Farmasi

Farmasi Universitas Surabaya (Meinangrb)

Farmasi Universitas Surabaya (Meinangrb)

Hallo teman-teman,perkenalkan saya Meinanda. Mahasiswi jururan Farmasi Universitas Surabaya angkatan 2016. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 8 semester yang mana semester 8 adalah semester terakhir saya di Farmasi. Penasaran? Yuk,disimak baik-baik.

Apa itu Farmasi ? Apa saja yang dipelajari ?

Jadi Farmasi itu adalah salah satu Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (PSSF UBAYA). Adanya program ini untuk menghasilkan lulusan siap kerja sesuai jurusan yang ada dengan memiliki kemampuan untuk mendukung pelayanan kefarmasian yang berkualitas sesuai peraturan perundang-undangan dan etika kefarmasian, dan memiliki karakter unggul untuk berperan sebagai pemberi layanan, pengambil keputusan, komunikator, pemimpin, manajer, pembelajar sepanjang hayat, pendidik, peneliti, serta wira-usahawan. Jadi saat pertama masuk perkuliahan akan mengira jika materinya tidak jauh berbeda dari SMA jurusan IPA (mudah dan santai). Ternyata sesusah itu dan sedisiplin itu (awalnya) setiap ujian ingin rasanya berhenti kuliah/pindah jurusan. Tapi niat itu dihilangkan mengingat jurusan ini saat lulus sangat worth it dan biaya semesteran yang cukup mahal. Tapi sekarang sudah ga berasa semester akhir. Menikmati proses yang sulit ternyata menyenangkan.

Nah kembali lagi apa saja yang dipelajari? Tidak hanya belajar tentang obat-obatan, Ada banyak materi perkuliahan yang diajarkan mulai dari belajar anatomi dan fisiologi, Memformulasikan suatu sediaan, membuat suatu sediaan obat dan kosmetik, mempelajari validasi proses dan analisi, penjaminan mutu sediaan, stabilitas produk obat, manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan masih banyak materi seru lainnya.

Slide5

Beberapa kali diantara kita mendengar orang mengatakan kenapa S1 sepertinya dianggap tidak jauh berbeda dengan D4 atau masih lebih rendah dari S2,tapi stigma itu salah menurut saya,kenapa? Karena S1 sendiri waktu kuliah yang ditempuh sudah jauh berbeda (lebih lama) artinya lebih banyak pembelajaran materi dan praktek yang diberikan. Ini merupakan keuntungan besar bagi saya yang bisa merasakan pengalaman magang bekerja di industri farmasi dan kosmetik, serta rumah rumah sakit (Apotek), yang mana akan bisa sebagai penunjang pencarian pekerjaan setelah lulus kuliah (menambah pengalaman kerja di CV). Ada banyak juga prospek kerja untuk lulusan ini seperti APA (asisten apoteker pendamping), dunia pendidikan, lembaga pemerintahan, bahkan bisa menjadi pengusaha.

Mata Kuliah dan Praktikum ?

Mata kuliah di S1 Farmasi cukup komplit karena akan membahas tuntas dunia farmasi. Tetapi ada 2 mata kuliah favorit saya yaitu Kosmetika medik dan praktikum teknologi kosmetika. Kosmetika medik atau disingkat kosmed di mata kuliah ini selain seminar akan mempelajari tentang bagaimana anatomi kulit yang langsung diajarkan oleh dokter kulit & kelamin (Sp.KK). Contohnya dari segi anatomi selain kita mempelajari bagaimana stukturnya kita dapat menentukan sediaan yang bagaimana untuk kondisi kulit normal, sensitif dan bermasalah. Sedangkan dari segi lainnya kita mempelajari mengatasi masalah jika suatu sediaan tidak dapat terpenetrasi dengan baik atau menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Mata kuliah yang kedua yaitu praktikum teknologi kosmetika yang mana ini adalah mata kuliah favorit saya. Kita mempelajari cara memformulasikan suatu sediaan dan membuat suatu sediaan. Contohnya seperti membuat jurnal tentang formulasi dan setelah itu membuat suatu sediaan kosmetik seperti scrub, foundation, lipstik, sabun,dan masih banyak lagi. Memang itu dalam skala kecil saja  (skala lab) Namun itu membuat saya bisa merasakan dan memiliki bayangan saat bekerja di salah satu industri kosmetik nantinya.

Tips untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Farmasi Universitas Surabaya

Mata kuliah ini di jurusan Farmasi ini banyak berkaitan dengan kehidupan (manusia). Maka,jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai senjata untuk menyelesaikan permasalahan. Banyak ilmu yang kita dapatkan dari dosen dan mengajarkan seharusnya ilmu yang kita dapat dikaitkan dengan pengalaman yang kita miliki dan untuk mengatasi permasalahan kita sendiri. Tips lainnya berdasarkan pengalaman pribadi adalah jangan minder dengan apapun. Jangan mudah menyerah saat proses perkuliahan karena memang jurusan ini sangat sulit awalnya. Cobalah untuk menikmati setiap prosesnya. Ssaat ujian jangan santai atau belajar sistem SKS. Bahaya banget bisa buat IPK kita turun. Saat kelas berlangsung perhatikan dosen menjelaskan sampai selesai jangan lupa mencatat. Pintar dalam manajemen waktu karena farmasi kuliahnya sepadat itu dan tugasnya gak kalah banyak. Tapi ingat tetap semangat dan belajar menerima hasil apapun akhirnya (saat nilai ujian keluar).

Ikuti Organisasi kampus dan kepanitiaan, tapi ga disarankan untuk mengikuti kepanitiaan yang banyak ( lebih dari 3) menurut aku. Mengingat jadwal farmasi cukup padat. Ikut Partisipasi setiap ada acara sebisa mungkin selain untuk menambah poin kemahasiswaan tetapi juga pengalaman. Jangan lupa untuk rajin mengikuti seminar karna poin dan sertifikatnya digunakan sebagai syarat kelulusan.

Prospek Kerja dan Alumni bekerja dimana ?

Lulusan Farmasi biasanya banyak bekerja Bidang pemerintahan seperti (Puskesmas,BPOM,dll),Bagian administrasi  pelayanan obat di instalasi (pemerintahan,polri,TNI),bagian apotek atau instalansi farmasi dirumah sakit,industri obat-obatan,industri kosmetik,industri makanan,bidang jamu dan tradisional,menjadi dosen.Oh iya,bagi kamu yang berminat menjadi wirausaha bisa membuka apotek sendiri.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Jujur,setelah lulus S1 Farmasi saya ingin melanjutkan pendidikan dengan mengambil profesi yaitu Apoteker ( APT). Setelah lulus profesi apoteker,saya ingin fokus membangun dan mengembangkan usaha saya yaitu apotek dan mencoba bekerja di bidang pemerintahan.sambil melanjutkan S1 jurusan hukum dan setelah S1 hukum lulus,saya berniat mengambil S2 hukum.Pesan saya untuk teman-teman jangan pernah takut untuk mencoba atau berbeda dengan yang lainnya tunjukan bahwa kamu bisa.

Jika teman-teman butuh informasi lebih detail boleh comment dibawah ya atau mungkin juga jika ingin share pengalamannya juga boleh … Terima kasih. 🙂

Kode Konten: X211

Komen dibawah! 1

  1. Siregar

    kak gmna yaaa kalo kita kerja tidak sesuai profesi lulusan kita ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *