Fisika, Universitas Gadjah Mada

Fisika UGM (Jaysen)

Fisika UGM (Jaysen)

Halo sobat intipers! Aku Jaysen Brian Susanto dari Fisika UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Fisika UGM seperti apa?

Fisika itu membahas ilmu-ilmu murni artinya membahas konsep-konsep fundamental dari fisika itu sendiri, mungkin yang sudah belajar fisika dari SMA udah mengenal mekanika, termodinamika, elektodinamika, pas kuliah ada yang lebih seru lagi, ada yang namanya kuantum, ya bagi yang suka sangat menarik. Biasanya itu orang menganggap jurusan ilmu murni itu jadi guru atau dosen, padahal ga seperti itu, kita bisa mendapatan beberpa prospek tergantung kita mau belajar, kalo kita masuk ke jurusan nya rebahan atau main-main aja tentunya tidak banyak yang di dapatkan, tapi kalo kita mengambangkan diri, belajar pemrogrman, ikut pelatihan, belajar menulis atau ikut ekstrakulikuler lain seperti menyanyi dan lainnya, itu tentunya banyak tempat yang bisa di tuju setelah lulus dari Fisika UGM. Jurusan murni sangat mendukung dalam penelitian atau riset bahkan banyak alumni fisika UGM di perusahaan LIPI, BATAN, PT DI, jadi benar-benar luas prospeknya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Fisika UGM?

Dulu sebenarnya agak bingung mau masuk jurusan apa, saya melihat dulu bakat saya di mana, kebetulan saya suka matematika dan fisika, akhirnya saya di sarankan guru untuk masuk teknik, tapi kayanya teknik kurang cocok. Aku kan suka ngajar, suka berhitung jadi ambil ilmu murni aja, Alhamdulillah masuk di UGM lewat SNMPTN.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada sistem instrumentasi, ada dosen yang bisa dibilang saya ngefans sama beliau, namanya Bapak Farchani Rosyid, beliau dosen di Fisika Teoritik, beliau memiliki mata kuliah namanya Matematika Fisika Teoritik dan punya chanel Youtube sendiri juga, pembahasan matematika dan fisika itu sangat dalam dan komperhansif, jadi sangat mudah untuk di ikuti bagi yang suka kalkulus, metode mekanika banyak sekali, tinggal di cek di Youtube nya. Mata kuliah semuanya menarik, tapi yang saya suka lebih ke praktikum, banyak yang bilang fisika itu banyak baca buku, teori, dan itu salah, jadi materi yang di pelajari di kelas akan di praktikan juga, misalkan pada praktikum elektronika kita akan belajar tentang arduino, itu mikro kontroler, dan banyak sekali penerapannya dalam dunia industri, banyak sekali tidak bisa di sebutkan satu-satu tapi yang paling suka elektronika.

Menurut saya cara mempelajari rangkaian itu asik. Jadi ketika kita mempelajari suatu komponen, itu membuat ada challenge tersendiri untuk mengintegrasikan apa yang kita mau dengan rangkaian. Praktikum tidak sebanyak jurusan kaya teknik. Praktikum berdasarkan mata kuliah yang kita ambil. Ada praktikum fisika dasar, praktikum elektronika. Ada lagi praktikum fisika modern yang membahas tentang konsep-konsep atom dan molekul. Di akhir ada praktikum zat padat, semua asik.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalo Fisika UGM itu ga di kelompokan secara langsung sama prodinya karena kita di beri banyak pilihan, kita dari semester 2 udah bisa ngambil mata kuliah pilihan, kalo saya liat di kampus lain baru bisa ngambil mata kuliah pilihan itu semester 4, 5, dan seterusnya. Tapi sejak dini kita udah banyak pilihan, kita dianjurkan mengambil sebanyak mungkin ngambil supaya kita punya wawasan luas. Kalo saya kelompokan yang majority ada 4, yang pertama itu ada fisika teoretis yang berkaitan dengan matemats dan sebagainya, kemudian ada fisika terapan yang terkait dengan sensor, terus ada instrumentasi.

Ketiga ada fisika komputasional, yang ke empat ada fisika material, cukup di minati karena memiliki jangkauan yang luas. Biasanya kalo praktikum fisika teoritik dan kpmputasional itu tugas akhirnya tdak menggunakan praktik laboratorium, karena teoritik sendiri membahasa matematis, sementara komputasi biasanya menggunakan pemograman atau analisis suatu permasalahan fisika, nanti ada metode-metodenya yang dipelajari di mata kuliah pemrograman metode numerik. Kalo fisika terapan dan material biasanya ada semacam riset yang harus dilakukan, risetnya bisa dilakukan mandiri atau dilakukan bersama dengan dosen, jadi dari sana bisa di tulis menjadi karya tulis ilmiah.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN biasanya tiap tahun kuotanya 18 peminantnya 200-300 orang. Kemudian SBMPTN sekitar 25-26 orang, kalo UTUL biasanya paling banyak 30-40 orang, kemudian ada lagi jalur lain ada PBU atau Penelusuran Bibit Unggul atau di cek di website resminya um.ugm.ac.id. kalo di UGM tidak ada uang pangkal, free dari uang pangkal, kalo masuk tinggal bayar UKT yang disesuaikan dengan penghasilan orang tua.

Ada tips buat mahasiswa baru Fisika UGM?

Dijalani saja, kalo ga ngerti jangan ragu nanya ke kating karena katingnya baik-baik, jadi biasanya maba suka khawatir bisa survive, terus fisika ini dianggap susah padahal engga, tergantung presepsi kita sendiri, apakah semuanya susah atau kita akan berusaha.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada alumni tersebar baik di penelitian misalnya LIPI, BATAN, PT DI, ada juga yang kerjaanya lepas atau freelancer, ada juga yang melanjutkan pendidikan S2 S3 dan jadi tenaga pendidik dosen. Jadi macam-macam tergantung kemauan dan pasion kita, misalnya kalo temen-temen suka komputasi berarti perbanyak belajar pemrogramannya, kan pemrograman banyak, bisa jadi ketika lulus jadi data analis, tidak ada yang tidak bisa kita peroleh kalau ada kemauan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Jadi dari awal masuk fisika ini pengen jadi pengajar. Rencananya setelah lulus melanjutkan pendidikan, cari beasiswa. Kalo dapat harapannya bisa belajar di luar negeri di USA, atau Jepang. Aku mau mendalami kajian fisika teoritik. Bidang yang saya pilih, teoritik dan komputasi, keempat bidang yang saya sebutkan bisa di gabung. Komputasi bisa di gabung dengan teoritik, material, terapan. Jadi memang fisika pada dasarnya semua ilmu saling berhubungan.

Harapannya kalo saya jadi dosen, sekarang sambil membiasakan diri ikut magang. Contohnya ngajar, buka bimbel, meskipun bimbelnya rata-rata masih volunter yang penting ada pengalaman. Teman-teman juga tolong waktunya digunakan sebaik mungkin untuk menggali passion yang tidak punya atau tidak di sadari. Siapatau dari sana punya insight baru, kuliah harus ngapain. Jangan kuliah terus tidur, jadi cari pengalaman di luar akademik.

Kode konten: C496

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *