Fisika, Universitas Brawijaya

Fisika Universitas Brawijaya (Yuda)

Fisika Universitas Brawijaya (Yuda)

Halo semuanya, perkenalkan saya I Wayan Wira Yuda, biasa dipanggil yuda mahasiswa jurusan Fisika Universitas Brawijaya angkatan 2018. Saya percaya semua orang punya suksesnya masing-masing oleh karena itu pasti banyak yang bertanya-tanya kedepannya mau jaidi apa. Sebelum kesitu kebanyakan orang khususnya siswa sma bingung mau pilih jurusan apa di perkuliahan? Atau bingung passionnya dimana? Pada kesempatan ini saya ingin menceritakan pengalaman saya selama berkuliah di UB,  apa saja yang bisa diasah selama perkuliahan, dan prospek setelah lulus. Yuk, simak pengalaman saya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Jurusan Fisika belajar apa sih?

Secara umum fisika akan membahasi t ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dalam lingkup ruang dan waktu. Pada ilmu ini kita akan mempelajari dasar dari hukum alam partikel baik yang bersifat makrsokopis maupun mikroskopis yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Fisika merupakan ilmu sains yang banyak dibutuhkan, karena perkembangan riset dan teknologi sekarang ini tidak terlepas dari ilmu fisika, seperti teknik informasi, kelistrikan, dan mekanika. Semua hal yang dipelajari dalam jurusan fisika sangat berkaitan erat dengan segala aspek dikehidupan sehingga tidak dapat dipungkiri jurusan fisika ini sangat dibutuhkan.

Dosen dan Mata Kuliah Favorit di Fisika Universitas Brawijaya ?

Bagi saya pribadi ada 3 dosen yang menjadi favorit saya dan komepetensinya tidak perlu diragukan lagi.

  1. Pertama ada bapak professor Nurhuda, beliau lulusan S3 di jerman dan sekarang menjabat sebagai ketua jurusan fisika Universitas Braiwjaya. Dosen yang satu ini dalam menjelaskan benar-benar mendetail dan dijelaskan secara rinci sehingga kita tidak hanya tau rumus jadi, melainkan mengetahui asal penurunannya. Beliau sangat pintar, bahkan saking pintarnya saya jarang sekali pak nurhuda mengajar tanpa membawa satupun buku ataupun melihat referensi dari laptop. Beliau juga telah banyak mememangakan penghargaan di tingkat dosen serta memiliki ketertarikan dalam bidang energi terbarukan. Mata kuliah yang menjadi favorit apabila diajar oleh pak Nurhuda adalah Fisika matematika, dimana penjelasan secara rinci matematisnya benar-benar dijelaskan.
  2. Pak abdurrouf, saya menyebutnya sebagai bapak osn saya. Kenapa begitu? Beliau adalah pembimbing saya dalam kegiatan olimpiade sains mahasiswa. Beliau sangat ramah dan suka membuat candaan saat mengajar sehingga kita tidak terlalu stress dengan materi yang diajarkan. Penjelasan beliau juga sangat rinci dan seringkali meminta mahasiswanya untuk menegurnya apabila terdapat kesalahan dalam cara ajarnya. Mata kuliah favorit jika diajar oleh beliau adalah fisika statistik yang mempelajari prinsip gas dalam perhitungan matematis dan statistik.
  3. Bu Masruroh, beliau adalah dosen yang banyak saya temui ketika ingin konsultasi seputar ide riset. Beliau memberikan pengajaran dengan sangat runtut sehingga mahasiswa dapat memahamai materi dengan sangat mudah. Pembimbing saya dalam kompetisi program riset mahasiswa dan juga olimpiade sains mahasiswa. Beliau berkecimpung dalam bidang fisika material mengenai pelapisan sehingga banyak riset beliau yang berhasil didanai. Mata kuliah favorit saya dengan beliau adalah termodinamika, dimana pada mata kuliah ini saya diajarkan mengenai prinsip gas dan penerapannya sehingga saya berkeinginan untuk masuk ke perusahaan gas negara.

Apa aja sih peminatan dalam jurusan Fisika Universitas Brawijaya ?

Khususnya pada jurusan fisika UB terdapat 3 jenis peminatan, yaitu fisika material, fisika biomedis, dan fisika komputasi. Kira-kira itu apa sih?

pmb2-min
  1. Nah pada bidang fisika material kita akan diajari mengenai pengolahan bahan dalam sudut pandang fisika. Banyak dari kita tahu bahwa semua peralatan di alam semesta ini tidak terlepas dari materi atau bahan sehingga diperlukan ilmu yang khusus mempelajarinya. Seperti peminatan fisika material ini. Kita akan diajari teknik dalam pengolahan bahan agar menjadi efisien, dan memanfaatkan bahan alam sebagai bahan baku sehingga menjadikannya bernilai ergonomis.
  2. Selanjutnya adalah bidang fisika biomedis. Konsentrasi ini kita akan diajarkan menganai penerapan ilmu fisika dalam kegiatan fisis serta pengaruhnya pada makhluk hidup dan lingkungan.  Kita akan diperkenalkan tentang ilmu kedokteran dalam sudut pandang fisika, seperti cara rongten, caranya memberikan dosis radiasi pada kemoterapi, dan banyak lagi yang lainnya.
  3. Terakhir adalah bidang fisika komputasi, dimana pada bidang ini kita akan mempelajari tentang penerapan fisika teoritis dan pengembangan dalam hal komputasi. Jadi pada konsentrasi ini kita akan belajar cara pengolahan data yang benar, bagaimana mengkomputasikan suatu sistem yang saat ini banyak dibutuhkan dalam berbagai aspek pekerjaan.

Kegiatan yang bisa diikuti di kampus!

Dunia Perkuliahan memiliki jangkauan yang luas sehingga kita bisa menggali passion dan potensi dalam diri. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kegiatan kampus, umumnya kegiatan tersebut diarahkan untuk mahasiswa agar lebih produktif dan dapat menambah wawasan. Biasanya kalau saya pribadi mengikuti kegiatan berupa seminar motivasi, info beasiswa dan kegiatan pelatihan lainnya. Umumnya kegiatan yang diadakan tersebut gratis dan tidak memakan banyak biaya sehingga kita ga perlu khawatir ga ada uang buat ngikutin kegiatan tersebut. Biasanya pengisi acaranya bisa mahasiswa sendiri, dosen, alumni, ataupun CEO perusahaan. Jadi kesempatan seperti itu jangan sampai kita lewatkan.

Organisasi itu Penting

Walaupun kita berada di jurusan fisika yang mungkin lebih terkenal dengan fokus pada akademisi dan penelitian, namun hal tersebut bukan penghalang bagi kita untuk berorganisasi lho! Soalnya organisasi itu sangat penting untuk modal bekerja maupun bermasyarakat nantinya. Organisasi banyak sekali benefitnya selain mengasah kemampuan berkomunikasi dan bekerja dengan orang lain. Bakalan banyak banget cerita dari organisasi yang ga bisa dilupain.  Banyak juga beasiswa universitas yang tidak hanya melihat IPK, namun pengalaman organisasi kita menjadi pertimbangan besar dalam penerimaan beasiswa. Jadi jangan sampai deh kuliah kita sia-sia hanya untuk kuliah lalu pulang.

Tips Berprestasi di perkuliahan

Tentunya menjadi mahasiswa yang memiliki prestasi adalah harapan banyak orang, tidak terkecuali saya. Selama masa perkuliahan banyak banget prestasi yang bisa kita ukir sehingga kuliah kita ga bakalan sia-sia. Biasanya sembari kuliah dan berorganisasi, saya mengikuti perlombaan dan riset untuk mengasah skill saya. Pada kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya kita belajar caranya untuk berkompetisi, tetapi juga belajar caranya untuk memanajemen waktu. Bagi seseorang yang harus berkuliah, organisasi, dan lomba itu harus mempunyai strategi manajemen waktu yang baik, karena jika tidak akan capek sendiri rasanya.

Berprestasi ga harus kita ngikutin lomba aja kok, semisal kita diminta sebagai pemateri, moderator, ataupun MC itu juga merupakan suatu prestasi yang membanggakan. Jadi dengah kata lain manfaatkan kesempatan perkuliahan untuk berprestasi  dengan passion masing-masing, semisal ada yang suka olahraga , maka ikutilah kejuaraan olahraga, ataupun sebaliknya menyukai karya ilmiah, ikutlah riset dan lomba karya ilmiah. Perlu diingat bahwa passion bukan hanya sekadar apa yang kita bisa, melainkan sesuatu yang kita rasa kita nyaman untuk melakukannya. Nah jadi kesempatan kuliah ini merupakan cara menemukan passion sekaligus beprestasi.

Prospek setelah lulus dari Fisika Universitas Brawijaya 

Kembali lagi berbicara soal jurusan fisika, mungkin kebanyakan berpikir lulusan fisika hanya bisa jadi dosen atau peneliti. Namun hal tersebut adalah stigma yang salah, lulusan fisika banyak dibutuhkan bahkan dalam dunia industri dan kedokteran. Seperti yang dijelaskan tentang peminatan dalam ilmu fisika, lulusan fisika bisa menjadi seorang dokter rongten. Dokter rongten di rumah sakit itu rata-rata bukan lulusan kedokteran ya, namun lulusan fisika karena banyak banget alat-alatnya yang memanfaatkan prinsip fisika. Lalu apalagi? Lulusan fisika bisa bekerja sebagai qality control (khususnya pada peminatan material) karena memahami banyak hal tentang spesifikasi bahan. Tidak hanya itu bahkan luusan fisika bisa menjadi seorang analisis data yang banyak dibutuhkan dalam revolusi industri 4.0 ini. Jadi ga perlu ragu lagi deh memilih jurusan fisika, karena prospeknya sangat luas dan menjanjikan.

Kode kontenL X318

Komen dibawah! 2

  1. elisabetturnip

    Halo kak, kalo boleh tau apa saja prospek kerja dari lulusan fisika medis?

  2. Melly Cahyani

    Hai kak. Mau tau dong, kompetensi apa sih yang kiranya harus dimiliki untuk bisa masuk ke jurusan fisika?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *