Fisika

Fisika Institut Teknologi Sumatera (Nadila)

Fisika Institut Teknologi Sumatera (Nadila)

Halo sobat intipers! Aku Nadila Esti Maelani dari Fisika Institut Teknologi Sumatera angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Fisika Institut Teknologi Sumatera seperti apa?

Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam, jadi semua ilmu mempelajari fisika baik dalam kehidupan sehari-hari dan lainnya, di fisika bidang instrumentasi juga dipakai sehari-hari, contohnya dalam pengguanaa listrik. Di jurusan saya banyak mitos yang ditakutin sama mahasiswa fisika, ada mata kuliah PKI ayau Padat Kuantum dan Inti, kebanyakan mengulang mata kuliah ini, setelah ujian yang lulus itu 5% nya lulus, 95% nya ga lulus, tapi selagi usaha pasti kita bisa.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Fisika Institut Teknologi Sumatera?

Awalnya dari SMA guru saya enak ngajarinnya, langsung nangkep, dari situ saya jadi tertarik sama fisika. Orang itu takut sama fisika, kalo kita udah tau rumus dasarnya sendiri, pasti bisa ngerjain soal-soalnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Karena saya bidang keahlian instrumentasi jadi di setiap semester ada tugas khusus namanya RBL, kita dikasih project dan diwajibkan membuat suatu alat. Banyak mata kuliah yang ada RBLnya, tapi setiap mata kuliah ada bagian Bab nya, misalnya mikrokontroler, nah di situ kita membuat seuatu alat untuk tuna netra dengan rompi dengan ada sensor-sensornya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di fisika ada dua kejuruan yang pertama material dan instrumentasi serta kedua teori dan bumi. Material instrumentasi setiap semesternya mencari alat, kalo teori dan bumi secara langsung, mendeteksi di Sumatera, tugas besarnya menurunkan rumus. Material dan instumentasi itu konsentrasi yang di gabung, karena saling melengkapi, dimana anak instrumentasi setiap semesternya atau outputnya sebuah alat, sedangkan konsetrasi material itu menganalisis material, jadi kita saling melengkapi sama halnya seperti teori dan bumi. 

intipkuliah-web1

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Saya melalui jalur SNMPTN atau nilai raport. Kuota jurusan nya banyak tapi kemarin itu hanya sampai 80 orang, banyak yang beranggapan fisika itu sulit, padahal mudah kalo kita tekun mempelajarinya.

Ada tips buat mahasiswa baru Fisika Institut Teknologi Sumatera?

Buat adik-adaik yang mau masuk jurusan fisika, di ITERA kita tidak langsung masuk prodi, di awal semster 1 dan 2 memasuki TPB atau Tahap Persiapan Bersama, dimana kita mempelajari fisika, kimia, matematika, biologi dan lain sebagainnya. Tipsnya masuk prodi fisikanya yang penting rajin mengerjakan tugas, berdoa, kalo sudah diberi materi dari dosen di ulang lagi, yang penting di fisika itu banyak-banyak latihan soal.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak ya, karena fisika mempelajari semua mata kuliah, seperti teknik elektro mempelajari fisika, bagaimana instrumentasinya, di biologi mempelajari tentang fisika, jadi kita bisa kerja di PLN, BUMN, dan lain sebagainya. Untuk alumni banyak yang kerja di PLN dan BUMN.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya ingin belajar lagi mendalami tentang fisika, melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Kode konten: C487

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.