Farmasi

Farmasi Universitas Lampung  (Regi)

Farmasi Universitas Lampung  (Regi)

Halo sobat intipers! Aku Regi Afriyana jurusan Farmasi Universitas Lampung angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Farmasi Universitas Lampung itu seperti apa?

Kalau secara garis besar, jurusan farmasi in iorang-orang udah pada tau ya jurusan farmasi ini tentang obat, tapi bukan sesederhana itu. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kita belajar mengenai obat dari formulasinya, meraciknya, sampai pendistribusiannya kepada pasien atau konsumen. Farmasi juga mempelajari obat didalam tubuh, bagaimana efeknya, juga mempelajari seperti kosmetika dan juga makanan. Sebenernya banyak sih, gak cuman tentang obat aja tapi luas.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Farmasi Universitas Lampung?

Sebenernya dari awal SMA gak kepikiran sih akan milih farmasi, cuman karena kebetulan suka sam akimia waktu SMA dan karena orang tua juga basicnya kesehatan jadi mikir kuliah yang berhubungan dengan kesehatan tapi ada kimianya, jadi pilih farmasi. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di farmasi itu mata kuliah yang khas berawal dari kata farma, contohnya farmakoterapi, farmakognosi, farmakologi. Farmakoterapi itu mempelajari penggunaan obat atau bagaimana cara menyembuhkan penyakit dan gejalanya, biasanya diberikan suatu kasus dan kita menganalisanya. 

Farmakologi ini kita mempelajari bagaimana mekanisme obat dalam tubuh, bagaimana obat ini bisa menyembuhkan penyakit itu seperti apa. Untuk di farmakologi ini juga banyak cabangnya ada farmakodinamika, farmakokinetik, jadi kalau farmakodinamika ini mempelajari cara kerja obat didalam tubuh, sedangkan farmakokinetik ini mempelajari reaksi tubuh dalam menerima obat seperti apa.

Sejauh ini mata kuliah yang agak sulit itu di farmakoterapi soalnya disitu lebih kompleks, karena disitu banyak contoh kasus dan kita harus menyelesaikannya, kaya misal si A sakit ini dan komplikasinya ini, bagaimana obat-obat yang harus kita berikan gitu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di farmasi Unila ini sendiri ada 4 konsentrasi. Yang pertama ada konsentrasi farmasi klinis dan komunitas, kedua farmasi analisa kimia dan makanan, ketiga farmasi teknologi dan formulasi, dan yang terakhir biologi farmasi. Masing-masing memiliki kelebihannya.

Kalau konsentrasi farmasi klinis dan komunitas itu biasanya ruang lingkupnya terhadap pasien, biasanya kerjanya nanti ada di rumah sakit, klinik, dan juga puskesmas. Nah, alau analisa farmasi kimia dan makanan ini kita lebih fokus ke makanan. Biasanya nanti kerjanya mungkin di BPOM untuk pengecekan.

Kalau farmasi teknologi dan formulasi kita belajar untuk memformulasikan obat atau sediaan gitu. Itu bisa berupa obat atau kosmetik dan lain sebagainya. Kemudian biologi farmasi mungkin lebih ke bahan alam seperti itu. Bisa dari tumbuhan, mineral, gitu. Mungkin kalau secara umum dipelajari semua, cuman nanti lebih konsentrasinya kesana gitu. Jadi keterampilannya lebih kearah konsentrasi yang dipilih. Itu juga biasanya nanti memengaruhi untuk kerjanya mau kemana ruang lingkupnya. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di farmasi Unila ini baru ada dua, ada SNMPTN dan SBMPTN, untuk jalur mandiri dll belum ada. 

Ada tips buat mahasiswa baru Farmasi Universitas Lampung?

Mungkin untuk mahasiswa baru pasti akan kaget, kok tugasnya banyak, kok pelajarannya kaya gini, itu pinter-pinter kitanya sih buat bagi waktu. Kalau misalnya ada tugas langsung kerjain, kita gak perlu kerjain tugas yang bagus banget, tapi yang penting semuanya selesai dan gak sampai melewati batas, dan kalau mau ujian dicicil jadi gak sistem kebut semalam karena materinya banyak.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau untuk alumni belum ada, karena dari farmasi Unila ini baru ada dua angkatan, kebetulan saya angkatan pertama. Kalau secara garis besar sih biasanya jurusan farmasi ini lulusannya ke rumah sakit, di BPOM, di puskesmas jadi PNS, atau mungkin menjadi pedagang obat besar, penelitian, dosen. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana setelah lulus dari S1 farmasi ini ingin lanjutin ke profesi apoteker, kalau udah lulus profesi apoteker inginnya untuk jadi PNS, selain jadi PNS pengen punya klinik atau punya apotik sendiri. Tapi kalau impian yang bener-benernya pengen jadi PNS kak. 

Kalau jadi apoteker harus profesi dulu, karena kalau lulusan farmasi aja gelarnya S.Farm, kita harus ambil profesinya yaitu di pendidikan apoteker, biasanya selama 1-2 tahun. 

Q&A

  • Sebagai calon maba, apa yang harus saya persiapkan ya untuk memilih jurusan farmasi?

Masih calon maba ya, berarti kan masih belum tes. Mungkin lebih ke persiapan ke tesnya itu sendiri untuk masuk ke farmasi Unila, dipersiapkannya lebih matang, mungkin bisa baca-baca soal tahun lalu. 

  1. Kalau boleh tau, kakak masuk Unila jalur apa?

Kalau aku sendiri masuknya dari SBMPTN

  1. Untuk biaya kuliah farmasi Unila mahal gak sih kak?

Kalau untuk di farmasi Unila ini sendiri dia ada yang namanya UKT yaitu disesuikan dengan pendapatan orang tua, mulai dari golongan 1-8. Golongan 1 itu sekitar 500.000, golongan 2 1.000.0000, golongan 3 2.400.000, golongan 4 5.000.000, golongan 5 7.500.000, golongan 6 10.000.000, golongan 7 12.500.000, golongan 8 15.000.000, kalau yang finansialnya kurang, itu bisa mendapatkan bidikmisi, itu bebas bayar UKT.

Kode konten: C418

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *