Farmasi, Universitas Gadjah Mada

Farmasi Universitas Gadjah Mada (Qowiyul)

Farmasi Universitas Gadjah Mada (Qowiyul)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Qowiyul  Amin dari jurusan Farmasi Universitas Gadjah Mada angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Farmasi Universitas Gadjah Mada itu seperti apa?

Farmasi itu salah satu jurusan kesehatan – selain pendidikan dokter, kedokteran gigi, keperawatan, yang memiliki fokus terkait obat-obatan. Di sini kami belajar menemukan sebuah obat, memproduksi obat, mendistribusikan obat hingga obat bisa sampai ke tangan pasien dan memiliki efek serta manfaat yang diinginkan.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Farmasi Universitas Gadjah Mada?

Sebenernya pas dulu SMA itu biasalah kaya anak-anak SMA kan masih bingung jurusan, terus coba-coba cari jurusan yang cocok buat aku. Awalnya aku gak kepikiran buat masuk farmasi. Awal-awal pengennya masuk teknik, ternyata pas SNMPTN gak ke terima untuk ke teknik, jadi pas SBMPTN aku beralih ke farmasi.  Aku akhirnya pilih Farmasi karena melihat pas SMA itu aku suka kimia, jadi pandangannya waktu itu karena aku suka Kimia berarti cocok masuk Farmasi. Selain itu, kakak ku juga Farmasi jadi udah ada gambaran tentang Farmasi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Farmasi Universitas Gadjah Mada?

Mata kuliah yang khas di Farmasi UGM, ketika di awal masuk kuliah, mata kuliah Kimia Organik ini jadi khas buat maba. Kimia organik itu suatu hal yang mengagetkan sih buat maba, karena kita belajar tentang struktur kimia yang dulu pas SMA tuh belum diajarin, tapi seru banget sih. Di farmasi ada mata kuliah yang hampir mirip-mirip kaya kimia di SMA tapi lebih fokus ke obat-obatan yang dasar-dasar di Farmasi.

Mata kuliah favorit, di awal ketika masuk jujur aku seneng mata kuliah Kimia Organik, mungkin karena faktor dosennya ya karena menginspirasi gitu. Semakin naik semester kan ada banyak mata kuliah baru yang udah lebih concern ke arah Farmasinya, ada Farmakologi, Farmakoterapi yang mempelajari tentang pengaruh obat ketika diberikan ke manusia serta mekanismenya. Nah aku suka mata kuliah.

pmb2-min

Kalau praktikum ini ciri khas anak saintek ya, apalagi anak Farmasi yang gak jauh-jauh dari praktikum. Jadi kehidupannya itu praktikum-laprak-praktikum-laprak kaya gitu. Ketika semester awal ada 3 mata kuliah yang ada praktikumnya. Salah satunya itu ada praktikum Anatomi Fisiologi Manusia, jadi kita belajar anatomi manusia ke temen-temen FK. Kita praktikum itu lama tapi bakal seru banget sih menurut aku.

Nah kalau laporan praktikum tergantung mata kuliah, ada yang mewajibkan individu ada yang berkelompok. Ada juga yang laporan praktikumnya itu tulis  tangan ya konvensional, ada juga yang suruh diketik. Tergantung dari mata kuliahnya masing-masing.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada beberapa konsentrasi di Farmasi UGM:

  1. Pertama, farmasi bahan alam, kita mempelajari tumbuhan-tumbuhan yang terdapat kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan.
  2. Farmasi industri, jadi kalau temen-temen tertarik untuk kerja di industri obat-obatan atau kosmetik bisa banget ambil concern ini.
  3. Lalu, Farmasi sains dan teknologi ini lebih fokus ke kimianya banget, penemuan-penemuan kimia dan obat-obat baru kimia.
  4. Farmasi klinis, nantinya kerja di rumah sakit, bertemu pasien dan memberikan obat yang tepat.

Mulai angkatan aku pak kurikulum baru, jadi gak ada peminatannya tapi nanti ada ambil mata kuliah tertentu.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk UGM ini ada jalur umum kaya SNMPTN, SBMPTN. Ketiga ada jalur mandiri, namanya UTUL UGM. Ada juga jalur PBSB, mungkin temen-temen yang santri atau anak pondok dan pengen masuk PTN itu ada jalur tersendiri. Informasi lebih lanjut tentang ujian mandiri bisa diakses di um.ugm.ac.id.

Fakultas Farmasi UGM setiap tahun menerima sekitar 240 orang. Itu satu fakultas, karena fakultas farmasi itu hanya ada 1 jurusan.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Ketika awal aku masuk Farmasi, merasa salah jurusan dan gak cocok Farmasi, ngelihat temne-temen kaya pinter-pinter semua sedangkan aku ketinggalan. Sempat juga kepikiran nanti semester 3 pindah jurusan aja gitu, tapi aku coba survive. Aku survive, coba memahami lingkungannya, nanti seiring berjalannya waktu kita bisa lah dan semakin yakin kalau ini memang udah jalan aku.

Jadi menurut aku poinnya itu jalani dulu aja. Memang itu sebagian dari proses perkuliahan sih menurut aku, merasa kurang cocok atau gak kuat itu proses. Seiring berjalannya waktu kita menemukan temen yang enak, solid dan kompak itu kita bakal merasa nyaman di jurusan tersebut.

Kuliah itu kan gak hanya sebatas kita mencari nilai akademik, mendapatkan IPK bagus. Penting juga untuk menjalin relasi dengan teman-teman, dengan join organisasi kan banyak ya di kampus. Pilih sesuai dengan minat dan bakat kita. Ketika udah join organisasi, harus bisa menyeimbangkan antara organisasi sama akademik.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kadang banyak mindset yang belum tahu tentang farmasi, “farmasi apa sih kerjanya? nanti cuma jaga apotik ya?”. Nah itu salah satu mindset kurang tepat dan perlu kita benahi bersama. Sebenernya prospeknya banyak, tergantung minat temen-temen. Kalau temen-temen cocok jadi akademisi, itu bisa lanjut untuk jadi dosen. Kalau berminat wirausaha bisa mendirikan apotik. Suka meneliti bisa banget jadi peneliti yang meneliti tentang penemuan obat. Lalu, banyak juga industri farmasi baik yang BUMN atau swasta yang bisa dimasuki alumni farmasi. Gak hanya di industri farmasi, bisa juga masuk ke industri kosmetik atau industri makanan.

Harapan dan rencana ke depannya?

Harapannya ketika lulus, aku bakal lanjut program profesi untuk dapat gelar Apt. Aku juga pengen lanjut kuliah di luar negeri kalau dapat beasiswa. Pengennya sih kembali ke UGM terus bisa jadi dosen di UGM.

Ngomong-ngomong soal program profesi itu sebenernya gak wajib, tergantung masing-masing. Kalau gak lanjut juga bisa langsung kerja atau kalau mau kerja dulu beberapa tahun baru ambil profesi juga bisa. Setahuku, kalau pas profesi itu lebih kepada latihian praktiknnya, beda sama S1 yang lebih ke teori. Ketika ambil profesi kita terjun langsung ke minat kita. Misal, ketika minat masuk industri, berarti nanti praktik kerja ke industri sehingga temen-temen bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat.

Q&A

  1. Materi yang paling susah?

Kalau ditanya yang paling susah tuh banyak, jadi bingung menjawab susahnya apa. Kalau ketemu mata kuliah yang susah, aku cari temen yang mereka tuh bisa ngajarin kita. Biasanya di angkatan itu ada beberapa orang yang fokus pinter di mata kuliah tersebut, jadi kita coba belajar ke mereka. Nanti insya Allah bisa.

  1. Mata kuliah fisika masih ada gak di jurusan ini?

Biasanya orang-orang kadang berpikir kalau masuk farmasi, mata kuliahnya tentang kimia. Sebenernya ada mata kuliah lain, salah satunya fisika, nama mata kuliahnya farmasi kimia. Berbeda sama fisika di SMA yang bahas tentang gaya pegas, dll.

  1. Tips biar masuk Farmasi UGM?

Kita set goal dan cari motivasi aja, kita punya tujuan kita apa dan cari motivasi untuk mencapai goal tersebut. Insya Allah kalau ketika kita udah set goal secara jelas kita pengennya apa, itu tercapailah cita-cita kita. Jangan lupa juga untuk berdoa.

  1. Praktikumnya megang menit atau enggak? Praktikum paling seru apa?

Ketika semester awal kan ada 3 praktikum, itu belum pegang mencit. Di semester 4 dan 5 udah mulai pegang mencit, namanya Farmakologi Eksperimental. Di situ kita pakai hewan uji, misalnya mencit yang kemudian diinjeksikan obat, atau bisa juga pakai hewan uji yang lain, misal marmut atau kelinci.

Praktikum yang paling seru itu selain yang pak mencit, itu ada praktikum Farmaseutika di sana kita belajar membuat obat dengan cara yang tradisional pakai mortir. Uniknya praktikum itu pake timer, misalnya disuruh dibuat beberapa sediaan dalam beberapa menit. Nantinya dipanggil tuh pas waktunya abis, kan itu bikin adrenalin meningkat ya tapi itu berkesan buat aku.

Kode konten: C193

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *