Fisika, Universitas Andalas

Fisika Universitas Andalas (Disgie)

Fisika Universitas Andalas (Disgie)

Hallo guys. Mau kenalan nih, nama saya Disgie Ulfika Loveanda, mahasiswa dari Jurusan Fisika Universita Andalas angkatan 2017. Biasa dipanggil Disgie sih, tapi mau manggil nama lain gak papa hehe. Sekarang saya lagi kuliah semester 7 dan tentunya lagi skripsian biasa tahun akhir. Yuk liat cerita aku tentang kuliah di Jurusan Fisika. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

JURUSAN FISIKA?

Simple sebenernya sih, jurusan fisika ya mempelajari tentang fiska secara umum dan khusus. Bisa dibilang lanjutan dari fisika yang di SMA tapi lebih sulit aja hehe. Jurusan fisika kebanyakan orang mikir mau menghindar dari matematika atau malas ngapalin teori, hal itu sebenernya salah besar sih. Di jurusan fisika pasti kita bahas suatu itu dilihat dari keadaan fisisnya dulu terus diinterpretasikan dalam rumus matermatika. Oh iya fisika juga kalo gak tau teori nya jadi bakalan susah ngebayangin keadaannya. Maka dari itu sebernernya itu semua penting dan di fisika emang harus bisa ketiga nya dari menghitung, menghapal teori, dan menjelaskan secara fisis.

APA YANG DIPELAJARI DI JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS ANDALAS ?

Jurusan fisika sebenernya jurusan yang asik karena mempelejari seluruh alam bahkan semesta di dunia ini dengan melihat dari keadaan fisis fisika. Fisika juga belajar berbagai macam aspek dari jurusan jurusan lainnya yang terkait dengan fisika, seperti elektronika, material/metalurgi bahan, fisika berkaitan medis dan nuklir. Kita juga mempelajari  atmosfir ataupun ekspolarasi maupun ingin tetap dalam fisika yang berkaitan dengan teori untuk menemukan sesuatu yang baru. Maka dari itu jika masuk jurusan fisika semestinya kalian mempunyai banyak basic dalam segala aspek. Di Fisika UNAND juga belajar tentang program untuk pemograman kompter. Di MK prograam komputer dan fisika komputasi yang akan membantu kalian dalam mengolah data science nanti.

Slide3

APA PERBEDAAN FISIKA, PENDIDIKAN FISIKA DAN TEKNIK FISIKA?

Nah banyak yang nanya ini biasa? Apa si perbedaan dari ketiga jurusan itu? Sebenernya sudah terlihat kalo Fisika itu mempelajari fisika secara fisika yang murni jadi diliat banyak aspek meluas dan secara mendalam bahka sampe dalem bangettttt. Kalo pendidikan fisika itu memanfaatkan dan mengimplementasikan fisika untuk pelajaran sekolah. Pendidikan fisika fokus dalam proses pembelajaran untuk menjadi seorang pengajar yaitu guru fisika ataupun hal lainnya. Jika teknik fisika, itu berkaitan dengan implementasikan yang akan dikaitkan dengan ilmu teknik dan biasanya dalam dunia elektronik. Jurusan teknik fisika juga belajar yang langsung implementasi ke keadaan industri berbeda jika dilihat dari aspek fisika murni. Meskipun tidak pasti juga mereka bekerja di bidang ini akan selalu relate dengan yang ia pelajari di kuliah

PEMINATAN/KONSENTRASI FISIKA UNIVERSITAS ANDALAS

Peminatan ataun konsentrasi di fisika ada 5 peminatan yaitu fisika teori dan nuklir, fisika material, fisika bumi dan atmosfer, fisika instrumentasi, dan fisika medis dan biofisika. Mahasiswa dapat memilih jurusan peminatan mana yang ingin diambil sesuai passion dan minat. Nah disini, saya mengambil kelompok fisika material karena sangat seru berkaitan dengan bahan material yang digunakan dalam dunia industri. Juga berkaitan dengan berbagai macam pemanfaatan material fisika di kehidupan sehari-hari. Paling penting si di kelompok fisika material ini saya rasa mata kuliah nya tidak terlalu sulit ya. Mungkin persepsi atau pendapat orang berbeda tapi untuk saya ini kelompok pilihan mata kuliah yang tepat. Tentu juga memiliki dosen yang keren keren dan prospek pekerjaan banyak.

TIPS TRIK SUKSES KULIAH DI FISIKA UNIVERSITAS ANDALAS

Sukses di fisika unand itu bisa didapat jika bisa menyeimbangkan mana yang penting dan tidak penting dalam segala aspek perkuliahan ya. Terus untuk awal pertama masuk/Maba sebaiknya si ambis atau serius dulu kuliah biar nilai bagus disarankan selama 2 semester karena terntunya jika sudah jelek di tahun pertama akan sulit menaikkan nilai apalagi dilihat dari segi mental kan.

Tips lain yaitu cari teman/kelompok yang se frekuensi sama kamu untuk bisa mengeksplor bahkan belajar bareng karena kalo belajar sendiri susah kalo gak da tempat tanya sekalian. Inget tujuan yang berbeda dengan temanmu akan sulit bisa ikut lomba bareng loh sama temen mu kan menambah presetasi terus bisa dikenal bahkan sampai menjadi Mahasiswa Berprestasi. Saya jadi top 5 MAPRES Jurusan fisika dan menurut saya sudah cukup sukses untuk branding diri saya. ditambah juga saya ikut lomba lomba dari mulai lomba essay, LKTI, Ambassador/Duta, dan Puisi pokoknya yang saya bisa ikut pasti saya daftar, Allhamdullilah berdampak kok. Baca artikelku yang lain di intipkuliah dengan judul Kuliah Full Funded Sampe Semester 8?

SEPENTING APA ORGANISASI?

Penting gak penting sebenernya, karena kalo kamu di organisasi gak ngelakuin apa apa yang berdampak besar terhadap diri kamu yaitu softskill ataupun Cuma nampang naa jadi staff disana maka lebih baik gak usah ikut sekalian. Carilah organisasi yang buat nyaman dan bisa menambah relasi dan kemampuan mu saja jangan Cuma memanfaatkan mu. Saya punya 2-3 organisasi saja selama kuliah tidak masalah yang penting berdampak akan kemampuan yang saya miliki. Saya ikut UKMF Kreasi Cerdas Ilmiah, Asisten Laboratorium Fisika Dasar, dan Tanoto Scholars Association (TSA) UNAND (ini organisasi beasiswa aku sih hehe, kalo mau bahas beasiswa komen aja ya di bawah… lumayan full funded sampe semester 8, GRATISS ini dari Tanofo Foundation ya..). Jadi bijaklah memilih organisasi ya gak usah banyak yang penting kualitas organisasi nya.

PROSPEK LULUSAN FISIKA?

Prospek lulusan fisika banyak dimulai jadi konsultasn, quality control (QC), quality ansurance (QA), bidang industri manufaktur, energi, jadi guru/tenaga pendidikan, dosen, pemerintahan (ASN), kerja di bidang eknomi (Bank dan lainnya), Sebeneenya banyak dan peluang dimana mana kok. Semangattt!

HARAPAN SETELAH LULUS JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS ANDALAS?

Harapan saya setelah lulus saya ingin bekerja terlebih dahulu. Supaya bisa lebih mandiri untuk meingmplementasikan ilmu yang tela saya dapat di dunia kerja. Saya ingin bekerja di perusahaan manufakur ataupun energi. Sebenernya perusahaan apa aja sih Cuma target nya kesitu. Oh iya perusahaan lain sebagai inceran saya juga perushaan dibawah naungan RGE (Royal Golden Eagle). Masih banyak pekerjaan yang saya impikan sesuai pasion saya. saya juga berharap mendapatkan pekerjaan dibagian QA, QC atau pun bagian RnD yang saya yakin itu adalah sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Setelah beberapa tahun kerja mungkin 1-3 tahun bekerja sambil saya men apply atau mendaftar beasiswa untuk lanjut studi S2. Niatan awal saya mau ambil univ di benua asia saja cuma kalo dapet nya dalam negeri juga tidak masalah karena tujuan saya kan belajar… doakan ya ( Saya sedang di tahun akhir semoga diperlancar dalam skripsi ya.

Kode konten: X301

Komen dibawah! 3

  1. Friska Laoli

    Hallo kak saya mau nanya apakah anak smk ikut sbmptn bisa ambil jurusan fisika?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *