Fisika, Universitas Islam Negeri

Fisika Sains UIN Sunan Gunung Djati (Noer)

Fisika Sains UIN Sunan Gunung Djati (Noer)

Hallo, Intipers!. Perkenalkan saya Noer Ardiansyah Laksana, biasa dipanggil Noer/Ardi. Saya Mahasiswa jurusan Fisika Sains UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Saya semester 7 angkatan 2017. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya, selama menempuh studi di jurusan Fisika Sains. Yuk simak perjalanan saya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

 Kuliah jurusan Fisika Sains UIN Sunan Gunung Djati, ngapain aja ya?

Saya yakin, mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling intipers cintai pada saat bangku SMA. Karena seperti pepatah mencintai seseorang bukan berarti harus memiliki seseorang tersebut, sama halnya dengan mencintai fisika bukan berarti paham apa yang dipelajari ketika mata pelajaran fisika berlangsung, hehe!. Seperti namanya, yaitu Fisika Murni. Maka selama 8 semester masa studi normal, intipers akan disuguhkan dengan materi-materi fisika yang telah intipers pelajari selama 3 tahun di bangku SMA.

Eits! tapi jangan anggap enteng dulu ya intipers. Karena materi yang akan intipers pelajari memang hampir semua mirrip dengan materi pelajaran fisika SMA pada umumnya, namun dipelajari lebih dalam sedalam palung mariana!.

Maksudnya lebih dalam itu gimana ya? penejelasan sederahana dari kata lebih dalam adalah ketika teman-teman di SMA mengetahui bahwa rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu. Maka di jurusan fisika ini, mahasiswa dituntut untuk mengetahui darimana rumus itu berasal beserta turunan matematika nya!. Mantap gak tuh? Jadi secara garis besar ketika intipers memtuskan untuk melanjutkan studi di jurusan fisika murni, maka intipers akan mempelajari ilmu fisika hingga akar-akarnya, tanpa nanggung-nanggung.

pmb2-min

Mitos yang sering beredar di masyarakat terhadap mahasiswa fisika murni adalah Gampang Masuk, Susah Keluar. Tapi ini cuman mitos kok, aslinya bagaimana pribadi kita nya aja!!

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Penejelasan awal aja udah serem, gimana mata kuliah nya tuh?!

Tenang penjelasan tadi, engga se-mengerikan yang intipers bayangkan kok. Nyatanya, menempuh studi di jurusan fisika murni itu asik kok. Lah susah gitu kok dibilang asik? karena pada jenjang universitas metode pembelajaran fisika tidak lagi monoton seperti di SMA. Intipers akan disuguhkan dengan mata kuliah yang cukup menarik, mulai dari semester 1 yaitu fisika dasar hingga semester lanjut yang berkaitan dengan robotika, elektronika, astronomi, bahkan hingga nuklir!.

Jurusan fisika murni di UIN SGD Bandung sendiri, memiliki dosen-dosen yang sangat kapabel di masing-masing bidangnya. Bahkan 2 dari dosen yang ada di jurusan fisika UIN Bandung, dinobatkan menjadi dosen dengan tingkat penelitian terbaik di ruang lingkung Perguruan Tinggi Keagamaan di Indonesia. Inget ya, se Indonesia!.

Bahkan di jurusan fisika UIN Bandung sendiri, memiliki dosen yang dinobatkan menjadi dosen dengan publikasi ilmiah terbanyak di UIN Bandung. Dosen tersebut mengajar mata kuliah, elektronika dasar serta robotika. Nantinya, teman-teman pada semester 3 dan 5 akan diajari untuk membuat robot mulai dari yang sederahana hingga yang rumit sekalipun!.

Oiya menempuh studi di jurusan fisika UIN Bandung juga membuka kesempatan teman-teman, untuk kerja praktik di industri pesawat, badan nuklir negara, serta lembaga penelitian ilmiah yang ada di Indonesia lho!

Kuliah di jurusan Fisika Sains UIN Sunan Gunung Djati, apa selamanya bergelut dengan teori?

Jika intipers mempunyai anggapan seperti ini, maka hal tersebut merupakan anggapnya yang salah. Jurusan fisika murni UIN Bandung, menyediakan 5 konsentrasi keahlian yang dapat dipilih oleh seluruh mahasiswa pada semester 5. Beberapa konsentrasi keahlian yang ada diantarnya adalah :

  • Material (berkaitan dengan bahan-bahan nano, semi konduktor, dll)
  • Nuklir (terdiri dari nuklir reaktor yang berkaitan erat dengan energi, serta nuklir medis yang berakitan erat dengan alat-alat medis yang digunakan)
  • Instrumentasi (berkaitan dengan elektronika, robotika, pemograman)
  • Geofisika (berkaitan dengan topografi, uji tanah, uji medan elektromagentik, dll)
  • Astronomi (berakitan dengan ilmu bintang, antariksa, dll)

5 konsentrasi keahlian tersebut, disediakan jurusan fisika murni UIN Bandung untuk meningkatkan keahlian serta pengetahuan mahasiswa-nya dalam meng impelementasikan teori fisika terhadap masing-masing bidangnya. Sehingga dijamin, engga akan bosen deh kuliah di jurusan ini!

Cara survive di jurusan Fisika Sains UIN Sunan Gunung Djati!

Hal paling mendasar yang harus intipers ketahui sebelum memutuskan melanjutkan studi di jurusan fisika, adalah pengorbanan waktu main. Intipers harus bisa menekan ego teman-teman untuk bermain secara berlebihan, ataupun nongkrong dengan teman-teman hingga larut malam. Karena percaya deh! ketika kamu buat keputusan untuk kuliah di jurusan ini maka kamu siap dengan tugas yang sedikit, tapi butuh analisa berjam-jam.

Untuk maintain ip tiap semester diatas 3.00 itu sangat sulit, apabila teman-teman tidak disiplin terhadap diri sendiri. Teman-teman harus bisa mengatur diri, mengatur waktu, dan jangan memikirkan hal yang tidak terlalu penting. Ganti waktu main teman-teman, dengan ikut organisasi serta UKM yang mengasah skill pribadi teman-teman. Anggap saja, ketika intipers biasa main di cafe berjam-jam, sekarang teman-teman main di sekretariat organisasi/UKM selama berjam-jam namun bermanfaat!.

Disiplin dan Tekun, adalah kunci keberhasilan teman-teman menempuh studi di jurusan fisika murini.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Kuliah udah susah, terus kerjanya dimana?

To be honest, berdasarkan fakta yang ada lulusan fisika murni itu mostly 65% itu menjadi guru. Namun, ada juga yang bekerja di perusahaan kontruksi bagian mesin automasi, elektronika, komputasi ataupun bekerja di perusahaan medis, energi, tambang, serta menjadi entrepeneur. Selain itu, intipers juga mempunyai pilihan untuk melanjutkan studi S2.

Oh iya! jurusan fisika murni UIN Bandung juga termasuk salah satu langganan, penerima beasiswa S2 fully funded keluar negeri lohh. Keren kan?! Tetap semangat dan optimis aja!. Btw nanti teman-teman, ketika lulus gelarnya S.Si yaaaa.

Saya sendiri udah lulus, apa rencanya?

Secara pribadi saya mempunyai rencana untuk bekerja di perusahaan nasional ataupun BUMN, terutama dalam bidang penerbangan. Namun, selain itu saya juga ingin membuat sebuah lembaga bimbel yang visioner dan berbasis teknologi sebagai langkah inovasi pendidikan di Indonesia. Itu rencana jangka pendek dan menengah ya!. Kalau rencana jangka panjang, saya ingin meniti karir politik dari menjadi bupati, gubernur, hingga menjadi presiden RI tahun 2054 nanti. Aamiin

Oke intipers, sekian pengalaman saya selama berkuliah di jurusan fisika murni UIN Bandung. Semoga memberikan manfaat bagi intipers semua, serta menjadi pembakar semangat bagi intipers yang ingin memlanjutkan studi S1 di jurusan fisika terutama di UIN Bandung. Sampai jumpa di lain kesempatan ya!!

Kode konten: X455

Komen dibawah! 1

  1. fathira

    ka mau tanya, kalau jurusan fisika murni dan fisika aja itu sama tau beda ya? rencananya aku mau ambil snm di uin sgd tai minatnya di fisika murni di pilihannya adanya fsika aja jadi bingung hehe… terimakasih ka sebelumnya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *