Fisika, Universitas Andalas

Fisika Universitas Andalas (Shania)

Fisika Universitas Andalas (Shania)

Hallo intipers. Perkenalkan saya Shania Ellens Novita, mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Andalas angakatan 2017. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 6 semester di Jurusan Fisika. Yuk simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Jurusan Fisika Untuk Seluruh Alam Semesta

Kita semua pasti sering mendengar kalau kebanyakkan dari mahasiswa jurusan teknik itu belajar pengaplikasian ilmu fisika, maka lainhalnya mahasiswa Jurusan Fisika mereka akan belajar memahami konsep fisika. Yaps, secara garis besar pernyataan diatas benar. Jurusan Fisika merupakan sebuah jurusan yang mempelajari ilmu dasar untuk menguak rahasia alam semestas lewat teori dan rumus dengan ilmu fisika sebagai landasannya. Hampir setiap hari kita melihat dan mengalami efek fisika, mulai dari gaya gravitasi, radiasi dan cahaya matahari, sinyal televisi, berbagai perangkat elektronik, komputer, smartphone, bahkan diri kita sendiri juga terdiri dari triliunan atom yang akan dipelajari di Jurusan Fisika. Sebagian orang menganggap bahwa jurusan fisika merupakan jurusan yang paling susah dan sangat minim prospek kerjanya. Namun jika telisik lebih lanjut banyak negara saat ini membutuhkan seorang scientist muda dalam bidang fisika untuk menguak fenomena-fonemena alam yang terjadi. Bahkan di beberapa negara maju, mahasiswa jurusan fisika digaji lebih besar dibanding para engineer yang ada.

Mata kuliah dan Dosen Favorit Fisika Universitas Andalas

Beberapa mata kuliah di Jurusan fisika ialah belajar Penghantar Teknologi Informasi, Metode Pengukukuran Fisika, Elektronika, Fisika Modern, Termodinamika, Fisika Matematika, Elekromagnet, Fisika Gelombang, Mekanika Kuantum dan Sebagainya. Seperti yang saya jabarkan, belajar fisika berarti kita belajar untuk menguak alam semestas, misalnya saat saya belajar mata kuliah mekanika kuantum. Hal menarik saat saya belajar mekanika kuantum adalah saya menyadari bahwa apa yang kita lakukan terhadap kesadaran dan energi kitalah yang menentukan semua hasil yang kita alami. “Hidup adalah ketidakpastian”. Hal inilah mengindikansikan bahwa kita hidup dalam suatu keadaan di antara berbagai kemungkinan yang tak ada hentinya.

Dunia adalah selalu berubah, tidak ada yang kekal, kecuali perubahan itu sendiri. Pergeseran kecil bisa menyebabkan suatu perubahan yang berjangkauan dekat dan jauh dengan realitas. Dalam dunia mikrokospis (unsur kecil), mungkin kita tidak bisa melihat, seperti halnya atom. Namun, kita bisa merasakan efek dari “bom atom”. Hal yang sama juga terjadi dalam diri kita, getaran yang terdapat dalam tubuh kita juga memiliki efek yang dramatis. Hal ini cukup sebagai alasan mengapa, emosi, pikiran, dan sikap negatif lainnya berpengaruh terhadap “takdir” kita. Artinya, tanpa kita sadari kita cenderung memfokuskan energi kita pada kesulitan-kesulitan, dan persoalan hidup lainnya.

Mata Kuliah Fisika Modern

Hal menarik lainnya yang saya temui di jurusan fisika ialah saat saya belajar mata kuliah fisika modern. Sejalan dengan mekanika kuantum, fisika modern hadir disaat ilmu fisika klasik tidak mampu menjelaskan mengapa terjadi perbedaan antara teori dan hasil eksperimen yang dilakukan terkait dengan hubungan intensitas radiasi benda hitam dengan panjang gelombang yang dimilikinya. Kebuntuan fisika klasik inilah, berhasil dipecahkan melalui teori fisika modern. Perbedaan mendasar berikutnya adalah fisika klasik hanya mampu menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan benda yang berukuran besar (makrokospis). Fisika modern mampu menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan benda-benda sangat kecil yang tidak tampak dengan menggunakan mata telanjang (mikrokospis).

Sejalan dengan itu semua 2 mata kuliah itu membuat saya menyadari betapa banyak hal yang kita syukuri dalam hidup kita. Banyak hal yang tidak kita ketahui di dunia ini yang fungsi dan tugasnya saat luar biasa. Terima kasih untuk kedua dosen favorit saya di mata kuliah ini kepada ibuk Dian Fitriani dan Dian Melvita. Beliau menjadikan mata kuliah yang sangat rumit dan susah ini menjadi lebih sederhana melalui metode-metode pembelajaran beliau.

Lintas Minat Alam Semesta di Jurusan Fisika Universitas Andalas

Konsentrasi yang di sediakan oleh Jurusan Fisika diantaranya ada fisika bumi, fisika material, fisika intrumentasi, fisika nuklir, dan fisika teori dan komputasi. Masing-masing di dalam konsentrasi tersebut terdapat  sub pilihan. Misalnya jika kamu memilih konsentrasi fisika bumi maka di dalamnya kamu kembali memilih apakah kamu akan memilih konstrasi fisika bumi atmosfer, geothermal, lingkungan, seismik atau fisika bumi kebatuan.  Konsenterasi yang dipilih akan menentukan arah penelitiannya.

  • Fisika Material mempelajari bahan oksida dan semikonduktor berbasis silikon, logam, polimer, menyangkut sintesa, karakteristik, teori dan permodalan. Kajian diarahkan untuk mengungkap variabel-variabel aplikasi seperti: sifat listrik, sifat mekanik, korosi dan akustik yang ditujukan untuk mendukung industri. Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam Identifikasi, Modifikasi, dan Rekayasa Material dengan pengalaman praktis yang handal dan pemahaman konsep dasar sains yang kuat.
  • Fisika instrumentasi mempelajari alat-alat instrumentasi dan elektronika serta melakukan analisa, duplikasi, modifikasi serta pengembangan alat-alat yang dapat menunjang fisika secara keilmuan maupun industri. Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menganalisis, menduplikasi, memodifikasi, mengembangkan, merancang, melakukan inovasi dan membuat prototype alat-alat Instrumentasi elektronika saintifik dan Industri.
  • Fisika bumi dan atmosfer mempelajari penerapan ilmu fisika dalam gejala kebumian dan pemanfaatannya untuk pemetaan struktur alam dan buatan di bawah permukaan bumi. Gejala kebumian meliputi peristiwa alam yang dapat terjadi di bumi, laut dan atmosfir serta interaksinya terhadap kehidupan manusia. Struktur alam bawah permukiman sangat erat kaitannya dengan kepentingan eksplorasi bahan tambang (minyak, gas dan mineral) serta perencanaan konstruksi sipil. Struktur buatan bawah permukaan dapat dimanfaatkan untuk studi lingkungan maupun arkeologi.
  • Fisika nuklir bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis serta kompeten dalam bidang Fisika Nuklir serta mampu menganalisis dan memprediksi peristiwa alam di bidang tersebut.
  • Fisika teori dan komputasi mempelajari hukum fundamental di alam dan secara spesifik tertarik pada penerapan teori medan kuantum pada fisika partikel dan isu aktual terkait.

Kegiatan kunjungan ke LAPAN

Tips Melintasi Alam Semesta Untuk Mahasiswa Baru Jurusan Fisika Universitas Andalas

Tips untuk mahasiswa baru yang sudah berkuliah di jurusan fisika:

  • Rajin Membaca dan Update Informasi

Tidak dipungkiri menjadi anak scientist itu susah-susah gampang. Kamu kelak akan menemukan banyak kesulitan saat kuliah karena pelajarannya yang susah atau bahkan dosennya yang tak pandai menjelaskan. Sehingga sangat perlu bagi kamu untuk banyak membaca bukan hanya buku pelajaran namun kamu juga perlu update berita-berita terbaru seputar teknologi dan keilmuan saat ini.

  • Mengikuti Organisasi dan Kepanitian Kampus

Saya betul-betul merasakan pentingnya organisasi bagi seorang mahasiswa. Bagi saya organisasi akan membawa kita kepada banyak prespektif baru dan akan membuka wawasan kamu. Selain itu dengan organisasi juga menambah relasi dan pertemana kita dimana itu akan sangat bergunaan saat memasuki dunia kerja

  • Meikuti Banyak Pelatihan dan Seminar Dalam serta Luar Kampus

Selama saya kuliah banyak banget pembelajaran yang kita dapat saat mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan soft skill. Hal ini penting karena kita selalu di hadapkan dengan mata kuliah yang membahas rumus dan teori akan sangat berguna. Kita melatih otak kanan dan kiri seimbang dengan banyak kegiatan bermafaat di dalam dan luar kampus.

Prospek Kerja dan Alumni Jurusan Fisika

Seperti yang saya jabarkan jangan takut untuk kamu masuk kedalam jurusan fisika. Saat ini banyak negara membutuhkan tenaga scientist dalam pengembangan teknologi-teknologi. Beberapa prospek kerja jurusan fisika diantaranya menjadi tenaga pengajar atau dosen di berbagai universitas yang ada di indonesia. Bisa bekerja di perusahaan milik negara ataupun perusahaan swasta. Kamu juga bisa bekerja menjadi Seorang Data Scientist, Research and Development (Rnd), Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC) dan System Analyst. Saat ini banyak senior jurusan saya telah bekerja sebagai dosen di berbagai universitas yang ada di indonesia. Ada juga bekerja di lembaga penerbangan dan antariksa nasional (LAPAN). Sebagian lagi ada yang bekerja di perusahaan swasta di Indonesia dan ada juga yang melanjutkan pendidikan S2 di dalam dan luar negeri.

Harapan dan Rencana Setelah Melalui Alam Semesta di Jurusan Fisika

Rencana saya ingin melanjutkan S2 ke luar negeri seperti Jepang dan Jerman. Saya melihat dua negara tersebut punya peran penting dalam pengembangan ilmuwan-ilmuwan besar saat ini. Selain itu saya juga ingin mengembangkan bisnis. Saat kuliah saya menemukan passion lain yang membuat saya senang mengerjakannya selain belajar fisika. Untuk 5 tahun kedepan saya berharap akan bisa mengembangkan bisnis lebih luas dan bisa kembali ke indonesia sebagai dosen di salah satu universitas di indonesia.

Kode konten: X308

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *