Farmasi

Farmasi Unsri / Universitas Sriwijaya (Dalilah)

Farmasi Unsri / Universitas Sriwijaya (Dalilah)

Hallo sobat setia intipkuliah. Perkenalkan saya Ayu Dalilah Putri Utami, panggil saja ayu atau dalilah yaa. Saya mahasiswi jurusan Farmasi Unsri (Universitas Sriwijaya) angkatan 2016. Saya disini akan berbagi pengalaman, suka duka selama saya kuliah difarmasi sampai semester 8 yang sedang on going. Yuk, kita mulai. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang di pelajari di Farmasi Unsri?

Farmasi Unsri? obat-obat? tukang obat ya? Mungkin temen-temen sering mendengar beberapa stigma tersebut jika berkaitan dengan jurusan ini. Sebelum banyak stigma lain yang sudah beredar dimasyarakat, yuk lebih dekat lagi mengenal jurusan satu ini. Farmasi merupakan salah satu cabang ilmu kesehatan yang mempunyai banyak peminatnya. Farmasi itu bukan hanya belajar obat-obat saja, melainkan belajar juga mulai dari karakteristik bahan baku obat, proses pembuatan obat hingga obat beredar di pasaran. Selain itu juga, anak Farmasi belajar mengenai administrasi obat didalam tubuh mulai dari obat masuk kedalam tubuh, menimbulkan efek, hingga dieksresikan keluar tubuh. Jadi, sebenarnya anak Farmasi itu bukan hanya belajar mengenai obat-obatan saja, hampir semua cabang ilmu dipelajari di Farmasi.

Mata kuliah dan Praktikum Favorit di Farmasi Unsri?

Sebenarnya jurusan Farmasi mempunyai mata kuliah yang dibilang cukup banyak dan cukup berat menurut saya diawal masuk sebagai mahasiswa baru. Beberapa pelajaran yang belum familiar bagi anak dari SMA (umum) dibutuhkan waktu penyesuaian. Sebagai contoh Praktikum Farmasetika Dasar. Mata kuliah satu ini sebagai dasar kuliah di Farmasi, karena pada mata kuliah ini kita akan belajar mengenai bagaimana menggerus obat yang benar, membuat sediaan puyer, melipat perkamen dengan benar, hingga harus mengetahui obat yang tak tercampurkan (OTT), dan masih banyak lagi.

Praktikum pertama saya yang sangat berkesan dan membuat saya “terpacu” karena saya harus dituntut mengerjakan sediaan dengan cepat, rapih, dan tepat. Bahkan praktikum ini, praktikan tidak hanya membuat sediaan berdasarkan resep yang telah diberi, akan tetapi harus dilakukan skrining awal terhadap resep. Disisi lain, praktikum yang membuat “terpacu” saat semester 4 dan semester 5, yang menurut saya pribadi semester yang kritis, karena apa? Praktikum yang cukup banyak dan belum lagi tugas lainnya.

Salah satunya yaitu Praktikum Teknologi Farmasi (padat) yang membuat saya mempunyai kesan tersendiri. Dimana praktikum ini mengharuskan saya untuk pulang malam. Belum lagi saya harus pergi pagi dari rumah pukul 06.00 WIB, dan harus berebut TM (bis transportasi) untuk menuju kampus yang berjarak 1 jam dan itu dilakukan setiap hari senin-jumat. Sekedar info, Universitas Sriwijaya mempunyai dua kampus yaitu bukit dan indralaya. Dan saya kuliahnya di kampus Unsri indralaya. Oiya, Praktikum Teknologi Farmasi (padat) merupakan salah satu cabang ilmu farmasi yang mempelajari cara pembuatan tablet konvensional, SRG (sustained released granules), tablet salut film, salut gula, dan lainnya. Sebelum membuat sediaan praktikan diharuskan mencari jurnal yang terpercaya yang akan digunakan sebagai rujukan dalam pembuatan sediaan tersebut.

schooters

Konsentrasi di Farmasi Universitas Sriwijaya?

Jadi, cabang ilmu farmasi mencakup Teknologi Farmasi, Biologi Farmasi, Analisa Farmasi, dan Farmakologi yang mempunyai masing-masing ciri khasnya. Sebagai contoh Analisa Farmasi yang lebih mempelajari mengenai kandungan apa saja yang terdapat dalam suatu obat dan mengetahui aktivitas dari setiap zat yang terkandung dalam suatu obat, serta bidang Teknologi Farmasi kita akan mempelajari mengenai kualitas bahan baku obat hingga obat telah melewati standar untuk siap didistribusikan.

Tips-Tips untuk Mahasiswa Baru Farmasi Universitas Sriwijaya

Saya mempunyai beberapa tips untuk sobat intipkuliah yang sudah memilih jurusan yang keren ini. Banyaknya tantangan yang akan dihadapi ketika kalian memilih jurusan ini membuat kalian harus mempersiapkan dengan matang. Sebagai salah satu contoh, ketika kalian sebagai mahasiswa baru Farmasi, kalian diharuskan siap untuk bergadang dan tahan banting pada keadaan, karena apa? Karena kuliah farmasi mengharuskan kalian untuk bekerja tepat dan cepat. Praktikum yang banyak belum lagi mata kuliah yang banyak mengharuskan anak farmasi untuk bisa manajemen waktu dengan baik dan terencana. Jadi, kuncinya yaitu di manajemen waktu dan beberapa jadwal yang harus sudah tersusun dengan baik. Tapi, jurusan Farmasi itu asik loh, ga seperti temen-temen banyangkan, justru jurusan ini membuat kita jadi makin disipilin dan jadi anak yang strong. Semangat ya!

Aktif Organisasi Interal/Eksternal Kampus

Bukan berarti anak Farmasi itu ga bisa ikut organisasi loh. Anak Farmasi bisa mengikuti kegiatan organisasi baik internal kampus maupun eksternal seperti komunitas diluar kampus. Misalnya bisa mengikuti himpunan Jurusan, BEM Fakultas maupun BEM Universitas, hingga UKM. Jika kamu mempunyai jiwa sosial yang tinggi, kamu bisa mengikuti komunitas yang bergerak di bidang sosial yakni sebagai volunteer. Yang terpenting bisa punya manajemen waktu yang baik dan semua kegiatan harus terencana. Anak farmasi juga punya himpunan loh yaitu  ISMAFARSI.

Alumni dan Prospek Kerjanya dimana ya?

Farmasi itu punya prospek kerja yang bagus. Alumni Farmasi Universitas Sriwijaya yang saya ketahui ada yang bekerja di Industri Farmasi, PBF (pedagang besar farmasi), Penyalur Alat Kesehatan, BPOM, menjadi tenaga pengajar di Sekolah Farmasi, Apotek, Rumah Sakit dan masih banyak lagi. Namun, untuk kalian yang mau membuka Apotek sendiri kalian harus kuliah lagi profesi untuk mendapat gelar Apoteker. Sebenarnya prospek kerja farmasi luas seperti lulusan farmasi bisa bekerja di lembaga dan instansi pemerintah terkait dan dapat juga bekerja seperti di Laboratorium Klinik, Farmasi Komunitas, Farmasi Manajemen, TNI, POLRI, dan lainnya.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus

Rencana setelah lulus dari S1 saya ingin melanjutkan ke Program Profesi Apoteker, mohon doanya ya teman-teman. Karena menjadi seorang Apoteker merupakan profesi yang mulia, saya senang untuk bisa membantu sesama dan ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli kepada kesehatan dan paham mengenai obat-obat yang mereka gunakan. Harapan saya agar peran Farmasis dapat diterima dan disambut baik oleh masyarakat dan nantinya dapat terjalin kerja sama yang sinergis untuk terwujudnya Indonesia Sehat dan mempunyai Generasi Emas yang siap berdaya saing.

Kode Konten: X156

Komen dibawah! 17

  1. IWANG MAUDI SALSABILA

    Kak apakah orang ya bodoh masalah pelajaran fisika,kimia,dan mtk bisa masuk farmasi,saya sangat ingin masuk farmasi kak

  2. Intan Juhira

    Assalamualaikum kak
    Nama saya Intan Juhira dari sekolah MAN 01 Ogan Ilir
    Kelas X1.ipa¹
    Saya ingin bertanya bagaimana masuk jurusan farmasi ,apakah kita harus mengikuti berbagai macam tes??

  3. Chacaa

    Assalamu’alaikum kak, sya ingin melanjutkan pendidikan sya di farmasi UNSRI jga,, boleh tau ngga kak “rangkaian tes” yg kakak jalani dlu seperti tes kesehatan dll

    Terimakasih kak sebelumnya

  4. Chacaa

    Satu lg kak hehe ,, ada ngga ya kak beasiswa untuk jurusan farmasi di UNSRI ?

  5. Anonim

    Halo saya mahasiswa farmasi unsri..
    Menurut aku, waktu sma itu aku ga terlalu paham bangett sama pelajaran fisika, kimia, dan biologi. Tapi nanti kan kuliah itu bakal diajarin lagi oleh dosennya. Sama aja kek sekolah sii. Apalagi smster 1 nya itu dasarr banget pelajaran nya. Tapi menurut aku yang paling penting itu siapin aja pelajaran dasarlah dari kimia. Yang paling penting juga sii niat dan usaha. Kalo mau berusaha pasti bakal dimudahkan hehe. Kalo selama perkuliahan banyak materi kurang paham, di himpunan itu ada program belajar bareng, bisa ikut belajar disitu bareng tutor dari kakak tingkatnya.

  6. Anonim

    Tes untuk masuk farmasi unsri standar seperti masuk ke jurusan lain. Bisa melalui jalur undangan, seleksi bersama, maupun ujian mandiri. Kalo udah tes akademik dari salah satu diatas, ada tes kesehatan. Tes kesehatan itu meliputi bebas narkoba dll.

  7. ch

    halo kak, boleh saya chat lewat dm buat tahu lebih lanjut ttg farmasi? saya punya keinginan utk masuk jurusan ini th depan. makasih kak

  8. Tibel

    Haloo kak Masuk jurusan farmasi apakah kita melewati bermacam2 tes seperti tes kesehatan dll.

  9. Sahidun

    Halo kak masuk jurusan farmasi apakah kita melewati tes kesehatan dll

  10. Bang plong

    Kak bagai mna untuk tes masuk dan tes kesehatannya

  11. melianda putri

    Kk boleh tanyak2 tentang jurusan farmasi ngga?lewat cht,soal nya mau masuk jurusan farmasi

  12. Aulia

    Hallo kak! Banyak yang bilang jurusan farmasi itu sangat sulit,apa benar?dan waktu awal masuk jurusan farmasi apakah persaingannya sangat ketat?

  13. Mashur Darori

    Hallo mba.
    1. Untuk Fakultas Farmasi di UNSRI sudah Akreditasi Apa ?

    2. Untuk Sekolah profesi Apoteker apakah sudah ada di Universitas Sriwijaya dan klo sudah ada Akreditasi Apa ?

    Terimakasih

  14. Fuji restu siti khalizah

    Haii kak, semenjak adanya virus saya susah untuk memahami materi yang di berika guru termasuk pelajaran yang bersangkutan dengan perkuliahan farmasi, untuk ituu apakah dengan minim nya pengetahuan tentang pelajaran tersebut dapat menghabat ataupun memberatkan perkuliahan kami nanti? Makasih kak:)

  15. fara

    kak, farmasi di gedung poltek atau di bukit lama ya kak?

  16. Faiza

    Sebelum masuk jurusan farmasi, baiknya kita belajar materi apa buat persiapan kuliah?

  17. Febby Trianingsih

    Hallo kak!
    Kak saya mau nanya,apakah jurusan selain IPA juga bisa masuk farmasi?
    Saya sendiri jurusan agama kak.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *