Fisika, Universitas Gadjah Mada

Fisika UGM / Universitas Gadjah Mada (Iman)

Fisika UGM / Universitas Gadjah Mada (Iman)

Hi Intipers, perkenalkan namaku Iman Rahman. Saya kuliah di jurusan Fisika, FMIPA UGM, angkatan 2017. Sekarang Saya sedang mengajukan proposal penelitian skripsi Saya tentang pengembangan sistem cloud computing untuk sistem Electronic Nose di Lab Material dan Instrumentasi. Teman-teman pasti penasaran kan? Yuk intip lebih lanjut.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Jurusan Fisika UGM? Hanya ngotak-ngatik rumus? Masa sih

Mungkin sebagian teman-teman saat mendengar kata Fisika pasti langsung teringat dengan rumus dan matematika yang berjibun. Yups, sebenarnya teman-teman tidak salah, tapi ketahuilah persamaan tersebut lebih membantu teman-teman kedepannya. FYI, ketika teman-teman kuliah di jursusan Fisika teman-teman akan dihadapi 3 pilihan jalan besar, yaiutu untuk Fisikawan eksperimentalis, teoritis, komputasi. So, apa aja sih yang dipelajari di jurusan Fisika terutama Fisika UGM. Jadi bisa dikatakan kuliah di jurusan fisika itu teman-teman dibekali paket komplit untuk mendalami ilmu yang lebih lanjut. Kenapa Aku bilang paket komplit? Karena teman-teman akan disuguhi oleh mata kuliah mulai dari pemahaman ilmu sain dasar, pemahaman matematik, pemahaman pemrograman, alat instrumen dan pemahaman untuk melakukan riset. Jadi kuliah di Fisika tidak hanya spaneng di rumus saja, tetapi juga bermain di alat-alat dan programming. Makin penasaran kan mata kuliah apa aja sih yang ada di jurusan Fisika UGM, yuk ke next section.

Mata Kuliah Sebagai Ajang Panen EXP

Teman-teman yang nantinya kuliah di jurusan Fisika, terkhusus di fisika UGM akan mendapatkan beberapa matkul wajib. Diantaranya adalah matematika fisika(1-3) yang memberikan bekal kemampuan matematis teman-teman, pemrograman metode numerik dan komputasi fisika yang akan memberikan bekal kemampuan programming teman-teman, beberapa macam praktikum, metode riset dan penuturan ilmiah untuk membangun kemampuan riset teman-teman, Elektronika, Fisika Zat Padat dan beberapa matkul pilihan terkait untuk meningkatkan pengetahuan teman-teman tentang pengembangan alat-alat.

Ada beberapa matkul pilihan yang menurutku cukup unik di Fisika UGM, teman-teman pasti penasarankan? Yuk kita lihat. Bagi teman-teman yang tertarik untuk menjadi Fisikawan teoritik, beberapa matkul pilihan yang unik diantaranya adalah matkul Fisika Sistem Komplek dan Nonlinear, Ekonofisika, Aljabar Abstrak, Mekanika Kuantum dan pengantar Fisika partikel. Untuk teman-teman yang tertarik ke bidang eksperimentalis ada matkul metode kalibrasi, sistem instrumen, sistem sensor, mikrocontroller dan antar muka yang akan menambah pengetahuan teman-teman di bidang pengembangan alat. Bagi yang berminat di bidang komputasi ada mata kuliah Fisika material komputasi, kapita selekta fisika fisika komputasi. Selain itu masih banyak matkul pilihan yang cukup unik yaitu metode deteksi atom molekul, metode deteksi inti partikel, fisika laser, fisika reaktor, fisika kristal cair dan polimer dan masih banyak lagi,

schooters

Group Riset Fisika UGM

So teman-teman, gimana? Masih semangat kan? Jadi ada group riset apa aja sih di Fisika UGM. Jadi secara garis besar terbagi menjadi 3 Kelompok Bidang Keahlian(KBK):

1.Material Fungsional

KBK yang bermarkan di Laboratorium Material dan Instrumentasi ini berfokus dalam melakukan riset di bidang pengembangan material dan penerapannya. Adapun beberapa risetnya adalah pengembangan hidung dan lidah elektronik, pengembangan sensor, superkonduktor, BioPhysics, liquid crystal dan polimer.

2.Komputasi Fisika, Astrofisika, Fisika Matematik, Fisika Partikel, Filsafat Fisika(KAMPF)

KBK yang bermarkas di Laboratorium Fisika Inti ini lebih terfokus pada studi teoritik untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Beberapa riset yang ada diantaranya adalah riset tentang pemodelan komputasi material, pemodelan komputasi sistem kompleks dan nonlinear, studi tentangĀ EconoPhysics, SocioPhysics, AstroPhysics dan pemodelan matematis lainnya.

3.Fisika Terapan

KBK yang bermarkas di Laboratorium Fisika Citra dan Laboratorium Laser dan Akustik ini berfokus pada penerapan ilmu fisika di bidang aplikatif. Adapun riset yang ada pada group ini diantaranya adalah riset bidang Fisika Akustik, Fisika Laser, Fisika Citra dan Fisika Medis

Walaupun terdapat 3 KBK yang tersedia, riset yang dilakukan tidak hanya terbatas secara internal pada masing-masing KBK. Tapi terdapat juga riset-riset gabungan seperti pada bidang riset komputasi material, dimana sering terjadi kolaborasi antara KBK Material Fungsional dan KBK KAMPF. Selain itu terdapat juga riset lintas jurusan dan Univ/intansi. Seperti riset komputasi material dengan Jepang, yang dimana terdapat program double degree untuk S2 Fisika untuk bidang Fisika Komputasi, riset Enose dan Etongue dengan fakultas kedokteran dan beberapa rumah sakit, dan masih banyak lagi.

kegiatan kp di Pusat Sains Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN, kpnya ngembangin sistem control ion source for cyclotron decy 13MeV

Tips & Trick Dalam Berkuliah di Jurusan Fisika UGM

Saran dariku buat teman-teman adalah untuk semester awal, fokuskanlah dan berilah waktu yang cukup untuk mata kuliah dasar yang terkadang dianggap enteng. Hal ini karena matkul-matkul tersebut menjadi tiang penyangga yang akan membantu teman-teman untuk mendalami ilmu lebih lanjut. Ilmu juga jangan terpaku pada ilmu yang disampaikan di bangku kuliah saja, tapi rajin-rajinlah untuk surving Internet untuk sumber belajar lainnya. Apa yang teman-teman pelajari di bangku kuliah hanyalah sebagai dasar, karena jika hanya mengandalkan kuliah yang disampaikan hanyalah bagian permukaan saja. Namun itu akan sangat membantu untuk teman-teman untuk mempelajari hal yang lebih advance. Dan rajin-rajinlah ikut kegiatan dan diskusi diluar jurusanmu. Satu lagi, setidakpaham bagaimanapun, cobalah tetap jujur dan melakukan semampunya. Karena walaupun saat ini kamu tidak paham itu apa dan gunanya apa, dimasa mendatang kamu akan memahami dan menemukan kemiripan tertentu dengan apa yang sebelumnya kamu tidak paham tersebut. Just do it.

Prospek Kerja

Dari sepengetahuanku persebaran almuniku diantaranya ada yang melanjutkan studi, menjadi peneliti, bekerja di bidang IT (programmer, Data Scientist, App developer, ML Engineer dkk), bidang meterologi dan kalibrasi, bidang sensor dan instrumentasi, startup, dan bidang pendidikan.

Last Word

Pesan terakhirku untuk teman-teman adalah jangan terlalu mengandalkan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Karena ilmu diluar sana masih sangatlah luas dan dalam. Jadi dalamilah ilmu tersebut hingga kamu bisa menembus batasan dan memiliki ciri khas tersendiri yang dikenal banyak orang.

Kode konten: X296

Komen dibawah! 18

  1. Boy

    Bang bisa kasih tau jurusan tentang fisika yg matkul peminatan nya doang kak

    • imanrahmanri

      Kalau yang peminatan secara lengkapnya bisa coba lihat di kurikulum, soalnya tiap univ biasanya beda-beda. Tapi kalau ditempatku untuk pilihannya yang tahunku gini(Tapi udah mau ada revisi kurikulum baru lagi):
      KBK Material Fungsional: Kapita selekta fisika material, sistem sensor, sistem instrumen, mikrokontroler dan antar muka, fisika kristal cair dan polimer, metode analisa material, pengantar nanosain, Fisika Metrologi & Kalibrasi, BioFisika
      KBK Teoritik dan Komputasional: Matematika Fisika Teoritik, fisika sistem kompleks dan nonlinear, kapita selekta fisika komputasi, komputasi material, mekanika kuantum, fisika reaktor, ekonofisika, elektrodinamika, mekanika benda langit, pengantar fisika partikel
      KBK Fisika Terapan: Fisika Citra, Fisika Radiografi, Fisika Tomografi, Pengantar fisika laser, metode deteksi atom dan molekul, metode deteksi nuklir dan partikel, akustika modern, energi, fisika kedokteran, sains dan agama, metode analisa grafik, proteksi radiasi, kewirus iptek, fisika lingkungan, kerja praktik.
      Itu kukelompokkan berdasarkan versiku yang dilihat dari dosen yang ampunya berada di lab mana. Tapi ditempatku bebas sih mau ngambil matkul terlepas nantinya masuk kbk yang mana, tapi lebih bagus sih yang memang sejalur. Contohnya Aku sekarang kan masuknya di kbk material fungsional, tapi dari awal Aku memang lebih banyak ngambilnya antara kbk material fungsional sama kbk teoritik dan komputasional, jadi lumayan sejalur. Soalnya Aku juga di kbk material fungsional lebih ke sisi pengemangan sistem komputasinya daripada eksperimen di labnya, jadi dari kbk teoritik dan komputasinya kepake juga.

      • boysimanjuntak

        Lalu bang kalai KBK toeretik itu apart ajh yg dipelajari bang..

        • imanrahmanri

          Sebenarnya sistem pengkhususan di Fisika UGM itu pas ngambil skripsi. Jadi pas sebelum ngambil skripsi bebas mau ngambil matkul apa aja. Ada beberapa univ dia udah dilistin bagi yang ngambil peminatan ini matkulnya apa aja. Kalau KBK teoritik, beberapa topik yang kutahu ada topik kajian ekonofisika, komputasi sistem kompleks untuk pemodelan material, pemodelan komputasi untuk penyelesaiaan masalah kuantum, kajian tentang bintang neutron, kajian tentang pemodelan matematis fenomena fisis, sociophysics, filsafat fisika. Sama ada yang biasanya kolaborasi sama KBK material fungsional yaitu komputasi pemodelan material

  2. Helmalia

    Halo, saya dari SMAN2 Medan, saya ingin tanya peluang dan peminat jurusan ini apakah cenderung sulit dan banyak saingan?

  3. salsabilahasna

    Kak, mau nanya sebenernya ini pertanyaan seputar kuliahnya aja si, jadi gini kak saya tu suka penasaran gitu sama yang kuliah 3.5 tahun, kalo kaya gitu skripsi sama KKN nya semester brp? Emangnya kalo kuliah bisa ya kak nentuin sendiri mau skripsi kapan apa KKN kapan gitu? Ga bergantung sama dosen nyuruhnya kapan gitu? Hehe boleh minta jawabannya ya kak, terimakasih šŸ™‚

    • imanrahmanri

      Kalau di kuliah bebas-bebas aja selama mampu Sal, lebih mandiri nentuin mata kuliah yang mau diambil. Kalau 3.5 berarti ngambil kkn dan TA Anya biasanya semester 6 habis itu TA Bnya semester 7. Atau bisa juga disemester 7 TA A dan B langsung dikebut dua-duanya(ada beberapa yang memperbolehkan)

  4. Desi

    Kak mau tanya, sebenarnya fisika di ugm itu buat pendidikan gak sih? Maksudku buat dapet title S.Pd (biar jadi guru)

    • imanrahmanri

      Harus bisa bedain ya antara Fisika, Teknik Fisika sama Pendidikan Fisika. Kalau Fisika yang kuambil itu Fisika(Ilmu Fisika) yang biasa bernaung dibawah fakultas MIPA, gelarnya sarjana sains(S.Si), lebih mempelajari konsep fundamental ilmu fisika itu sendiri. Walaupun tetap ada mempelajari terapannya. Bedanya sama yang di Teknik Fisika, dia lebih untuk penerapan khususnya penerapan di Industri, gelarnya Sarjana Teknik(S.T). Biasanya bernaung di fakultas teknik. Nah kalau yang keguruan itu pendidikan fisika, gelarnya S.Pd. Setahuku didalamnya ada belajar juga dasar-dasar ilmu keguruan gitu. Biasanya bernaung di fakultas pendidikan, tapi beberapa setahuku ada juga yang bernanung di MIPA

  5. Luluk

    Kak saya mau tanya. Apa yg dipelajari dlm kuliah fisika medis itu. Prospek kerjanya bagaimana. Krn saya suka dg pelajaran fisika. Bagaimana biayanya.

    • imanrahmanri

      Kalau kuliah adanya fisika kedokteran. Saya juga belum ngambil, kalau lihat di silabus gini isinya”Biomekanika (sifat fisis biomaterial, prinsip kesetimbangan, analisis tekanan, ketakstabilan
      struktur, energi dan usaha mekanik, kinematika dan kinetik), mekanika biofluida (tekanan dalam tubuh,sifat-sifat fluida dalam tubuh, dinamika fluida), fisika perasa/sense (panca indera), pengantar biokompetibilitas, pengantar fisika radiasi, gelombang ultrasonik untuk kedokteran, audiologi, pengantar elektromedik.” Kalau untuk riset di bidang medis sendiri yang Saya tahu ada pengembangan biomaterial perlapis patah tulang biar tulangnya cepat nyambung lagi, pengembangan nanomaterial untuk filter masker, pengembangan alat-alat radiografi digital dan sejenisnya. Di group yang Saya masukin juga ada penerapannya di bidang medis, salah satunya hidung elektronik(GeNose) untuk deteksi Covid. Tapi berdasarkan penjelasan alumni sih sebenarnya fisikawan medis itu lebih ke pengembangan dan main alat-alat yang ada di rumah sakit atau intansi kesehatan dan kalau mau masuk kesana harus ada sertifikasi khusus lagi, sama harus banyak belajar lagi soalnya lebih luas lagi pengetahuan yang harus diketahui daripada yang didapatkan di bangku kuliah. Untuk biaya, setahuku kalau ditempatku selama risetnya masih sejalan sama alur riset Dosen, biayanya ditanggung dosen semua untuk penelitian. Kalau untuk biaya kuliah, banyak kok beasiswa yang bisa didapat

  6. Raty Eka Zulaina

    Halo kak, saya Raty
    Saya mau nanya, di UGM sendiri jurusan Fisika Medis itu masuk ke fakultas apa ya?

  7. Muhammad Zaenal Arifin

    Halo kak. Mau tanya apakah di setiap univ yg ada jurusan fisika murni, dosen dosennya pasti punya riset

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *