Farmasi

Farmasi Institut Teknologi Sumatera (Mey)

Farmasi Institut Teknologi Sumatera (Mey)

Halo sobat intipers! Aku Islamey Rahmasari dari Farmasi Institut Teknologi Sumatera angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Farmasi Institut Teknologi Sumatera seperti apa?

Farmasi di ITERA masuk ke dalam program studi, nah farmasi ini banyak orang yang tau tentang obat, tapi sebenarnya kami tidak hanya mempelajari obat, tapi belajar juga tentang obat herbal, kosmetika. Yang dipelajari bukan hanya pembuatannya tapi bagaiamana penggunaannya yang baik, apa yang terjadi dengan tubuh dan obat ketika kita mengkonsumsi obat. Banyak orang taunya nanti itu di apotek, tapi tidak hanya di sana, ada di rumah sakit, dinas kesehatan, BPOM.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Farmasi Institut Teknologi Sumatera?

Sebenarnya tidak ada alasan memilih farmasi, karena lebih ke pilihan keluarga. Dulu, tiga tahun yang lalu saya harus pulang ke Lampung dan pilihan dari keluarga itu Farmasi, kebetulan Farmasi yang negeri di Lampung hanya ada di ITERA. Sekarang kuliah di jurusan ini menyenangkan, karena yang orang tau farmasi belajar obat dan kimia saja, padahal tidak, farmasi mempelajari semuanya, fisika, matematika, biologi, semuanya ada, sosialnya pun ada, kita mempelajari manajemen juga, semuanya menyenangkan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada banyak sekali, tapi semester ini yang sedang saya pelajari ada Farmakokinetik dan biofarmaset, untuk teman-teman yang tertarik kefarmasi bisa di coba sendiri kenapa ini menjadi khasnya. Semester lalu ada mata kuliah pilihan sistem informasi manajemen, jadi kita mempelajari informasi manajemen di farmasi, semester ini mempelajari manajemen farmasi di rumah sakit dan apotek. Farmasi banyak sekali praktik, satu semester bisa sampai 4 praktikum, bisa 10-11 modul, jadi pergi ke laboratorium dan laporan hal biasa. Praktikum sekarang ini terpaksa online, diskusi dengan dosen, menonton video.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, kelompok keahlian ada dua, ada sains teknologi dan biologi farmasi, kedua farmakologi dan farmasi klinis,  mata kuliah pilihan bisa di ambil semester 4, saya ambil  farmakologi dan farmasi klinis. Konsentrasi sains teknologi dan biologi farmasi ini bisa buat temen-temen yang menyukai teknologi, biologi farmasi, bidang ilmu bahan alam. Sedangkan farmakologi dan farmasi klinis bagi teman-teman yang senang ketemu pasien, menjelaskan obat, dan manajamen.

schooters

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 4, jalur SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN Barat dan prestasi khusus dan ketentuannya bisa di cek di pmb.itera.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Farmasi Institut Teknologi Sumatera?

Tipsnya belajar aja dulu, fokus, kuatkan dasarnya, matemtika, fisika, kimia dan biologi, karena itu sangat bermanfaat sampai akhir.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kebetulan saya angkatan pertama di ITERA, jadi belum ada alumninya. Untuk prospek kerjanya bisa bekerja di industri farmasi dan makanan, distribusi farmasi atau PBF. Lembaga pemerintahan seperti BPOM, Kemenkes, puskesmas, TNI, Polri. Bisa juga di farmasi komunitas seperti membangun apotek, farmasi rumah sakit, laboratorium klinik, akademisi penelitian ataupun wirausaha.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Melanjutkan studi saya kembali, kuliah lagi, karena memang sebuah kebutuhan untuk bekerja di pelayanan untuk lebih matang dan memberikan pelayanan maksimal kepada pasien, perlu untuk kuliah lagi di profesi apoteker di pulau Jawa dan nanti karena saya bercita-cita menjadi pengajar atau dosen, jadi setelah profesi apoteker saya berencana studi tingkat lanjut.

Kode konten: C452

Komen dibawah! 2

  1. Elya Puji

    Halo kak, terim kasih untuk penjelasannya, maaf sebelumnya saya ingin bertanya, di ITERA sendiri belum ada sekolah profesi nya ya kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *