Farmasi

Farmasi UNS / Universitas Sebelas Maret (Inna)

Farmasi UNS / Universitas Sebelas Maret (Inna)

Halo teman-teman intipers! Perkenalkan saya Inna zuhriah zain, mahasiswa jurusan S1 farmasi 2018 di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Menjadi bagian dari farmasi UNS selama hampir 2 tahun membuat saya ingin membagikan pengalaman saya selama jadi farmasis, jangan lupa dibaca sampai akhir ya. 🙂

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

PHARMASIST: Apa yang kami pelajari?

Pasti kalian udah tau dong farmasi itu apa, yang jelas kalian tahu pasti farmasi itu yang nantinya bakalan jadi apoteker atau menjual obat-obatan. Dulu saya kira ya apoteker itu cuman menjual obat aja, nyatanya tidak semudah itu. Bahkan farmasi juga tidak hanya mengenai obat-obatan kimia, tetapi juga obat-obatan herbal, jamu, dan tumbuhan-tumbuhan herbal. Ilmu di farmasi ini sangat luas, Kita bukan dokter yang bisa menganalisis penyakit tetapi kita harus tahu di mana target obat itu akan bekerja, misalkan obat itu memiliki target di usus maka dia harus tahan terhadap asam lambung sehingga bisa turun ke usus, singkatnya begitu. Jadi kita banyak belajar fisiologi manusia juga meskipun tanpa praktek. Nah kebanyakan lulusan farmasi nanti biasanya akan menjadi apoteker di rumah sakit maupun di industri, atau bekerja di klinik. Skuy, lanjuut!

SE-ASIK ITU!: Mata kuliah paling berkesan di Farmasi UNS

Kuliah di farmasi itu banyak banget praktiknya. Entah itu praktik buat obat, ataupun mengambil zat aktif dari tumbuhan, bahkan mainan tikus buat disakitin terus diobatin lagi. Dulu waktu pertama kali masuk di farmasi kaget banget. Ada satu praktikum dalam waktu 2 jam kita diminta membuat 2 obat yang kalau dibayangin mirip MasterChef. Di akhirnya dikasih waktu dan dihitung mundur 5,4,3,2,1 pas dihitung kayak gitu semuanya lari ke depan buat ngumpulin obat yang udah kita buat. Udah susah susah buat obat apalagi masih mahasiswa baru, waktu evaluasi malah dimarah-marahin gara-gara kerjanya berantakan dan gak bener. Tapi itu bener-bener berkesan banget karena memang bisa membuat kita terbiasa kerja cepat dan lebih cekatan. Bakal berguna banget kalau kita berada di situasi harus meracik obat dalam keadaan ramai pembeli.

Then, yang menarik lagi waktu kita percobaan pakai tikus dan mencit. Jadi kalau tikus itu punya ukuran yang lebih besar sedangkan mencit berukuran lebih kecil. Kita diajarkan handling tikus putih itu, cara megang nya gimana kita nyuntik tikus, minumin obat untuk tikus pakai suatu alat (sonde) yang benar.

pmb2-min

Di mata kuliah lain juga ada yang seru. Kita diminta buat bawa tumbuhan entah itu daun ataupun kulit buah atau buahnya yang jelas tumbuhan itu harus memiliki khasiat obat. Kemudian kita bawa ke kampus terus di kampus itu kita potong-potong, kita tipisin, dikeringin, terus sampai di blender jadi serbuk. Nantinya bisa kita buat menjadi jamu. Dengan beberapa alat-alat yang ada di laboratorium kita juga kita bisa ngerti berapa lama sih obat itu bisa tahan di lambung atau di tubuh. Yang jelas banyak banget pengalaman pengalaman kuliah yang sebenarnya bisa saya ceritakan tapi nggak mungkin karena terlalu panjang. Yang jelas di farmasi kamu bakal tetep dapet biologi, kimia, sedikit fisika, dan sedikit matematika. Jangan harap ke jurusan farmasi untuk lari dari fisika maupun matematika.

INDUSTRI & KLINIK: Apa saja konsentrasi di Farmasi UNS?

Dari farmasi UNS sendiri, nantinya bakalan dibagi jadi dua konsentrasi, yaitu industri dan klinik. Industri lebih ke kerja di dalam pabrik sebagain pembuat formula obat, evaluasinya dan sebagainya, biasanya kalau dalam industri seorang apoteker itu akan menjadi atasan atau manajer. dalam industri farmasi juga harus mempelajari teknik teknik farmasi yang menggunakan mesin-mesin dan prinsip dari mesin-mesin tersebut, sehingga kita dapat membuat obat dengan baik yang sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Membuat obat di industri itu tidak hanya diracik, jadi dan langsung di diberikan ke konsumen, akan tetapi dilakukan evaluasi setelah pembuatan. Misalkan pembuatan tablet maka dia akan dievaluasi apakah dia akan mudah hancur, apakah dia akan mudah terdisolusi, dan sebagainya. Nah sedangkan farmasi klinik akan bekerja pada rumah sakit, apotek, maupun klinik. yang jelas yang berkaitan dengan pasien secara lebih dekat. yang pastinya kalian udah sangat paham bagaimana pekerjaan farmasi klinik karena sangat sering ada di kehidupan sehari-hari kita.

Farmasi UNS

Kegiatan Praktikum

ANTI STRESS ALA MAHASISWA: Tips untuk mahasiswa baru

Tips buat kalian, karena di prodi farmasi itu bakalan sibuk banget banyak praktikum. Laporan praktikum yang bahkan tulis tangan dan bener-bener bikin capek. Di samping itu kalian juga harus bisa membagi waktu. Jangan cuman belajar dari mata kuliah farmasi saja. Yang jelas karena sibuknya anak farmasi itu yang bikin kita makin stress. Biasanya makin banyak kita punya teman maka rasa stres itu akan hilang. Untuk itu kalian harus menikmati kehidupan kampus entah itu ikut organisasi, ataupun ikut UKM yang ada di kampus.

Dengan ilmu yang kita punya di farmasi maka kita akan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari juga. Kalian akan punya kebiasaan setelah membeli obat pasti membaca komposisi dari obat tersebut. Rasanya bakal seneng banget kalau tahu tentang obat itu ‘oh ini aku pernah buat’ gitu. Nah setelah kalian punya banyak ilmu farmasi, kalian bisa membantu keluarga maupun teman-teman di sekitar kalian tentang pengobatan. Terpenting karena banyaknya tugas dan laporan yang menumpuk, maka jangan sampai kalian menunggu dekat waktu pengumpulan baru mulai mengerjakan. Pekerjaan yang mendekati deadline akan membuat kalian sulit untuk cross check apakah ada kesalahan di tugas-tugas kalian.

FARMASI JADI APA?: Prospek kerja

Prospek kerja mahasiswa farmasi itu tentunya di apotek, rumah sakit, klinik, industri farmasi, industri herbal, jadi dosen farmasi (kalau lanjut s2). Atau yang paling keren kita bisa bikin produk kecantikan yang bisa kita buat terkenal di pasaran, contohnya Wardah, Ertos, dan banyak lagi yang pastinya kalian tau. Atau mungkin bisa mengobati patah hati temen-temen, wkwkw.

Harapan dan Rencana: SEMANGAT AKUU! EH

Harapan saya setelah lulus S1 farmasi di Universitas Sebelas Maret tentunya akan melanjutkan pendidikan profesi apoteker dan kemudian akan membuat apotek sendiri, membuat klinik kecantikan berkolaborasi dengan dokter, dan saya akan membuat produk sendiri berkaitan dengan klinik tersebut, dengan catatan halal dan terjamin untuk muslimah. Saya juga ingin melanjutkan kuliah S2 di luar negeri dan menjadi dosen di suatu universitas, (aamiin, doain ya!) kalian pasti mikir cita-citanya banyak banget. Yang jelas kita boleh mimpi setinggi-tingginya, kita harus mencoba berkali-kali meskipun terkadang kita akan gagal, tapi suatu ketika kita akan mendapatkan jalan yang membuat kita mendapatkan apa yang kita cita-citakan. Inget ya temen-temen, jangan gampang down karena omongan orang, karna kemampuan kita, yang tau juga cuma kita, dan kita adalah tokoh utama dalam kehidupan kita!

Kode Konten: X230

innazain
Mahasiswi S1 Farmasi UNS. ~Mentri Ekonomi Kreatif BEM FMIPA UNS~

Komen dibawah! 20

  1. Nabila Yahya

    Halo kak! Aku maba farmasi uns tahun 2020 ini, aku bersyukur banget bisa diterima di farmasi uns, tapi di sisi lain, aku juga masih pengen mewujudkan cita cita ku yang lebih tinggi, yaitu farmasi ugm. Pertimbangannya adalah karena di ugm sudah ada sekolah profesinya, sedangkan di uns belom ada. Nah, yang saya mau tanyakan, ke manakah nantinya lulusan sarjana farmasi uns akan melanjutkan studinya? Karena saya dengar kalau profesi apoteker ugm hanya untuk lulusan ugm saja. Apakah di semua kampus seperti itu? Mengutamakan lulusannya? Terimakasih kak.

  2. Shafira Dini

    Halo kak!! Aku tahun ini masuk Smk farmasi aku ingin sekali menjadi mahasiswa UNS jurusan farmasi namun apakah bisa ya kak kalau saya SMK nya SMK Farmasi masuk ke UNS? Terimakasih banyak kak.

    • innazain

      Hali shafiraa, bisa banget kog klo dari SMK farmasi ke UNS, beberapa temen aku kaya gitu. Yaah tapi mau ga mau harus belajar lebih giat laginya buat SBM/UTBK nya.. semangat!! Semoga yg di cita2kan terwujud

    • innazain

      Halo shafira, bisa banget kog dr SMK farmasi, beberapa temen akunjuga kaya gitu, tapi ttp harus belajar lebih rajin ya buat SBM/UTBK nya, semangat!

  3. Roi Hanah Aribah

    Assalamu’alaikum kak saya tahun ini ingin masuk farmasi. Melalui jalur SBMPTN
    Melihat wibesite ini saya menjadi tertarik ingin masuk ke UNS
    semoga saya bisa masuk Amiin

  4. Ivonne Restu Tria

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kak!
    Berdasarkan komen dari Kak Nabila Yahya di atas, saya juga ingin bertanya hal yang sama, yaitu mengenai kemana lulusan sarjana farmasi UNS melanjutkan profesi apoteker? Apakah lulusan sarjana farmasi UNS boleh melanjutkan ke sekolah profesi apoteker di kampus lain?
    Terima kasih sebelumnya kak 😀

    • innazain

      Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Cukup meresahkan mmg terkait profesi.
      Jadi untuk pendidikan profesi bisa mendaftar di kampus lain, tapi tidak semua kampus bisa menerima. Naah alhamdulillah farmasi ujs sedang proses pembuatan prodi profesi apotekker, sudah berjalan satu tahun lebih, kemungkinan tahun depan sudah ada profesinya.
      Cukup menjawab ?

  5. Alvina Dwi Sartika

    Aku mau Tanya kak, apa sih asyiknya masuk jurusan farmasi?

    • innazain

      Ya asyik banget dong..
      Awkwkw banyak prakteknya,
      Paling puas tu klo kita bikin obat jenis tertentu, trus jadi dan bagus, padahal temen2 kita ga jadi ??ngakak
      Duhh canda, klo kmu suka penelitian suka kesehatan, suka nge-laboratorium pasti kmu ngerasa asik ?

  6. Anggierina

    Assalamualaikum, mau tnya ka saya thn ini lulus dri smk farmasi tpi saya ingin melanjutkan keapoteker di uns ,cmn saya kmrn tidak ikut ptn apakah bisa untuk jalur lain ka??

  7. innazain

    Bisa ikut jalur UTBK atau seleksi mandiri uns yaa, masih banyak jalan kog

  8. Krishnaa

    Kak inna masuk S1 Farmasi UNS lewat jalur apa kak?

  9. Krishnaa

    tmen kaka ada yg masuk uns farmasi dari jalur snmptn? btw farmasi uns di snmptn selalu masuk jurusan saintek terketat ?

  10. Pejuang Maba 2021

    Mau tanya kak, di UNS itu farmasi nya pendidikan atau gimana? Terus nanti gelarnya sfarm atau bukan? Soalnya ikutnya fakultas fmipa takutnya lebih kearah jadi pendidikan, di kampus lain kan ikutnya fakultas kedokteran atau fakultas farmasi nya sendiri. Bantu jawab kak terimakasih?

    • innazain

      Gelarnya s.farm yaa, ga ada farmasi pendidikan, kita gabung ke FMIPA karna memabg banyak lab yg masih gabung sama prodi kimia murni, btw klo mau fast respon dr aku bisa DM IG : @innaa_zzain

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *