Farmasi

Farmasi UI (Rizky)

Farmasi UI (Rizky)

Halo sobat intipers! Aku Rizky Clarinta Putri Farmasi UI angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Farmasi UI itu seperti apa?

Farmasi itu penggabungan dari medical science dan chemistry, kita belajar menemukan obat-obatan dari alam atau membuat obat di lab. Setelah kita membuat senyawa, kita akan berusaha membuat senyawa ini dalam bentuk tablet, sirup, dsb. Kemudian, dianalisis, setelah itu kita pastikan obat ini punya efek penyembuhan, aman dan bermutu. Selain membuat, kita juga harus memastikan obat terdistribusi dengan baik kepada pasien, maka dari itu nanti kita akan bertemu temen-temen apoteker dan farmasis yang ada di apotek. Gak sampai di situ, kita belajar memastikan pasien minum obat dan harus monitoring penggunaan obat yang dilakukan pasien. Jadi banyak yang dipelajari. Nah, farmasis  kalau lanjut profesi akan jadi apoteker. Apoteker itu tenaga kesehatan yang ahli banget urusan obat secara detail.

Banyak juga yang mengira farmasi itu buat obat aja, ternyata enggak. Di undang-undang semua yang dibuat oleh farmasi itu disebutnya sediaan, nah sediaan ini ada obat dari bahan alam, bahan obat dan kosmetik. Jadi, pasta gigi, sabun, skin care, blush on,  itu ranahnya farmasi.

Slide5

Banyak juga yang nanya farmasi itu susah atau enggak, enggak ya malah menyenangkan!

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Farmasi UI?

Jujur Farmasi itu bukan pilihan awal aku, aku lulus SMA di 2015 dan daftar ke Kedokteran di banyak universitas tapi gak ada yang keterima terus aku nganggur setahun, dan tahun berikutnya aku daftar lagi. Di Simak UI ini aku ngambil Farmasi dan itu direkomendasikan saudara aku. Saat itu aku gak kebayang sama sekali jurusan ini seperti apa. Sebenernya gak nyangka juga bisa keterima di Farmasi, UI pula karena aku anak daerah dari Sumatera juga jadi kaya gak mungkin, apalagi aku bukan orang yang sangat mahir Kimia maupun Matematika. Tapi Alhamdulillah rezekinya aku di Farmasi, jadi semoga bisa buat semangat yang lain, meskipun kalian gak terlalu bisa Kimia, ya gapapa dicoba aja dulu karena di kuliah semua dimulai dari 0. Memang di awal aku masih sulit menerima karena gak keterima di jurusan yang aku pengen, tapi makin ke sini aku sadar kalau Farmasi ini jurusan yang luar biasa banget.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Farmasi UI?

Di UI itu khusus ada namanya rumpun ilmu kesehatan jadi kita belajar beberapa mata kuliah satu kelas sama jurusan Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan. Mata kuliahnya ada ilmu biomedik dasar, etika hukum, komunikasi kesehatan. Di sana kita saling tuker informasi sama temen beda jurusan, jadi kita juga diajari untuk menghargai semua profesi dan belajar kolaborasi. Itu uniknya di UI.

Favorit aku itu Teknologi Kosmetik, kita belajar bikin liptint, lip cream, skin care, dll. Ada juga Kimia Medisinal yang belajar bagaimana satu gugus fungsi bisa mempengaruhi efek obat dalam tubuh, Kimia Zat Toksik itu kita nyaris tahu residu, racun juga. Gak cuma belajar tentang farmasi kita juga belajar kewirausahaan, terus belajar menganalisis sediaan. Farmasi Fisika itu juga ada tapi fisikanya bukan kaya di SMA ya, hampir semua materi kimia di SMA ini diaplikasikan di sini. Ada satu materi Kimia di SMA yang waktu sekolah dulu bingung fungsinya buat apa, ternyata materi itu membantu kita untuk menentukan waktu kadaluwarsa obat atau produk. Jadi, buat yang suka dan ingin mengaplikasikan Kimia aku bisa rekomendasiin masuk jurusan ini.

Kita juga belajar teknologi sediaan, kaya buat infus, dsb. Farmakogenetik dan Farmakogenomik itu keren banget dan gak semua kampus mempelajari hal ini karena baru ada di Indonesia, jadi kita belajar bagaimana memprediksi penyakit seseorang hanya dari gen.

Oh ya, kita juga ada praktikum yang pake hazmat dan APD lengkap gitu di teknologi sediaan steril, itu gak terlupakan, sih.

Dosen-dosennya juga mendidik kita, selain mengajarkan materi tapi juga memberikan life advice buat kita.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk sarjana itu gak ada pembagian ya, jadi sama aja belajar semuanya. Ada juga nanti di program profesi itu dibagi dua yaitu klinis dan industri. Kalau klinis ya pasti ke rumah sakit dan apotek. Industri itu lebih ke pabrik obat, dsb.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk ada 4, ada yang namanya itu reguler dan pararel. Kalau yang reguler biaya kuliah by request ya kita bisa request, beda kalau yang pararel sudah ditentukan besaran biayanya untuk semua mahasiswa. Jalur reguler ada SNMPTN, SBMPTN dan Simak UI. Kalau pararel ada 2 jalur yaitu Simak UI dan PPKB. PPKB itu kaya SNMPTN tapi dari UI.

Di tahun 2016 itu yang daftar Farmasi jalur Simak UI reguler ada sekitar 1000 orang dan yang keterima 24 orang, jadi pas lihat itu aku juga kaget dan berterima kasih bisa keterima. Apalagi SNMPTN tahun ini Farmasi masuk top ten peminat terbanyak. Daya tampungnya sendiri tiap angkatan itu 130-180 orang dari semua jalur.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Segera temukan cara belajar efektif kalian, karena materinya banyak dan waktunya lebih singkat daripada pas sekolah. Harus rajin mengulang-mengulang karena gak hanya kimia, tapi juga biologi dan botani, kita juga banyak menghafal. Jangan menyerah ya, dan kalau orang lain bilang sulit itu jangan dijadikan mindset karena belum tentu akan sulit buat kita kan kapabilitas tiap orang beda-beda.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa kerja di apotek, rumah sakit, cosmetic company, di pemerintahan, BPOM, pabrik makanan juga bisa. Kita juga bisa jadi enterpreneur karena kita kan belajar buat kosmetik dan suplemen ditambah sekarang ini perizinan dari BPOM itu lebih dipermudah.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Setelah lulus aku mau langsung lanjut profesi apoteker 1 tahun lalu S2 sambil bisnis dan mengembangkan proyek sosial.

Q&A                      

  1. Apa ada kelas internasional di Farmasi UI?

Farmasi UI kita belum ada kelas internasional, tapi meskipun gitu ebook dan jurnal yang kita pakai biasanya berbahasa Inggris.

  1. Ada materi pelajaran yang wajib dipelajari sebelum masuk jurusan ini?

Sebenernya gak wajib tapi akan sangat mendukung kalau punya basic pelajaran Kimia dan hitungan, tapi kalau pun lemah di bidang ini ya gapapa asal mau berjuang. Nanti juga bakal ketemu sama temen-temen yang bakal ngajarin kita dan dosen pun welcome banget untuk ngajarin kita.

Kode Konten: Y236

Komen dibawah! 11

  1. Celcius

    Assalamu’alaikum kk rizky,
    Kak aku pengen jg msk farmasi ui lewat simak ui jg,dan aku anak gap year jg. Sbmptn th ni aku cari aman ambil farmasi d kampus daerahku,dan aku mau ambil farmasi ui lewat simak.
    Cerita kakak sama bat dg ku gak terlalu mahir d kimia dan mtk.
    Mau tnya kk apa tips belajar simak ui ya kk?

    • rizkyclarintap

      waalaikumussalam hai celcius. kamu bisa panggil aku Rara 🙂 Jadi aku maksimalin di soal2 bahasa, selain itu aku berusaha agar setidaknya dari semua materi kimia, harus ada yg aku bisa walaupun tidak semua begitu pula mtk. Dari sekian banyak materi pasti ada yg kita bisa. Jadi walau kita tidak paham semua, setidaknya kita tahu dasar semua materi dan kuasai berapa aja sebisa kita. Kalau kita udah usaha, kita tinggal berdoa dan banyak sedekah hehe Walau ga bisa kimia, alhamdulillah aku punya temen2 yg sabar buat ngajarin aku selama kuliah. Farmasi ga semua kimia kok, matkul yg berhubungan dengan biologi banyak banget juga. Karena kita kan mesti tahu anatomi fisiologi manusia dan juga belajar patofisiologi penyakit, biar bisa bikin obat yg tepat untuk pasien 🙂

  2. Celcius

    Makasih kk rara

  3. Putri

    Assalamualaikum kak rizky, aku mau tanya
    Aku kan skrg lagi kuliah jurusan D3 Farmasi, nah rencana mau lanjut S1 sama apotekernya. Kira” di UI apakah ada kelas konversi dari D3 ke S1 nya nggak ya? Dari dulu UI jadi favorit aku. Dan mau kuliah di sana juga hehe
    Terimakasih kak sebelumnya 🙂

  4. Vina

    Kak aku gak terlalu jago-jago banget di pelajaran kimia.Tapi ada rasa “pengen” gitu masuk farmasi dan meracik obat, pengen ambil tapi takut ga bisa survive. Menurut kakak gimana? Semoga dijawab. Makasih kak

    • rizkyclarintap

      Me too. Aku juga ga nguasai kimia. Tapi kalau kamu punya kemampuan menghapal yg baik dan bisa berusaha rajin menyicil belajar dari jauh2 hari.
      Bisa survive kok. Farmasi lebih banyak biologi nya sejujurnya

  5. Vina

    Okee makasih kak sarannya ☺️

  6. Falyaumi

    Assalamualaikum kak, mau tanya di UI itu ada D3 farmasi nya apa tidak?
    Makasih kak

  7. Angely

    Selamat malam kak, saya ingin menanyakan tentang cara berpakaian mahasiswa farmasi ui itu seharusnya berpakaian seperti apa ya untuk cewe? Dan apa yang harus di hindar? Trimakasih kal harap balasannya ya 👍🏻

  8. Sofyan Putra Al Yusuf

    Assalamu’alaikum Kak,
    Sya salah satu siswa SMK kesehatan jurusan farmasi sya mau bertanya beberapa:
    1. sya mau nanya kak pelajaran tersulit di farmasi itu di bagian mananya kak lebih sulit di bagian teorinya atau praktek nya kak?
    2. Klau orang dg tipekal krg /lemah terampil di bagian praktek gitu gimana kak, jg d smknya alat labor ny krg lengkap jd masih banyak teori dibanding praktek nya dan itu yg membut krg keterampilan praktek nya
    apakah nntinya bakal kesulitan kak dalam menjalani perkuliahan nya apalagi farmasi banyak prakteknya.
    4. Di farmasi bisa dibilang jurusan yg sulit dg tugas yg banyak dan waktu kuliah yg begitu padat , kakak selama kuliah ada ikut organisasi engga kak?
    Bagaimana kak tips2 agar dapat memanajemen waktu dengan baik
    Antara membagi waktu utk belajar farmasi dan berorganisasi nantinya kak?
    5. Apa dasar2 pelajaran yg perlu lebih di perdalam selama di SMA kak ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *