Fisika, Universitas Bangka Belitung

Fisika Universitas Bangka Belitung (Risna)

Fisika Universitas Bangka Belitung (Risna)

Halo sobat intipers! Aku Risna Kirana Rokar dari Fisika Universitas Bangka Belitung angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Fisika Universitas Bangka Belitung?

Dalam jurusan fisika banyak yang bisa kita pelajari dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Orang beranggapan jurusan fisika mengerikan, tapi nyatanya menarik dan menyenangkan. Kita mempelajari alam sebagai teori dan rumus fisika sebagai ilmu dasar. Kita mempelajari lingkup ruang dan waktu. Hampir semua jurusan teknik itu berakar dari fisika, ga heran kalo ahli fisika itu bisa bikin robot. Ilmu fisika sendiri mendukung rekayasa, kimia dan kedokteran.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Fisika?

Dulu waktu SMP aku cuma tau pelajaran IPA. Pas masuk SMA aku baru tau kalo IPA ada pembagiannya. Aku baru tau ternyata fisika menarik karena mempelajari tentang alam. Karena aku merasa suka fisika, jadi aku milih UN fisika dan ternyata lumayan bagus nilainya. Dari situ aku mulai tertarik mau milih jurusan fisika dan ternyata di UBB sudah buka jurusan fisika.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada dijurusan Fisika?

Yang pasti ada fisika modern, fisika matematika, komposit. Disini kita lebih banyak praktikum ke lab. Kalau misalnya dibagian material, kita akan lebih banyak menguji sesuatu. Kalau saya senang matkul komposit dimana kita bisa membawa hasil yang kita praktikumkan dan bisa kita lombakan nantinya.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian dijurusan Fisika?

Ada 3 keahlian dijurusan Fisika Universitas Bangka Belitung. Pertama ada fisika material dimana kita akan lebih sering meneliti di lab. Lalu ada geofisika mempelajari tentang keadaan alam dan bebatuan. Selanjutnya ada fisika teoritik yang membahas penjabaran teori. Biasanya waktu SMP atau SMA kan kita masih mengenal rumus yang sederhana, tapi kalo di fisika teoritik rumus-rumusnya akan lebih rumit lagi.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuk ada SNMPTN (jalur rapor), SBMPTN (jalur tes), SMMPTN Barat itu jalur mandiri hanya untuk PTN-PTN wilayah Indonesia bagian barat.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Jalani aja karena setiap jurusan ada bebannya masing-masing. Apapun tugasnya dikerjain dengan baik dan jangan mengeluh.

Prospek kerja dan alumni jurusan Fisika seperti apa?

Prospek kerja fisika itu bisa jadi ilmuwan, peneliti, PNS, direktur, pegawai bank, asisten laboratorium. Kalau alumni UBB ada yang bekerja di perusahaan nuklir, sawit, melanjutkan studi S2 bahkan menjadi PNS.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana saya mau lulus cepat 3.5 tahun dan mau lanjutin studi S2 kemudian menjadi dosen dikampus alias mengabdi dikampus sendiri.

Q&A

  1. Apakah alumni jurusan Fisika murni bisa menjadi guru?

Alumni fisika itu bisa jadi guru, kalau kita lanjut ke CPNS bagian guru maka kita bisa mengajar fisika. Atau bahkan mengajar IPA di SMP.

Kode konten: C953

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.