Farmasi, Universitas Brawijaya

Farmasi Universitas Brawijaya (Hendri)

Farmasi Universitas Brawijaya (Hendri)

Halo sobat intipers! Aku Hendri Wahyu Ningrum dari Farmasi Universitas Brawijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Farmasi Universitas Brawijaya seperti apa?

Jurusan farmasi seperti kebanyakan orang tahu, jurusan ini ga jauh dari obat. Intinya benar tentang obat, tapi ga semuanya tentang obat, dari sana lebih luas lagi, tentang kosmetik, skin care, bahan makanan, biasanya di paradigma orang-orang lulusannya akan kerja di apotek, sebenarnya ga seperti itu, lulusan farmasi itu luas, misalnya dari peralatan body care yang setiap hari kita pakai, itu kita mempelajari, jadi ga terbatas di obat. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Farmasi Universitas Brawijaya?

Jadi sebenernya masuk jurusan farmasi karena kecelekaan, bukan ini jurusan yang aku inginkan, dulu aku masuk jalur SNMPTN dan itu yang milih orang tua ku, sebelum masuk farmasi, aku itu udah keterima dua beasiswa, yang pertama.beasiswa kedokteran di salah satu universitas swasta, tapi ga saya ambil karena beasiswanya itu bersifat farsial, kemudian yang kedua ada beasiswa BCA mengenai akuntansi, tapi jatuhnya sama orang tua milih farmasi. Akhirnya dijalani sampai sekarang, ga ada niatan masuk farmasi, dan pas SMA pengen banget di kedokteran. Sekarang bersyukur banget bisa di terima dan masuk di jurusan farmasi, sama tetap memperbaiki kualitas diri, ga papa saya salah jurusan yang penting ga salah masa depan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Di farmasi mata kuliahnya kebanyakan tentang kimia, tapi kita belajar tentang obat mengetahui atau membuat obat kalo kit aga tau penyakitnya seperti apa, jadi kita belajar tentang semua penyakit, mulai dari matkul kedokteran seperti fisiologi, anatomi, juga biokimia. Jadi kita tetap mempelajari semuanya, tapi fokusannya banyak kimianya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jadi kalo di farmasi UB ada 5 departemen, terdiri dari departemen kimia, farmasatika, bahan alam, klinis, dan komunitas. Setiap departemen memiliki arah gerak yang berbeda, tapi kita di S1 tetap belajar semuanya, yang membedakan di tugas akhir, kita lebih ke penjurusan, misalkan farmasi klinis, kita ingin bekerja di rumah sakit, ya kita lebih ke farmasi klinis, atau misalkan kita senang di bagian industri membaut komestik di bidang farmasitika, atau di perkembangan bahan obat alam, tapi kita tetap mempelajari semua.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri. Kalo SMPTN sleksi sejak SMA lewat nilai raport, SBMPTN seperti sekarang UTBK, seleksi mandiri ini seleksi yang diadakan langsung dari universitasnya. Informasi lanjut bisa diakses selmaub.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Farmasi Universitas Brawijaya?

Pertama tips dan trik jadi mahasiswa farmasi, harus rajin baca jangan malas malasan, karena tugasnya banyak laporan dan praktikum yang banyak menguras tenaga, apalagi hafalan juga, karena ga hanya perhitungan, tapi hafalan juga, menghafal pelajaran kedokteran. Di farmasi sendiri, jangan capek-capek lah, kalo kuliahnya offline, hampir setiap hari praktikum, jangan lupa jaga kesehatan dan jangan lupa belajar.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita masuk ke fakultas kedokteran, dimana fakultas kedokteran terdiri dari beberapa rumpun yaitu pendidikan dokter, perawat, gizi, dan farmasi. Jadi di UB lebih fokus ke farmasi klinis atau rumah sakit, namun tidak menutup kemungkinan itu kita bisa di semua bidang juga. Prospek kerjanya bisa diindustri, rumah sakit, apotek, atau dinas kesehata, badan narkotika nasional, dan kita bisa membuka usaha sendiri.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kuliahnya itu bukan 4 tahun karena kita ada tambahan 1 tahun profesi, cuma memang tidak diwajibkan, tapi memang sayang gitu kalo ga lanjut. Harapan saya ketika saya lulus S1 saya pengen lanjut ke profesi, kemudian melanjutkan ke S2 atau sambil berbisnis atau berwirausaha.

Kode konten: C383

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *