diantara para peserta didik seperti kalian waktu jadi murid dulu, hehehehe. Mau mimin spill lagi? Yuk baca artikel yang mimin tulis untuk sobat intipers tericnta di bawah ini ya.

 

Fakultas Pendidikan di PTN dan PTS Terbaik.

Sebenarnya banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan-jurusan pendidikan di Indonesia. Dari perguruan tinggi negeri juga perguruan tinggi swasta masing-masing memiliki program studi jurusan pendidikan beserta akreditasinya.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Perguruan Tinggi Negeri:

Perguruan Tinggi Swasta:

 

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan.

Kuliah di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan itu cukup sulit dan tapi menyenangkan. Selain mempelajari silabus yang berlaku pada departemen pendidikan dan kurikulum sekolah, kita juga mempelajari ilmu teaching dan bonus parenting hehehe. Berikut mimin akan spill mata kuliah yang pernah mimin dapatkan pada waktu mimin kuliah ya.

  • Pengantar pendidikan

Pada mata kuliah pendidikan kita dibekali tentang peran-peran pendidikan yang diimplikasikan di seluruh institusi pendidikan. Kita juga mempelajari tentang landasan pendidikan dari masa ke masa dan tokoh pendidikan yang berpengaruh di dunia.

  • Psikologi Belajar dan Pembelajaran

Cabang ilmu psikologi itu cukup beragam, salah satunya psikologi belajar dan pembelajaran. Para murid memiliki kepribadian dan kondisi psikis yang berbeda, oleh karena itu penting untuk mahasiswa pendidikan mendapatkan ilmu tentang psikologi belajar dan pembelajaran.

  • Pengantar Bimbingan dan Konseling

Karena mimin kuliah di prodi bimbingan dan konseling, pasti dong mimin mendapatkan ilmu dasar tentang Bimbingan dan Konseling. Nah, pada mata kuliah ini kita mempelajari tentang serangkaian kegiatan yang menyangkut tentang bimbingan dan konseling. Tujuan dari mata kuliah ini adalah penguatan materi tentang fungsi bimbingan dan konseling, asas- asas bimbingan dan konseling, dan hakikat-hakikat bimbingan dan konseling.

  • Pengantar Konseling

Sebelum menjadi konselor atau Guru BK kita sebagai mahasiswa bimbingan dan konseling ditempa dengan ilmu-ilmu konseling lainnya, salah satunya pengantar konseling. Konseling adalah jenis terapi berbicara yang memungkinkan seseorang untuk berbicara tentang masalah dan perasaan mereka dalam lingkungan yang rahasia dan dapat diandalkan.

 

  • Psikologi Pendidikan

Tidak hanya psikologi belajar dan pembelajaran, kita mahasiswa bimbingan dan konseling juga mendapatkan mata kuliah psikologi pendidikan. Psikolog pendidikan menerapkan teori perkembangan manusia untuk memahami pembelajaran individu dan menginformasikan proses instruksional. Psikolog yang bekerja di sub bidang ini menelusur tentang penerapan pendidikan di Indonsia dan bagaimana individu belajar dalam berbagai pengaturan untuk mengidentifikasi pendekatan dan strategi untuk membuat pembelajaran lebih efektif.

  • Manajemen Sekolah

Sebagai calon pendidik yang akan mengajarkan nilai-nilai baik kepada para murid, calon pendidik secara professional juga harus memahami pengelolaan unit-unit pada instansi pendidikan, salah satunya sekolah. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa sebagai calon pendidik memiliki pemahaman tentang Manajemen Berbasis Sekolah dan perundang-undangan lain yang berkaitan dengan pengelolaan rumah tangga sekolah di era otonomi sekolah. Mahasiswa sebagai calon pendidik wajib memiliki pengalaman tentang bagaimana pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan diimplementasikan di sekolah-sekolah, salah satunya melalui program Magang Sekolah.

 

Untuk lebih membantu sobat intipers menggambarkan tentan jurusan pendidikan, mimin akan berikan video dari sobat intipers kami yang merupakan mahasiswa dari jurusan pendidikan ya. Jadi gimana nih, sudah mantap kuliah di salah satu prodi di fakultas pendidikan dan mempelajari seluruh mata kuliah jurusan pendidikan? Semoga makin mantap ya!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.