Fisika, Universitas Islam Negeri

Fisika UIN Jakarta (Farah)

Fisika UIN Jakarta (Farah)

Hai Intipers! Perkenalkan saya Farah Syuraih Muchtar mahasiswi jurusan Fisika dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2016. Alhamdulillah sebentar lg akan wisuda. Di intipkuliah kali ini saya akan berbagi cerita tentang dunia perkuliahan saya sejak awal masuk hingga menjelang wisuda ini. Yuk simak pengalamanku!

Jurusan Fisika hanya belajar Rumus? benar ga sih?

Kalau mendengar kata fisika pasti sebagian besar orang langsung teringat dengan pelajaran yang banyak rumus bikin pusing. Dianggap juga kurang kerjaan, karena segala sesuatu diperhitungkan. Hmmm, Opini itu tidak salah sih,cuma kurang tepat. Sebenernya segala yang ada dan terjadi itu ada sebab-akibat makanya diperlukan perhitungan tersendiri untuk mengatahui sebab-akibat itu. FYI, kuliah di jurusan fisika murni itu peluang kerjanya luas loh! Teman-teman tidak bisa menjadi peneliti, pengajar, dan bahkan jadi enginer yang handal karena pada dasarnya fisika adalah basic dari jurusan-jurusan teknik.

Apa aja sih yang dipelajarin di fisika kususnya fisika UIN Jakarta? Di UIN jakarta sendiri jurusan fisika ada 2. Ada Pendidikan Fisika yang dikhususkan menjadi pengajar fisika di sekolah-sekolah. Ada juga Fisika murni di fakultas sains teknologi yang tentunya lebih mendalam lagi mempeljari fisikanya. Mata kuliah di fisika UIN Jakarta, ada beberapa mata kuliah wajib dan peminatan. Mata kuliah wajib sendiri yakni kalkulus1 dan 2, fisika matematika 1 & 2, fisika kuantum, fisika modern, gelombang, mekanika, fisika zat padat, fisika statistik dan mata kuliah lain yang tentunya sangat berkaitan membutuhkan pemahaman matematis yang kuat.

Slide3

Bisa dibilang orang fisika itu harus paham matematika, tetapi orang matematika tidak harus paham fisika. Eiiittss jangan takut meskipun belajarnya banyak berhubungan dengan persamaan matematis, fisika UIN juga banyak praktikumnya kok! Seru abis dan menambah wawasan ternyata seperti ini aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Fisika UIN Jakarta sering melakukan fieldtrip atau kunjungan ilmiah ke beberapa instansi pemerintah maupun swasta. Pengalaman saya dulu pernah beberapa kali melakukan kunjungan ilmiah seperti ke BATAN (badan teknologi nuklir) Serpong, LAPAN (lembaga antariksa dan penerbangan nasional) Bogor, BIG (badan informasi geospasial) Cibinong, yang semuanya sangat seru dan menambah wawasan.

Peminatan dalam Fisika UIN Jakarta

Fisika UIN Jakartamempunyai 3 peminatan yang dapat memudahkan temen-temen dalam penelitian dan pemahaman konsepnya. Penentuan peminatan ini ditujukan kepada mahasiswa semester 5, sehingga mata kuliah yang akan dipelajarinya nanti lebih spesifik dan sesuai dengan minatnya. Penentuan peminatan ini juga penting untuk menentukan tempat PKL  (praktek kerja lapangan) dan penelitian Tugas Akhir untuk skripsi nantinya. Berikut spesifikasi peminatan dalam fisika UIN Jakarta:

  1. Pertama, fisika material mempelajari karakteristik dari berbagai bahan semikonduktor, silikon, logam dll untuk mengungkap sifat-sifat fisis bahan tersebut guna mendukung industri. Peminatan fisika ini menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang modifikasi, identifikasi dan rekayasa material dengan pemahaman konsep dasar fisika yang kuat.
  2. Fisika instrumentasi. Fisika instrumentasi sendiri mirip seperti teknik elektro maupun teknik informasi. Peminatan ini mempelajari alat-alat instrumentasi, elektronika, serta melakukan analisa, modifikasi serta pengembangan alat-alat yang dapat menunjang kebutuhan industri dengan cara melakukan pemrograman. Peminatan instrumentasi ini mempunyai prospek kerja di PLN, perusahan-perusahan telekomunikasi, bahkan bidang aviasi.
  3. Terakhir, Fisika bumi (geofisika). Peminatan ini mempelajari penerapan ilmu fisika dalam gejala kebumian dan pemanfaatannya untuk eksplorasi sumber daya alam maupun pemetaan struktur alam dan batuan dibawah permukaan bumi. Dalam peminatan ini teman-teman akan sering melakuan kuliah lapangan untuk mengetahui secara langsung proses survey, akuisi data, pengolahan data hingga interpretasi data hasil penelitian. Geofisika UIN jakarta sendiri memiliki beberapa alat dan lokasi yang cukup prospek dalam melakukan kuliah lapangan, sehingga biaya untuk kuluah lapanganpun relatif murah. Selain itu geofisika UIN Jakarta juga tergabung dalam HMGI (himpunan mahasiswa geofisika Indonesia) yang sering melakukan workshop maupun fieldtrip bersama guna menambah skill mahasiswa. Prospek kerja peminatan ini cukup menjanjikan. Lulusan geofisika UIN Jakarta dapat bekerja di bidnag pertambangan dan migas baik di instansi pemerintah maupun swasta dan dapat bekerja di BMKG, BUMN, dll.

Tips & Trik kuliah Di Fisika murni

Sedikit tips dan trik dari aku untuk teman-teman yang ingin kuliah di jurusan fisika. Terutama fisika UIN Jakarta.

  1. Rajin mencatat materi kuliah, karena jurusan ini butuh pemahaman matematis yang kuat. Jadi teman-teman harus rajin mencatat materi kuliah atau hal-hal penting yang disampaikan oleh dosen. Catatan-catatan kecil itu yang akan membantu saat mengerjakan tugas dan menambah wawasan di kemudian hari.
  2. Update informasi, tidak semua materi perkuliahan atau informasi disampaikan oleh dosen. Teman-teman perlu update informasi dari berbagai media sosial yang berkaitan jurusan fisika. Informasi atau ilmu ini menjadi nilai plus bagi teman-teman ketika melakukan penelitian. Tentunya banyak informasi lomba yang dapat kalian ikutin.
  3. Bergabung dengan organisasi dan kepanitiaan. Meskipun jurusan ini sangat saintis, tetapi pengalaman berorganisasi dan kepanitiaan juga sangat penting. Organisasi dapat membuka wawasan dan perspektif baru dalam bersosialiasi.
  4. Perbanyak mengikuti pelatihan, workshop dan membaca jurnal. Hal ini penting banget, terutama untuk mahasiswa yang telah memilih peminatan. Pelatihan dan workkshop sangat membantu dalam mengasah softskill teman-teman. Dalam perkuliahan sebagian besar hanya teori yang dipelajari, sehingga dibutuhkan pelatihan dan workshop untuk menerapkan dan mengasah teori yang dipelajari. Pengetahuan terkait jurnal pun tidak kalah penting. Jurnal akan membantu teman-teman dalam memilih topik penelitian, dan menambah wawasan keilmuan.

Prospek Kerja Alumni Fisika UIN Jakarta

Prospek kerja lulusan Fisika sangat luas di beberapa bidang. Alumni Fisika UIN Jakarta banyak yang melanjutkan pendidikan pascasarjana di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Bekerja sebagai pengajar di perguruan tinggi, pegawai di kementrian ESDM (energi dan sumber daya mineral), instansi penelitian, pegawai di kementrian pendidikan, data scientist di perusahaan swasta, pegawai di BUMN, hingga dalam bidang Aviasi sebagai ATC (air traffic control) di bandara Internasional Kualanamo Medan.

Kode konten:X400

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *